Comscore Tracker

5 Jenis Orang yang Baik untuk Kesehatan Mental, Jangan Disia-siakan! 

Bikin kamu merasa dihargai 

Banyak orang masuk dan keluar dari kehidupan kita, dan seringkali mereka memberikan dampak bagi hidup, salah satunya kesehatan mental. Orang yang tepat akan membuat kita merasa baik dan ini baik untuk kesehatan mental. Sebaiknya, orang yang beracun akan terus menerus membuat duniamu terasa suram. Untuk itu, penting bagi kita semua berhati-hati dalam memilih teman dekat.

Di bawah ini, akan dipaparkan beberapa tipe orang yang baik untuk kesehatan mental. Kalau kamu punya, hargai dan jangan sia-siakan mereka.

1. Menunjukkan empati  

5 Jenis Orang yang Baik untuk Kesehatan Mental, Jangan Disia-siakan! ilustrasi mendengarkan seseorang berbicara (pexels.com/John Diez)

Orang yang memiliki empati artinya mampu menempatkan diri mereka pada posisi orang lain. Mereka senantiasa mencoba memahami apa yang orang lain alami, dan mengakuinya. Perlu diketahui, untuk menunjukkan empati, orang tidak perlu mengalami situasi atau perasaan yang sama.

Orang yang berempati akan mendengarkan secara aktif, mengajukan pertanyaan yang relevan, dan tidak menghakimi. Tak mengherankan, berinteraksi dengan orang yang berempati akan membuat kamu bahagia karena kamu merasa ada orang lain yang mengerti perasaanmu.

2. Mau mengakui kesalahan  

5 Jenis Orang yang Baik untuk Kesehatan Mental, Jangan Disia-siakan! ilustrasi meminta maaf (pexels.com/Liza Summer)

Banyak orang memiliki hubungan dengan orang yang tidak bisa mengakui kesalahan atau menolak untuk meminta maaf. Ini dapat menciptakan persepsi bahwa jika orang lain tidak salah, maka kita pasti salah. Lebih jauh, ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan mental kita.

Berada dalam hubungan dengan seseorang yang dapat mengakui kesalahannya memberi kamu perasan lega. Bersama dengan orang yang tidak ragu menunjukkan sisi ketidaksempurnaan mereka juga akan membuat kamu tidak sungkan menunjukkan dan merangkul kekuranganmu.

3. Jujur dan dapat diandalkan  

5 Jenis Orang yang Baik untuk Kesehatan Mental, Jangan Disia-siakan! ilustrasi kerja tim (pexels.com/fauxels)

Bisa percaya dan mengandalkan orang lain akan membuat kita merasa aman dan terlindungi. Memiliki teman seperti ini akan membuat kita tenang dan bisa mengandalkan mereka karena kita tahu kita tidak akan dikhianati.

Orang seperti ini juga sangat layak untuk diajak bekerjasama. Sebab, mereka akan bertanggung jawab penuh atas semua tugas yang dilimpahkan pada mereka.

4. Mendukung impianmu  

5 Jenis Orang yang Baik untuk Kesehatan Mental, Jangan Disia-siakan! ilustrasi wisuda (pexels.com/Godisable Jacob)

Setiap orang memiliki impiannya masing-masing. Hanya saja, ada orang yang mau terbuka soal mimpinya kepada orang lain, ada pula yang tidak, karena paham bahwa tanggapan orang lain akan memengaruhi langkah kita dalam menggapai impian.

Mendukung mimpi adalah langkah besar menuju hubungan yang baik dan erat. Setiap orang suka memiliki hubungan dengan orang lain yang mampu mendukung impiannya. Orang yang bisa mendukung impian orang lain mampu memahami perspektif seseorang dalam hidup dan mencoba yang terbaik untuk membantunya.

Baca Juga: Tipe-tipe Pasangan yang Layak Diperjuangkan, Kamu?

5. Berhati-hati dalam bereaksi  

5 Jenis Orang yang Baik untuk Kesehatan Mental, Jangan Disia-siakan! ilustrasi dua orang sedang berbicara (pexels.com/Polina Zimmerman)

Sebagai manusia, wajar jika kita merasa sedih, marah, takut, kecewa, dan apatis. Namun, orang yang peduli padamu sadar bahwa ini terjadi pada kita semua. Mereka tidak akan menghakimi dan akan berusaha mengendalikan emosi dan berhati-hati dalam merespons.

Mereka memiliki rasa kasih sayang dan akan bersimpati pada orang lain yang sedang tidak baik-baik saja. Berada di sekitar orang seperti ini membuat kita merasa bahwa kita tidak perlu menjadi sempurna, merasa lemah jika memiliki mood yang buruk, atau takut ditinggalkan. Hal ini memperkuat rasa aman dan keyakinan bahwa ada banyak hal baik dalam hidup.

Berada bersama seseorang yang membuat kita merasa bahagia tentunya baik untuk kesehatan mental. Namun, kamu wajib mengingat bahwa kamu juga bertanggung jawab atas kesehatan mentalmu sendiri. Jadi, kelilingi dirimu dengan orang-orang yang tepat dan jangan lupa perhatikan kesejahteran dirimu, seperti dengan makan makanan sehat, berolahraga, me time sesekali, dan berikan apresiasi pada diri sendiri.

Baca Juga: 5 Tipe Teman yang Wajib Ada dalam Lingkaran Pergaulanmu

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya