Comscore Tracker

5 Cara Mendukung Pasangan Melewati Masa Sulitnya

Buat pasangan tahu kamu selalu ada untuknya

Tiap orang pasti pernah memiliki masa-masa sulit dalam hidup. Efeknya seringkali bukan hanya dirasakan oleh yang bersangkutan saja, tapi juga oleh orang-orang di sekitar.

Misalnya, saat kamu melihat pasanganmu berada dalam masa-masa sulit, kamu pasti turut merasakan kesedihan seperti yang dirasakan pasanganmu. Terkadang, ini juga memengaruhi situasi hubungan. Untuk itu, penting bagi kita untuk memahami kondisi pasangan dan membantunya melewati masa-masa sulit.

Jika saat ini pasangan sedang berada dalam situasi yang sulit, kamu pasti bertanya-tanya, apa yang dapat kamu lakukan untuk membantunya? Nah, di bawah ini ada beberapa saran yang bisa kamu lakukan untuk menemani pasangan melewati masa-masa sulit.

1. Dengarkan apa yang ia katakan tanpa menghakimi   

5 Cara Mendukung Pasangan Melewati Masa Sulitnyailustrasi suami dan istri sedang berbicara (pexels.com/Andres Ayrton)

Terdapat perbedaan besar antara menjadi pendengar yang baik dan mendominasi obrolan dengan penghakiman berkedok nasihat. Penting bagi kita semua untuk terbuka dan siap ketika pasangan ingin berbicara tentang apa yang ia alami.

Saat pasangan ingin berbicara, dengarkan perkataannya sampai selesai tanpa memotong sedikit pun. Setelahnya, kamu dapat mengajukan pertanyaan terbuka dengan cara yang tidak menghakimi untuk membuat pasangan terbuka dan merasa nyaman.

2. Dorong pasangan untuk tidak menyerah  

5 Cara Mendukung Pasangan Melewati Masa Sulitnyailustrasi pasangan suami istri saling menyemangati (pexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas)

Apa pun masalah yang dihadapi oleh pasangan, penting bagimu untuk terus menunjukkan dukunganmu kepadanya. Katakan padanya untuk tidak menyerah pada keadaan. Kalaupun akhirnya ia memutuskan untuk meratapi nasib selama beberapa saat, tetap tunjukkan bahwa kamu ada untuknya.

Mengetahui bahwa kamu ada sebagai pendukung terbesar dapat memberikan dorongan semangat untuk bergerak maju. Berhati-hatilah untuk tidak mengomel atau menekan, tetapi kamu bisa menawarkan dorongan lembut sesekali dan mengingatkan mereka tentang pencapaian masa lalu.

3. Luangkan lebih banyak waktu untuknya  

5 Cara Mendukung Pasangan Melewati Masa Sulitnyailustrasi pasangan sedang berkencan (pexels.com/Hong SON)

Salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk membantu pasangan melewati masa-masa sulit adalah meluangkan lebih banyak waktu untuknya. Seorang yang sedang melalui masa sulit mungkin akan membutuhkan lebih banyak waktu dari pasangannya untuk berdiskusi, melakukan aktivitas yang menyenangkan, mengurus, atau sekadar menemaninya.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua orang suka berbagi kesulitannya dengan orang lain. Jika pasanganmu lebih senang menyendiri saat menghadapi masa-masa sulit, tidak perlu memaksa untuk menemani mereka. Yang terpenting, kamu sudah menawarkan waktu dan membiarkan dia tahu bahwa kamu ada untuknya.

Baca Juga: 5 Tips supaya Hubunganmu dengan Pasangan Gak Monoton setelah Menikah

4. Pastikan pasanganmu cukup makan  

5 Cara Mendukung Pasangan Melewati Masa Sulitnyailustrasi suami menyuapi istri (pexels.com/Gary Barnes)

Tidak peduli apa yang terjadi dalam hidup, setiap orang perlu makan. Saat seseorang sedang mengalami masa yang sangat sulit dan berada di bawah tekanan, terkadang mereka tidak sempat memikirkan hal-hal mendasar, seperti makan.

Ingatkan pasanganmu untuk makan tepat waktu. Kamu juga bisa memasak untuk pasanganmu, buatkan makanan kesukaannya agar ia bersedia makan. Makanan dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental, jadi pastikan pasanganmu tetap mendapatkan makanan yang cukup dan bernutrisi.

5. Berhati-hatilah dengan emosi pasanganmu  

5 Cara Mendukung Pasangan Melewati Masa Sulitnyailustrasi laki-laki sedang marah (pexels.com/cottonbro)

Yakini bahwa masing-masing orang bertanggung jawab atas emosi diri sendiri, jadi jangan menyalahkan dirimu sebagai penyebab apa yang dirasakan orang lain. Jika saat ini dia jadi mudah tersinggung, beri dia ruang sendiri. Jangan mentolerir jika ia menjadikan kamu sebagai pelampiasan emosinya, misalnya dengan berkata kasar atau memukul.

Membiarkan dirimu sebagai sasaran kemarahan tidak akan membantu apa pun. Jika pasanganmu tampak kesulitan mengendalikan emosi negatif, lebih baik cari bantuan bersama melalui konselor atau terapis.

Pasang surut adalah bagian normal dari kehidupan. Mencoba yang terbaik untuk membantu pasangan keluar dari kondisi sulit benar-benar dapat membuat hubungan lebih kuat pada akhirnya. Ini adalah bukti bahwa kamu benar-benar peduli dan bahwa hubungan kalian dapat bertahan dari apa pun.

Baca Juga: 5 Cara Hadapi Pasangan yang Gampang Overthinking, Harus Sabar!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya