Comscore Tracker

6 Tanda Nyata Jika Selama Ini Kamu Adalah Toxic Friend, Yuk Berubah!

Diam-diam temanmu sering sakit hati akibat sikapmu

Normalnya, kehadiran teman akan membuat seseorang merasa lebih baik dan bisa menjadi diri sendiri. Namun, teman-teman lain mungkin tidak memiliki pengaruh yang baik dan mungkin lebih berbahaya. Atau istilah populernya, toxic friend. Toxic friend atau teman beracun adalah seseorang yang sering kali dianggap sebagai teman, namun sebenarnya memiliki pengaruh yang negatif, termasuk sering membuat teman-temannya merasa tertekan. Ngeri bukan?

Tapi apa jadinya ya, kalau selama ini ternyata kamulah "racun" dalam hubungan persahabatan? Walaupun kamu sama sekali tidak berminat menjadi toxic friend dan menebar racun, tapi bisa saja selama ini ternyata sikapmu mencerminkan kepribadian seorang teman beracun. Apa sajakah itu? Yuk kenali ciri-cirinya pada penjelasan berikut ini.

1. Kamu bergantung pada temanmu, terutama untuk mengatasi masalah dan memenuhi kebutuhan

6 Tanda Nyata Jika Selama Ini Kamu Adalah Toxic Friend, Yuk Berubah!Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Untuk mengidentifikasi sifat ini, kamu perlu bertanya kepada dirimu sendiri, apakah kamu melihat temanmu untuk memenuhi kebutuhan, kelemahan, dan untuk menyelesaikan masalahmu? Joshua Klapow, Ph.D., psikolog klinis dan pembawa acara The Kurre and Klapow Show, mengatakan bahwa itu adalah pertanyaan yang bagus untuk ditanyakan kepada diri sendiri. Menurutnya, salah satu ciri toxic friend adalah tampak selalu memiliki masalah dan kebutuhan yang selalu dipecahkan oleh teman

2. Kamu mengkritik setiap hal tentang temanmu

6 Tanda Nyata Jika Selama Ini Kamu Adalah Toxic Friend, Yuk Berubah!Vogue.com

Memberi seseorang kritik yang membangun adalah satu hal yang baik, tetapi jika kamu mengkritik temanmu tentang hampir setiap hal, artinya kamu perlu mencari tahu jangan-jangan sebenarnya kamu termasuk golongan toxic friend. Kamu mungkin menganggapnya bermanfaat, tetapi jika kamu mengkritik untuk setiap hal, seperti pakaian, pasangan, tempat nongkrong, dan apapun yang mereka lakukan, percayalah, hal ini akan membuat mereka risi bahkan tidak percaya diri.

Baca Juga: 5 Cara agar Tidak Toxic Positivity Saat Menghibur Teman yang Sedih

3. Kamu bergosip tentangnya

6 Tanda Nyata Jika Selama Ini Kamu Adalah Toxic Friend, Yuk Berubah!Unsplash.com/Ben White

Pikirkan tentang seberapa sering kamu membicarakan temanmu di belakang bersama orang lain. Jika kamu bergosip di belakang temanmu, dan berbagi hal-hal yang seharusnya dirahasiakan, ini adalah indikasi nyata bahwa kamu adalah teman yang beracun.

Memang terkadang dalam persahabatan terdapat konflik dan ketidakcocokan. Akan tetapi, hal tersebut tidak boleh kamu jadikan alasan untuk membicarakan kejelekan sahabatmu di hadapan orang lain.

4. Kamu marah saat tidak mendapatkan apa yang kamu inginkan

6 Tanda Nyata Jika Selama Ini Kamu Adalah Toxic Friend, Yuk Berubah!bustle.com

Setiap hubungan adalah tentang kompromi, entah itu romantis atau platonis. Jika kamu marah hanya karena tidak mendapatkan apa yang kamu inginkan, itu adalah nyata bahwa kamu termasuk golongan teman beracun.

5. Kamu cemburu pada kesuksesan sahabatmu sendiri

6 Tanda Nyata Jika Selama Ini Kamu Adalah Toxic Friend, Yuk Berubah!Unsplash.com/Anthony tran

Meskipun kecemburuan adalah perasaan yang normal, cemburu dengan kesuksesan sahabat adalah tanda lain dari perilaku toxic. Contohnya, jika kamu merasa sulit bahagia saat sahabatmu memiliki hubungan yang bahagia, bertunangan, hamil, wisuda, mendapatkan pekerjaan, atau mendapatkan promosi yang mereka harapkan.

6. Kamu tidak segan-segan membatalkan rencana dengannya jika ada tawaran lain yang menurutmu lebih baik

6 Tanda Nyata Jika Selama Ini Kamu Adalah Toxic Friend, Yuk Berubah!Unsplash.com/Trung Thanh

Sering membatalkan rencana dengan temanmu hanya karena ada tawaran lain yang menurutmu lebih baik juga bisa jadi ciri bahwa kamu adalah teman yang beracun. Sebab, perilaku seperti ini menandakan bahwa kamu tidak peduli pada perasaannya, tidak menganggapnya penting, bahkan tidak menghargainya sebagai pribadi.

Nah, itu tadi beberapa tanda khas dari toxic friend. Jika kamu menemukan tanda-tanda tersebut ada pada dirimu, ini saatnya kamu segera meminta maaf pada sahabatmu dan segera mengubah perilaku buruk tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Bijak & Elegan Mengakhiri Toxic Friendship, Jangan Tunda Lagi

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You