Comscore Tracker

Kamu Beruntung! Ini 5 Tanda Kamu Punya Circle Pertemanan yang Baik

Circle pertemanan ini wajib dipertahankan, lho #IDNTimesLife

Kamu pasti pernah mendengar bahwa kualitas seseorang dapat dilihat dari kualitas teman-temannya. Lingkungan pertemanan juga sangat memengaruhi masa depan seseorang. Misalnya, orang yang dikelilingi dengan orang yang ambisius dan produktif akan belajar menjadi orang yang ambisius dan produktif juga, begitu pula dengan orang yang dikelilingi dengan orang yang pesimis dan pemalas.

Lingkaran pertemanan memiliki peran yang sangat besar dan kita patut memperhatikan lingkaran pertemanan kita sendiri. Lalu, bagaimana cara mengetahui apakah kita berada dalam lingkaran pertemanan yang positif? Nah, berikut adalah tanda bahwa kamu memiliki circle pertemanan yang baik dan memberikan dampak positif padamu.

1. Mereka menerima kamu apa adanya

Kamu Beruntung! Ini 5 Tanda Kamu Punya Circle Pertemanan yang Baikpexels.com/Afta Putta Gunawan

Teman-teman yang baik tidak akan menghakimi atau meminta kamu menyesuaikan kelas mereka karena mereka menyukai kamu apa adanya. Jadi, kamu bisa bersikap apa adanya di depan mereka, bahkan tidak malu menunjukkan sisi anehmu.

Dengan berada dalam circle pertemanan yang baik, kamu tidak harus membuktikan diri sendiri atau menjadi seseorang yang bukan kamu. Sebaliknya, kamu akan diterima dan mereka tidak akan mencoba mengubah siapa kamu.

2. Menghargai privasi masing-masing

Kamu Beruntung! Ini 5 Tanda Kamu Punya Circle Pertemanan yang BaikUnsplash.com/Trung Thanh

Persahabatan yang baik tetap menghargai kemandirian dan ruang pribadi. Baik kamu maupun temanmu harus memiliki ruang pribadi saat dibutuhkan.

Karenanya, kamu atau mereka tidak merasa harus bersama sepanjang waktu. Kalian sudah sangat paham bahwa ada kalanya orang membutuhkan ruang dan ingin menyendiri. Itu adalah hal yang wajar.

Baca Juga: Friendship Goal! 5 Pelajaran dari Persahabatan Doraemon dan Nobita

3. Kalian benar-benar mendengarkan satu sama lain

Kamu Beruntung! Ini 5 Tanda Kamu Punya Circle Pertemanan yang Baikpexels.com/August de Richelieu

Kamu pasti pernah mengalami ini. Saat mencoba bercakap-cakap dengan seseorang, orang tersebut mengalihkan topik ke dirinya dan mulai asyik berbicara tentang dirinya. Akhirnya, kamu mengalami sesi-sesi pertemuan yang tidak begitu memuaskan. Nah, teman-teman yang baik tidak akan membiarkan percakapan berjalan sepihak.

Mampu melakukan dialog dua arah yang terbuka dengan seseorang meningkatkan peluang bagi kalian untuk memiliki hubungan yang lebih kuat. Percakapan dua arah menunjukkan hubungan yang seimbang dan secara aktif memperhatikan orang lain.

4. Saling mendukung melalui masa sulit

Kamu Beruntung! Ini 5 Tanda Kamu Punya Circle Pertemanan yang Baikpexels.com/fauxels

Dalam hidup, kita semua mengalami pasang surut dan memiliki teman yang suportif dapat membantu kita melewati masa-masa sulit. Pertemanan yang baik akan siap membantu anggotanya mengatasi rintangan.

Ini bisa berarti hadir mendengarkan masalah kita, menenangkan kita saat sedang menangis, atau menemukan cara untuk menghibur kita. Hal-hal kecil itu bisa sangat berarti saat kita mengalami masa-masa sulit.

5. Mereka tahu cara memberi tahumu saat kamu membuat kesalahan

Kamu Beruntung! Ini 5 Tanda Kamu Punya Circle Pertemanan yang BaikUnsplas.com/Beakoof.com Official

Memang, tidak semua orang suka ditegur saat berbuat kesalahan dan ini adalah hal yang manusiawi. Namun, seorang teman sejati dapat memberi tahu saat kamu melakukan kesalahan tanpa membuat kamu merasa makin kesal. 

Teman-teman yang mencintai dan mendukungmu tidak akan membiarkan kamu merasa benar ketika melakukan kesalahan dan akan membuat kamu kembali ke jalan yang benar. Teman-teman seperti ini pantas dijaga.

Memiliki lingkar pertemanan yang baik sangat bermanfaat untuk kehidupanmu. Jadi, jika memiliki teman-teman dengan semua ciri di atas, kamu sangat beruntung dan patut mempertahankan hubungan dengan mereka.

Baca Juga: 6 Ciri jika Kamu Memiliki Pertemanan yang Sehat, Pertahankan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya