Comscore Tracker

Jangan Dimaafkan, Tinggalkan jika Pasanganmu Melakukan 5 Kesalahan Ini

Sebelum kamu terjebak dalam hubungan toksik  

Ketika memulai hubungan romantis, kamu mungkin berpikir bahwa kamu perlu membuat pengorbanan dan banyak memaafkan demi membuat hubungan kalian langgeng selamanya. Ini ada benarnya, tetapi perlu diketahui bahwa pengorbanan yang kita lakukan seharusnya ada batasnya dan tidak semua kesalahan bisa dimaafkan.

Memaafkan semua kesalahan pasangan berisiko membuat hubungan menjadi toksik dan kamu pun sulit bahagia dengannya, seperti beberapa kesalahan berikut ini yang haram untuk kamu maafkan. Kamu perlu segera meninggalkannya begitu pasanganmu melakukannya.

1. Melakukan kekerasan fisik maupun emosional  

Jangan Dimaafkan, Tinggalkan jika Pasanganmu Melakukan 5 Kesalahan Iniilustrasi kekerasan (pexels.com/Alex Green)

Kekerasan adalah sikap yang tidak dapat ditoleransi. Tidak salah jika kamu memutuskan untuk mengakhiri hubungan dengan pasanganmu karena alasan kekerasan yang ia lakukan padamu.

Kekerasan fisik maupun emosional sama-sama memberikan dampak buruk sehingga keduanya tidak boleh ditoleransi. Pasangan seharusnya menjadi orang yang kita percaya dan membuat kita merasa nyaman, bukannya ketakutan. Jadi, jika pasanganmu sudah melakukan kekerasan, lupakan semua rasa sayangmu dan segera tinggalkan dirinya.

2. Selalu menyalahkanmu atas masalah yang terjadi  

Jangan Dimaafkan, Tinggalkan jika Pasanganmu Melakukan 5 Kesalahan Iniilustrasi laki-laki dan perempuan sedang bertengkar (pexels.com/RODNAE Productions)

Ketika sadar pasanganmu selalu menyalahkan kamu atas semua hal buruk yang terjadi, kamu perlu membicarakan hal ini dengannya. Ia perlu memahami bahwa apa pun masalah yang terjadi di hidupnya. Ia juga bertanggung jawab atas hal itu.

Jika menolak untuk mengakui bahwa ia bersalah atas apa yang ia alami dan bersikeras bahwa itu semua salahmu, sudah sepatutnya kamu keluar dari hidupnya. Percayalah, lebih baik tidak memiliki pasangan daripada memiliki pasangan yang hanya bisa membuat kamu merasa bersalah atas apa yang pasanganmu alami.

Baca Juga: Jangan Ungkit 5 Hal Ini saat Bertengkar dengan Pasangan, Bikin Runyam!

3. Berselingkuh

Jangan Dimaafkan, Tinggalkan jika Pasanganmu Melakukan 5 Kesalahan Iniilustrasi selingkuh (unsplash.com/Romina Ahmadpour)

Banyak orang yang mau memaafkan pasangannya yang ketahuan selingkuh dan beranggapan bahwa mereka berhak mendapatkan kesempatan kedua. Baiklah, pendapat ini mungkin benar. Namun, jika ia masih mengulangi kesalahannya setelah diberi kesempatan kedua, tidak ada alasan untuk kembali memaafkannya.

Orang yang selingkuh sadar betul bahwa apa yang ia lakukan akan menyakiti hati pasangannya. Jadi, sudah jelas bahwa ia tidak memikirkan perasaan pasangannya dan hanya peduli dengan kesenangannya sendiri. Tidak ada solusi yang lebih baik untuk kesalahan ini selain berpisah dengannya.

4. Membuat kamu merasa tidak berharga  

Jangan Dimaafkan, Tinggalkan jika Pasanganmu Melakukan 5 Kesalahan Iniilustrasi sedih (pexels.com/@mentatdgt-330508)

Memiliki pasangan harusnya menjadi sesuatu yang menyenangkan. Kamu bisa menjadi diri sendiri dan pasanganmu seharusnya menerima kamu apa adanya. Namun, jika kata-kata dan perlakuan pasanganmu selalu membuat kamu merasa buruk dan tidak berharga, artinya ada yang salah dengan hubunganmu.

Kamu harus berterus terang tentang apa yang kamu rasakan dan katakan padanya bahwa kamu menginginkan perubahan. Jika dia tidak ingin berubah, keluarkan dia dari hidupmu sesegera mungkin.

5. Merendahkan apa yang kamu miliki  

Jangan Dimaafkan, Tinggalkan jika Pasanganmu Melakukan 5 Kesalahan Iniilustrasi laki-laki dan perempuan sedang berbicara (pexels.com/Monstera)

Jika pasanganmu selalu membuat komentar yang merendahkan tentang apa yang ada di hidupmu, seperti keluarga, karier, sahabat, pendidikan, atau hobi, kamu tidak dapat memaafkannya. Orang seperti ini akan selamanya melihat kamu dengan cara yang merendahkan.

Kamu tidak akan pernah merasa nyaman berbicara dengannya mengenai masalah atau minatmu karena ia akan selalu meremehkannya. Jadi, jika ada orang yang merendahkan apa yang sudah menjadi bagian dari hidupmu, segera tinggalkan mereka.

Kita memang perlu menyayangi pasangan dengan tulus, tapi jangan sampai rasa sayangmu padanya melebihi rasa sayangmu pada dirimu sendiri hingga kamu rela terus menerus disakiti. Ingat, semua orang berhak diperlakukan dengan baik. Jika ia tidak bisa memperlakukanmu dengan baik, tidak ada alasan lagi untuk terus bersamanya.

Baca Juga: Hindari Mengucapkan 6 Kalimat Ini pada Pasangan, Bikin Sakit Hati!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya