Comscore Tracker

5 Alasan Trust Issue Membahayakan Hubungan, Cari Solusinya!

Cari jalan keluarnya bersama-sama

Ketika membahas tentang membuat suatu hubungan menjadi kuat, maka ini tak lepas dari membangun komunikasi yang kuat, membangun keintiman, dan membangun kepercayaan. Namun, membangun kepercayaan bisa lebih rumit karena sangat dipengaruhi oleh pengalaman dan hubungan masa lalu.

Ya, manusia cenderung membawa masalah kepercayaan atau trust issue dari satu hubungan ke hubungan berikutnya. Misalnya, jika kita pernah disakiti, dikhianati, atau dibuat tidak nyaman dalam hubungan masa lalu, sangatlah wajar jika kita merasa takut dan ingin menghindari hal itu.

Sayangnya, trust issue ini juga bisa membahayakan hubungan yang sedang dijalani karena trust issue memengaruhi cara seseorang bertindak dan bisa menyebabkan beberapa ketidaknyamanan bagi diri sendiri maupun pasangan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa trust issue bisa membahayakan hubungan.

1. Kamu terus meragukan pasanganmu yang membuat ia juga merasa kesal

5 Alasan Trust Issue Membahayakan Hubungan, Cari Solusinya!ilustrasi pasangan sedang bertengkar (pexels.com/Pixabay)

Terkadang, seseorang bisa curiga pada pasangannya karena alasan tertentu, seperti tidak menelepon, menghilang dalam waktu lama, tidak konsisten, atau tidak membalas pesan. Tetapi, terkadang seseorang juga bisa curiga tanpa ada alasan yang tepat.

Jika kamu atau pasangan saling curiga tanpa ada alasan yang tepat, ini bisa jadi tanda adanya masalah kepercayaan. Jika kamu memiliki trust issue dan terus mencurigai pasanganmu, ia mungkin akan merasa dihakimi atau diawasi. Selanjutnya, ia mungkin mulai menarik diri dan terus merasa kesal.

2. Kamu selalu memberikan asumsi yang buruk dan berlebihan pada tiap masalah kecil

5 Alasan Trust Issue Membahayakan Hubungan, Cari Solusinya!ilustrasi pasangan sedang bertengkar (pexels.com/Keira Burton)

Trust issue bisa membuat kamu selalu berasumsi yang terburuk dan mulai panik dengan sedikit masalah saja. Trust issue juga membuat kamu mudah meributkan hal-hal kecil, karena kamu selalu berpikir pasanganmu sedang menipu kamu atau hal-hal buruk lainnya yang mungkin ia lakukan.

Trauma masa lalu mungkin bisa membuat otak terus-menerus menghubungkan apa pun dengan hal buruk yang terjadi di masa lalu, namun penting untuk diingat bahwa masalah kecil tidak selalu merupakan skenario terburuk. Misalnya, pasangan datang terlambat karena jalanan sedang macet atau tidak bisa menjawab panggilanmu karena ia sedang sibuk. Jadi, tidak perlu terlalu serius dalam setiap masalah kecil.

Baca Juga: [QUIZ] Apa Kamu Sedang Mengalami Trust Issue?

3. Trust issue membuat kamu sering lepas kendali

5 Alasan Trust Issue Membahayakan Hubungan, Cari Solusinya!ilustrasi perempuan sedang marah (pexels.com/Andrea Piacquadio(

Masalah kepercayaan bisa membuat seseorang menunjukkan perilaku yang tidak rasional, seperti pengintaian, kepanikan. Bahkan, meskipun kamu sadar bahwa kamu memiliki perilaku yang tidak rasional, kamu seolah tidak dapat menghentikannya.

Jadi, meskipun kamu tahu itu bukan hal yang benar untuk dilakukan, kamu tidak bisa menahan diri. Sangat mudah untuk merasa lepas kendali. Ini bahkan membuat kamu sendiri tidak yakin hubungan ini akan berakhir dengan bahagia.

4. Kamu merasa selalu membutuhkan pasanganmu

5 Alasan Trust Issue Membahayakan Hubungan, Cari Solusinya!ilustrasi pasangan (pexels.com/Keira Burton)

Kita semua mengalami saat-saat dalam hubungan ketika kita merasa lebih membutuhkan pasangan kita dan itu sangat normal. Tetapi, trust issue bisa menyebabkan kamu terus-menerus merasa membutuhkan pasangan dan itu bukanlah hal yang sehat.

Ini merupakan tanda bahwa kamu sedang mencari kepastian, dan apa pun yang dilakukan pasanganmu rasanya tidak pernah cukup untukmu. Jika dipikir dengan baik, perasaan ini sebenarnya adalah akibat dari luka lama yang belum sembuh, bukan karena ada yang salah dalam hubunganmu saat ini.

5. Sulit membangun hubungan yang dekat dengan pasangan

5 Alasan Trust Issue Membahayakan Hubungan, Cari Solusinya!ilustrasi pasangan sedang bertengkar (pexels.com/Alex Green)

Banyak orang dengan trust issue mengalami kesulitan untuk dekat dengan orang lain. Begitu pula dalam hubungan, trust issue bisa membuat kamu sulit menjalin hubungan yang hangat dengan pasangan. Alasannya sederhana, karena individu dengan trust issue takut terluka seperti yang pernah dialami sebelumnya.

Lebih jauh, masalah ini bisa membuat pasanganmu merasa tidak dicintai, tidak diperhatikan, atau seolah kamu tidak tertarik padanya. Jika kamu menemukan bahwa hal ini mengacaukan hubunganmu, kamu perlu melihat lebih dalam pada akar penyebabnya.

Jika terus dibiarkan, dikhawatirkan trust issue akan membuat setiap hubunganmu terasa sulit atau bahkan tidak berhasil. Karenanya, jika kamu memiliki trust issue, kamu perlu berusaha untuk mengatasi masalah tersebut. Begitu pula jika pasanganmu mengalami trust issue, terus dampingi ia dan bantu ia menemukan jalan keluar.

Baca Juga: 6 Tanda Pasanganmu Punya Trust Issue Menurut Ahli

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya