Comscore Tracker

Tertekan Memiliki Pasangan Narsis, Ini 5 Cara Meluluhkan Hati Mereka

#GoodLife Jangan patah semangat untuk mendapatkan hatinya

Banyak orang yang keliru mengenai sifat narsistik. Narsis dengan percaya diri bukanlah sifat yang sama. Narsis sendiri adalah istilah anak gaul zaman sekarang yang mendeskripsikan sikap terlalu pede dengan dirinya sendiri. Termasuk dengan hobi selfie dan memamerkan kelebihannya di dalam sosial media.

Sedangkan narcissistic disorder adalah kepribadian seseorang yang cenderung menunjukkan perilaku arogan dan minimnya empati terhadap orang lain, haus akan pujian, manipulatif dan selalu menuntut sesuatu tanpa bisa menghargai orang lain.

Memiliki pasangan yang mempunyai kepribadian narcissistic disorder memang melelahkan. Tetapi bukan berarti kamu harus menyerah memiliki pasangan yang mengidap kesehatan mental tersebut. Kamu dapat tetap mendapatkan hati mereka dengan 5 tips ampuh berikut.

1. Tunjukkan simpati kepada pasanganmu

Tertekan Memiliki Pasangan Narsis, Ini 5 Cara Meluluhkan Hati Merekapexels.com/Inna Lesyk

Seorang yang mengidap narcissistic disorder dapat bersikap lembut padamu. Mereka sendiri mendapati kesusahan memahami perasaan mereka. 

Cobalah untuk menunjukkan rasa kasih sayangmu kepada mereka. Karena batu yang keras pun lama kelamaan akan terkikis jika terus menerus dialiri arus. Begitu pula sikap arogan mereka. Meskipun gak mudah mendapatkan hati mereka dengan menunjukkan rasa simpatimu, tapi percayalah dia dapat berubah menjadi pribadi yang lebih lemah lembut.

2. Beri dia pujian yang tulus

Tertekan Memiliki Pasangan Narsis, Ini 5 Cara Meluluhkan Hati Merekapexels.com/Scott Webb

Kamu mungkin berpikir orang narsis gak butuh pujian sedikit pun. Tapi tipe narsis ini sangat haus dengan pujian. Jika kamu ingin meluluhkan hati mereka, berilah pujian akan pencapaian mereka. Katakan pada mereka sesuatu yang membuat mereka senang. Dengan memberikan pujian yang bersifat konstruktif, mereka akan dengan mudah terlatih untuk merasakan simpati dan empati.

Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Rasa Percaya pada Pasangan Saat LDR

3. Berikan saran yang bersifat membangun kepada pasanganmu

Tertekan Memiliki Pasangan Narsis, Ini 5 Cara Meluluhkan Hati Merekapexels.com/Trinity Kubassek

Selain memberi pujian, yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan hati mereka adalah mengarahkan pasanganmu menuju perubahan yang lebih baik. Jangan segan-segan memberi saran yang bersifat konstruktif kepada mereka. Mungkin terkadang si dia sedikit keras kepala dan sulit menerima saran orang lain. Namun gak menutup kemungkinan dia akan menerima saran dari orang yang dicintainya. Dengan ini kamu juga akan lebih banyak memiliki waktu bersama dia.

4. Dengarkan keluh kesahnya

Tertekan Memiliki Pasangan Narsis, Ini 5 Cara Meluluhkan Hati Merekapexels.com/Jodie DS

Jika kamu berhubungan dengan orang narsis, cara terbaik untuk menghadapi mereka adalah dengan mendengarkan segala curhatan mereka. Orang yang narsis akan menuntut perhatian dan cenderung marah jika kamu mengabaikan mereka. Dengarkan mereka dengan setulus mungkin. Dengan ini kemungkinan hati mereka akan terbuka untukmu.

5. Berusahalah menerima kekurangan pasanganmu

Tertekan Memiliki Pasangan Narsis, Ini 5 Cara Meluluhkan Hati Merekapexels.com/Leah Kelley

Apapun yang terjadi terhadap pasanganmu, kamu harus bisa menerima dia dengan apa adanya. Jangan juga terlalu menuntut dia agar berubah, karena hal ini hanya akan membuat pasanganmu merasa tertekan. Jika si dia sudah gak nyaman lagi dengan hubungan yang dijalinnya, dia nggak akan segan untuk segera memutuskanmu. Terimalah segala kekurangan yang ia miliki, dengan ini kamu akan merasa bahagia menjalin hubungan dengannya.

Jika teman atau pasanganmu mengidap narsisme berlebih atau narcissistic disorder, jangan langsung menjauh dan memutuskan hubungan dengan mereka, pahami dulu karakteristik mereka. Memahami mereka memang sulit, tapi bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan.

Baca Juga: 6 Jenis Pengorbanan yang Tidak Perlu Dilakukan untuk Pasangan

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya