Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Siap Pacaran Lagi setelah Terjebak Hubungan Toxic

Siap membuka hati untuk orang baru #IDNTimesLife

Faktanya terlepas dari toxic realtionship sangatlah tidak mudah. Seseorang cenderung sulit untuk lari dari hubungan yang tidak sehat. Selalu saja terjerat pada lingkaran setan yang sama berulang kali. Tentu jika tidak segera disudahi, kamu sendiri yang akan merugi karena rasanya sangat melelahkan.

Biasanya mereka yang sudah berhasil melepaskan diri dari hubungan seperti ini cenderung memiliki ketakutan untuk menjalin hubungan kembali. Tidak heran apabila mereka membutuhkan sedikit waktu untuk bisa kembali membuka hati. Nah, kira-kira berikut ini 5 tanda kamu sudah siap menjalin hubungan lagi setelah terlepas dari hubungan beracun.

1. Kamu sudah tidak terobsesi untuk balikan dengan mantan

5 Tanda Kamu Siap Pacaran Lagi setelah Terjebak Hubungan ToxicIlustrasi pasangan putus (Pexels.com/Vera Arsic)

Fase awal putus biasanya seseorang masih ingin balikan dengan mantan. Bahkan mereka yang menjalin hubungan toxic pun masih ada niatan untuk kembali ke pelukan mantan. Biasanya mereka memiliki harapan bahwa si mantan akan berubah dan hubungannya akan membaik padahal kecil kemungkinannya.

Apabila kamu masih sering kepikiran mantan, itu berarti kamu masih belum siap untuk menjalin hubungan dengan orang baru. Kamu masih belum bisa melepaskan sosok mantan sepenuhnya. Namun, jika obsesi kamu untuk balikan dengan mantan tersebut sudah tidak ada, kemungkinan besar kamu sudah move on dan siap membuka lembaran hidup baru.

2. Kamu tahu apa kesalahan dari hubunganmu sebelumnya

5 Tanda Kamu Siap Pacaran Lagi setelah Terjebak Hubungan ToxicIlustrasi pasangan bertengkar (Pexels.com/Alex Green)

Kunci utama sebelum kamu menjalin hubungan baru adalah mengetahui apa permasalahan dari hubunganmu sebelumnya. Kamu bisa mencari tahu apa yang menyebabkan hubunganmu itu menjadi tidak sehat. Apakah itu berasal dari kamu yang terlalu posesif atau malah mantanmu.

Setelah mengetahui penyebab tidak sehatnya hubunganmu, kamu bisa menjadikannya pelajaran. Dengan ini, kamu dapat mengantisipasi agar hal yang sama tidak terulang kembali. Kamu tentunya tidak ingin dong menjalin hubungan beracun yang sama berkali-kali.

3. Kamu sudah menemukan rasa percaya diri

5 Tanda Kamu Siap Pacaran Lagi setelah Terjebak Hubungan ToxicIlustrasi perempuan tersenyum (Pexels.com/Leonardo Cardozo)

Toxic relationship dapat menimbulkan trauma mendalam pada korbannya. Tidak jarang mereka yang pernah menjalin hubungan tidak sehat menjadi tidak percaya diri. Bahkan beberapa merasa tidak layak untuk mencintai dan dicintai. Butuh waktu dan usaha untuk terlepas dari bayang-bayang masa lalu.

Tetapi jika dirasa kamu sudah berhasil menemukan rasa percaya diri tersebut, kamu sudah siap untuk bertemu dan mengikat hubungan dengan orang baru. Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua manusia sama. Kalau kamu pernah bertemu orang yang kurang baik bukan berarti orang lain juga bersifat seperti itu. Kamu hanya belum menemukan orang yang tepat saja.

Baca Juga: Bikin Trauma, 10 Publik Figur Pernah Terjebak Toxic Relationship

4. Kamu bersedia mundur jika dia menunjukkan gejala yang sama

5 Tanda Kamu Siap Pacaran Lagi setelah Terjebak Hubungan ToxicIlustrasi pasangan bertengkar (Pexels.com/Budgeron Bach)

Percaya atau tidak, kamu pasti merasakan hal-hal janggal saat memulai hubungan dengan mantanmu sebelumnya. Beberapa sikapnya sudah mencerminkan bahwa dirinya cukup toxic. Apalagi jika di awal dia sudah menunjukkan sifat posesif yang berlebihan. Sampai akhirnya kamu terjebak di dalam hubungan yang tidak sehat.

Ada baiknya saat kamu menjalin hubungan baru dengan seseorang, kamu memperhatikan apakah orang tersebut menunjukkan tanda-tanda menyerupai mantanmu. Jika iya, lebih baik untuk mundur daripada kembali merasakan pahit yang sama.

5. Kamu memang sudah ingin sekali menjalin hubungan baru

5 Tanda Kamu Siap Pacaran Lagi setelah Terjebak Hubungan ToxicIlustrasi pasangan berpelukan (Pexels.com/Radu Florin)

Pacaran sebenarnya berat, dibutuhkan waktu dan kesabaran yang tinggi. Apabila kamu ingin menjalin hubungan dengan seseorang, pastikan kamu memang benar-benar ingin. Jangan berkencan hanya karena tuntutan dari orang lain. Semua itu harus berasal dari kemauanmu sendiri.

Jika kamu memang ingin berpacaran, ini berarti kamu sudah siap untuk mengorbankan waktu, tenaga, dan juga materi. Apabila dari awal niatmu masih ogah-ogahan kemungkinan besar akhirnya juga tidak akan baik. Jadi, berkencanlah ketika kamu memang ingin melakukannya bukan karena terpaksa.

Itulah 5 ciri kamu sudah siap untuk membuka hati pada orang baru setelah sebelumnya sempat terjebak hubungan tidak sehat. Ingatlah bahwa kegagalanmu pada hubungan lamamu tidak menjadikan hubunganmu selanjutnya juga akan seperti itu.

Baca Juga: 5 Trik Memperbaiki Hubungan Terlanjur Toxic, Masih Bisa Kok!

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya