Agar Langgeng, Ingat 5 Nasihat Ini Jika Kamu Berniat Ingin Menikah

Membina pernikahan itu gampang-gampang susah

Setiap orang yang membina hubungan pasti pada akhirnya bertujuan untuk melangsungkan pernikahan. Tapi terkadang pernikahan sama sekali tidak mengenal seberapa lama kamu berpacaran dengan pasanganmu. Karena banyak kasus mereka yang bertahun-tahun pacaran malah gagal menikah sedangkan yang hanya memakan hitungan bisa sampai menikah.

Semua itu tentu menjadi keputusan individu masing-masing. Karena pernikahan sama sekali bukan hal sepele. Diperlukan pertimbangkan yang kuat untuk melangsungkan pernikahan. Nah, untuk kamu yang berniat ingin menikah yuk simak 5 nasihat di bawah ini agar pernikahanmu bisa langgeng.

1. Komunikasi adalah kunci awetnya hubungan

Agar Langgeng, Ingat 5 Nasihat Ini Jika Kamu Berniat Ingin Menikahimdb.com

Tidak salah lagi jika komunikasi sangat penting dalam suatu hubungan. Apalagi pernikahan membutuhkan kerja sama satu sama lain agar dapat mencapai tujuan secara bersama. Komunikasi bukan hanya sekadar topik-topik yang kamu bahas setiap hari bersamanya. Komunikasi yang baik bermakna lebih memahami dan mengerti apa yang diinginkan pasangan.

Musyawarahkan semua urusan pernikahanmu berdua. Cobalah untuk membuat peraturan kecil-kecilan yang harus kalian berdua patuhi. Ini cukup efektif untuk membangun komunikasi di antara kalian berdua.

2. Saling menghargai satu sama lain

Agar Langgeng, Ingat 5 Nasihat Ini Jika Kamu Berniat Ingin Menikahimdb.com

Respect juga menjadi poin penting dalam suatu hubungan. Karena setiap individu memiliki hak dan kewajiban masing-masing, maka dari itu kamu perlu untuk menghargainya. 

Begitu pula saat kamu telah menikah. Jangan hanya karena kamu adalah seorang pemimpin rumah tangga, kamu jadi mengatur semua urusan pernikahanmu tanpa ada campur tangan dari istrimu. Hargai kerja keras suami ataupun istrimu. Karena bekerja dan mengurus rumah tangga bukan perkara yang mudah.

3. Jangan biarkan keluarga besar mengatur pernikahanmu

Agar Langgeng, Ingat 5 Nasihat Ini Jika Kamu Berniat Ingin Menikahimdb.com

Jangan pernah melibatkan orang lain sekalipun keluargamu sebagai pengambil keputusan dalam rumah tanggamu. Banyak kasus perceraian terjadi karena disebabkan oleh masalah eksternal. Seperti keluarga besar yang terlalu mengatur urusan rumah tangga.

Mungkin sah-sah saja jika mereka memberimu nasihat seputar pernikahan. Namun, coba untuk hentikan ketika mereka terlalu ikut campur dengan hubunganmu. Karena yang menjalani adalah dirimu, sehingga kamu tahu apa yang terbaik untuk dirimu sendiri.

Baca Juga: 5 Kelebihan Resepsi Pernikahan Sederhana, Tinggalkan Gengsi!

4. Konflik dalam pernikahan itu wajar

Agar Langgeng, Ingat 5 Nasihat Ini Jika Kamu Berniat Ingin Menikahimdb.com

Tidak ada namanya hidup tanpa konflik. Bahkan terkadang dengan orang tua sendiri saja kita bisa memiliki konflik. Apalagi dengan pasangan yang mungkin memiliki sifat berbanding terbalik darimu. Jadi ketika kamu memiliki konflik dengannya, jangan terburu-buru untuk pulang ke rumah orangtuamu. Lebih baik segera selesaikan konflik tersebut dengan kepala dingin.

5. Hidupmu akan berubah ketika memiliki momongan

Agar Langgeng, Ingat 5 Nasihat Ini Jika Kamu Berniat Ingin Menikahimdb.com

Percaya atau tidak, nyatanya anak dapat mengubah segalanya. Kehadiran seorang anak dapat lebih mewarnai pernikahanmu. Saat memiliki momongan, kamu juga dituntut untuk lebih bertanggung jawab sebagai ayah dan ibu yang baik bagi anakmu.

Anak juga dapat memperbaiki hubungan rumah tangga yang kurang harmonis. Bisa dibilang anak merupakan pelengkap suatu pernikahan. Jadi jangan tunda lagi ya untuk memiliki momongan.

Nah, itulah 5 nasihat yang harus kamu perhatikan agar pernikahanmu langgeng. Semoga kamu bisa lebih bijak lagi ya dalam menyikapi masalah pernikahanmu kelak.

Baca Juga: Bukan Tak Mau, 5 Alasan Belum Siap Menikah Meski Telah Pacaran Lama

Emma Kaes Photo Community Writer Emma Kaes

21st century girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You