Comscore Tracker

5 Aturan yang Harus Kamu Tanamkan pada Diri Sendiri saat Putus Cinta

Biar cepat move on!

Hampir setiap orang pasti pernah merasakan putus cinta. Bagi sebagian orang putus cinta bisa terasa sangat menyakitkan. Terdapat rasa kehilangan, sakit hati, dan perasaan takut. Semua itu bercampur menjadi satu sehingga tidak jarang mereka yang sedang putus cinta biasanya terlihat sedang banyak pikiran.

Sebenarnya untuk menghindari hal tersebut terjadi, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan. Nah, berikut ini lima aturan yang harus kamu tanamkan terhadap diri sendiri ketika putus cinta.

1. Segera putus kontak dengan mantan

5 Aturan yang Harus Kamu Tanamkan pada Diri Sendiri saat Putus CintaImdb.com

Cara paling ampuh untuk bertahan dari putus cinta adalah dengan memutuskan kontak dengan mantan. Baik di real life atau sosmed sekalipun. Biasanya beberapa orang memilih untuk berteman dengan mantan. Percayalah bahwa berteman dengan mantan tidak selalu berakhir baik. Terkadang ada kalanya kamu merasa iri saat meilihat postingan mantanmu yang terlihat sedang bahagia.

Ada baiknya kamu saling unfollow atau blokir sekalian jika memang diperlukan. Sehingga kamu tidak selalu membanding-bandingkan hidupmu dengan mantanmu pasca putus. Terlebih lagi kamu juga akan cepat move on jika tidak terus-terusan kepo mengenai hidup mantanmu.

2. Jangan mencari cara untuk menemuinya kembali

5 Aturan yang Harus Kamu Tanamkan pada Diri Sendiri saat Putus CintaImdb.com

Biasanya setelah putus, orang-orang cenderung menginginkan untuk balikan. Beberapa pihak biasanya meminta untuk bertemu dengan embel-embel pertemuan terakhir. Namun, malah berakhir dengan permohonan untuk meminta balik kembali dan memulai hubungan dari awal.

Seharusnya saat kamu dan pasanganmu memutuskan untuk pisah jalan, lebih baik untuk menerimanya dan segera move on. Jangan mencari cara untuk menemuinya kembali. Karena hal ini hanya akan memberimu alasan untuk memohon agar bisa balikan lagi.

Baca Juga: Jangan Sedih, Tapi Ini 5 Alasan Kenapa Mantanmu Gampang Banget Move On

3. Jangan melabel diri sebagai korban

5 Aturan yang Harus Kamu Tanamkan pada Diri Sendiri saat Putus CintaImdb.com

Tidak jarang saat putus cinta kita merasa yang paling tersakiti. Hal ini membuat kamu melabeli diri sendiri sebagai korban. Saat ada yang bertanya alasanmu putus, kamu akan menjawab  bahwa kamu adalah pihak yang tersakiti dan mantanmu adalah orang yang menyebabkan hubunganmu berakhir.

Well, jika kamu terus-terusan seperti ini, hanya ada perasaan dendam yang tersisa dalam dirimu. Kamu bahkan akan dihantui dengan keinginan untuk balas dendam. Ada baiknya kamu melihat sisi terang dari berakhirnya hubunganmu dan menganggap bahwa ini sebagai jalan terbaik untuk kalian berdua.

4. Berhenti overthinking

5 Aturan yang Harus Kamu Tanamkan pada Diri Sendiri saat Putus CintaImdb.com

Pasti ada pikiran-pikiran buruk yang bersarang saat putus cinta. Salah satunya kamu merasa tidak akan ada lagi orang yang bisa mencintaimu dan kamu akan kesusahan untuk mencari pengganti mantanmu. Hal ini membuatmu dilanda rasa ketakutan akan nasibmu kelak.

Harusnya kamu menanamkan pikiran positif di saat seperti ini. Jangan berpikiran yang tidak-tidak. Selalu percaya bahwa suatu hari nanti pasti kamu akan mendapatkan pengganti yang lebih baik darinya. Dengan ini, kamu akan lebih cepat merasa legowo akan kepergian sang mantan.

5. Jangan lupa untuk menyenangkan diri sendiri

5 Aturan yang Harus Kamu Tanamkan pada Diri Sendiri saat Putus CintaImdb.com

Saat putus cinta adalah waktu yang tepat untuk menyenangkan diri sendiri. Kamu bisa melupakan kesedihanmu dengan melakukan hal-hal yang kamu suka. Banyak sekali kegiatan menyenangkan yang bisa kamu lakukan untuk menghibur diri. Dari menghabiskan waktu bersama teman, berbelanja dan merawat diri di salon, atau melakukan aktivitas menantang seperti mendaki gunung.

Itulah lima aturan penting yang harus kamu terapkan saat sedang putus cinta. Jangan sampai patah hati membuatmu berlarut-larut dalam kesedihan.

Baca Juga: 7 Cara Move On Menurut Peneliti, Teruji Secara Ilmiah

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya