Comscore Tracker

5 Hal yang Perlahan dapat Merusak Hubungan, Jangan Dibiarkan!

Perbaiki sebelum terlambat

Fase awal menjalin hubungan biasanya dipenuhi perasaan kasmaran. Beberapa bahkan menjadi bucin akut.

Namun, seiring waktu, perasaan tersebut biasanya mulai memudar. Bukan berarti sayangmu terhadap pasangan hlang begitu saja, tetapi memang hubungan kalian telah masuk ke tahap sudah terbiasa menjadi diri sendiri.

Tidak jarang akhirnya kamu cenderung menuntut pasangan terlalu banyak atau malah sebaliknya, menjadi mengabaikan keberadaan dirinya. Padahal, hubunganmu telah masuk ke tahap krusial.

Ada kalanya hal-hal tertentu dapat menjadi penyebab hancurnya hubungan yang telah kamu bangun. Kelima hal ini perlahan-lahan dapat merusak hubunganmu, lho!

1. Mengabaikan keberadaan satu sama lain 

5 Hal yang Perlahan dapat Merusak Hubungan, Jangan Dibiarkan!cuplikan film The Last Song (dok. Offspring Ent./The Last Song)

Saat menjalani hubungan yang berlangsung bertahun-tahun, biasanya kamu dan dia menjadi tidak terlalu clingy satu sama lain. Kamu terbiasa tidak bertemu dengannya. Bahkan, beberapa bulan sekali kamu baru bisa jalan dengan pasangan. Namun, perlu diketahui bahwa sebuah hubungan memerlukan kasih sayang.

Seperti halnya sebuah kebun, hubungan juga butuh untuk disiram dan diberi pupuk. Jika kalian berdua memang tidak pernah memiliki waktu untuk bertemu, besar kemungkinannya hubunganmu tidak akan bertahan lama. Jadi, jangan terlalu lama mengabaikan keberadaan satu sama lain. Luangkan waktu untuk menanyakan kabar dan bertemu.

2. Saling menyimpan dendam

5 Hal yang Perlahan dapat Merusak Hubungan, Jangan Dibiarkan!cuplikan film The Kissing Booth 2 (dok. Netflix/The Kissing Booth 2)

Memaafkan kesalahan orang lain sungguh penting. Hal ini tidak hanya berlaku pada pasangan saja, tetapi juga terhadap semua orang di sekitarmu.

Mengingat tidak ada manusia yang sempurna dan semuanya pasti pernah membuat kesalahan. Termasuk dirimu yang mungkin saja pernah membuat pasangan marah dan kesal.

Apabila kamu kesulitan memaafkan pasangan dan masih menaruh dendam, sangat sulit bagimu untuk merasa bahagia bersamanya. Pasalnya, yang terlintas dalam benakmu hanyalah kesalahan yang pernah dibuat pasangan. Cobalah belajar memaafkan dan jangan pernah mengungkit masa lalu dirinya.

3. Selalu ingin menjadi yang paling benar 

5 Hal yang Perlahan dapat Merusak Hubungan, Jangan Dibiarkan!cuplikan serial Never Have I Ever (dok. Netflix/Never Have I Ever)

Tidak ada satu orang pun yang pernah 100 persen benar setiap saat. Ada kalanya kamu yang membuat kesalahan.

Memang tidak mudah untuk mengakui kesalahan sendiri. Apalagi jika kamu termasuk tipe orang yang memiliki gengsi tinggi. Akhirnya, mau tidak mau terus menyangkal dan berbohong dengan maksud menutupinya.

Dalam setiap argumen, kamu selalu ingin menjadi yang paling benar. Padahal faktanya tidak selalu demikian. Bisa saja apa yang dikatakan kekasihmu itu benar adanya. Perlu diingat bahwa di dalam hubungan tidak ada yang namanya kompetisi. Kamu tidak perlu membuktikan diri selalu benar.

Baca Juga: 5 Ciri Hubungan Asmara yang Sulit Bertahan Lama, Gampang Ditebak! 

4. Tidak pernah menghabiskan waktu bersama

5 Hal yang Perlahan dapat Merusak Hubungan, Jangan Dibiarkan!cuplikan film The Last Letter From Your Lover (dok. Netflix/The Last Letter From Your Lover)

Hubungan yang sehat tidak ditentukan seberapa banyak frekuensi kalian bertemu. Melainkan apakah waktu yang kamu dan pasangan habiskan bersama tersebut berkualitas atau hanya sekadar formalitas. Mungkin kamu berada di tempat romantis berdua, tetapi yang kalian lakukan malah sibuk memandangi ponsel masing-masing.

Penting sekali untuk memiliki quality time bersama pasangan. Momen seperti ini menjadi cara untuk semakin mengenal satu sama lain. Tidak penting di mana tempatnya, tetapi apa hal yang kalian lakukan bersama. Di rumah saja pun dapat melakukan quality time, misalnya, dengan mengobrol atau menonton film.

5. Keinginan untuk mengubah pasangan 

5 Hal yang Perlahan dapat Merusak Hubungan, Jangan Dibiarkan!cuplikan film Twilight: Breaking Dawn pt. 1 (dok. Summit Ent./Twilight: Breaking Dawn pt. 1)

Salah besar jika kamu ingin mengubah pasangan. Bukankah sebelumnya kamu menerimanya dengan segala kekurangannya. Mengapa akhirnya tiba-tiba ingin membuat dirinya berubah. Apakah karena pasanganmu tersebut tidak memenuhi ekspektasimu yang telah kamu bangun jauh-jauh sebelum berpacaran dengannya?

Setiap orang memang dapat berubah, tetapi itu semua karena keinginannya. Bukan seharusnya kamu memaksa dia berubah untuk memenuhi keinginanmu. Apabila kamu tidak bisa menerima segala kekurangannya, berarti pasanganmu tersebut memang bukan orang yang tepat untukmu.

Ada banyak sekali faktor yang dapat merusak suatu hubungan. Pasangan yang selesai di tengah jalan tidak melulu dikarenakan orang ketiga. Terkadang masalahnya ada pada diri mereka sendiri, seperti kelima hal di atas yang perlu kamu tahu.

Baca Juga: 5 Tanda Dirimu Terjebak dalam Hubungan Cinta Sepihak

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya