Comscore Tracker

Jangan Gegabah, Lakukan 5 Hal Ini saat Mulai Menyukai Sahabat Sendiri

Biar persahabatanmu gak berantakan

Kita tidak pernah tahu akan jatuh cinta terhadap siapa. Nyatanya hati terkadang tidak pernah sejalan dengan otak. Mungkin kamu berusaha keras untuk tidak menyukai sahabat sendiri, namun, hati tidak pernah bisa dibohongi. Pasti pada akhirnya kamu akan menyadari bahwa kamu telah menaruh perasaan pada sahabatmu tersebut.

Kasus jatuh cinta dengan sahabat sendiri memang terbilang lumrah terjadi. Mengingat perasaan cinta hadir karena terbiasa. Apalagi jika kamu sudah merasa nyaman bersamanya. Namun, banyak sekali yang takut untuk mengungkapkan perasaannya karena takut akan kehilangan sahabatnya tersebut.

Memang diperlukan kehati-hatian dan jangan sampai gegabah jika menyangkut soal cinta. Lebih baik lakukan lima hal ini ketika kamu menyukai sahabat sendiri.

1. Pastikan perasaanmu itu melebihi rasa suka terhadap sahabat

Jangan Gegabah, Lakukan 5 Hal Ini saat Mulai Menyukai Sahabat Sendiriimdb.com

Terkadang kita dibingungkan dengan perasaan dan hati kita sendiri. Apakah kita benar-benar mencintai orang tersebut atau hanya menyukai rasa nyaman yang diberikan olehnya. Ketika menyadari bahwa kamu sedang menyukainya, pastikan perasaanmu itu memang melebihi suka terhadap sahabat. 

Jangan sampai saat kamu sudah berpacaran dengannya, kamu baru sadar bahwa perasaanmu hanya sebatas sayang terhadap sahabat. Kamu merasa nyaman bersamanya karena sudah merasa seperti keluarga sendiri dan bukan melihatnya sebagai sosok orang lain yang patut kamu cintai. Jika, hanya sebatas ini berarti kamu tidak benar-benar ingin memilikinya sebagai kekasih.

2. Jangan mengumbar soal perasaanmu

Jangan Gegabah, Lakukan 5 Hal Ini saat Mulai Menyukai Sahabat Sendiriimdb.com

Jika kamu menghargai dirinya sebagai sahabatmu, jangan sampai mengumbar perasaanmu terhadap dirinya pada orang lain. Misalnya kamu menceritakan tentang rasa sukamu itu pada seluruh teman sekelasmu. Hal ini tentu sangat berisiko terhadap persahabatanmu dengan dirinya.

Bisa jadi dia malah berbalik membencimu karena memutuskan untuk memberi orang lain terlebih dahulu ketimbang dirinya. Lebih baik untuk tetap berpura-pura biasa saja untuk sementara sambil menunggu waktu yang tepat untuk mengatakan yang sejujurnya.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kenapa Sahabat Mengabaikanmu Semenjak Pacaran

3. Cari tahu apakah ia sedang berpacaran atau menyukai orang lain

Jangan Gegabah, Lakukan 5 Hal Ini saat Mulai Menyukai Sahabat Sendiriimdb.com

Tentu rasanya akan sakit jika menyukai orang yang ternyata sudah memiliki pasangan. Terkadang kita memilih untuk tidak tahu mengenai hubungan asmara orang yang kita sukai untuk meminimalisir sakit hati. Namun, tetap saja kamu harus mencoba mencari tahu apakah sahabatmu tersebut sudah memiliki kekasih atau mungkin sedang menyukai seseorang.

Informasi tersebut bisa menjadi pertimbangan apakah kamu harus mengatakan perasaanmu atau lebih baik menyimpannya saja. Mungkin bisa saja saat kamu menggali info soal siapa yang sedang disukainya, kamu akan terkejut ketika menemukan fakta ternyata kamu adalah orangnya. Meski hidup tidak selalu indah seperti film-film kebanyakan, tidak ada salahnya untuk mencoba mencari tahu, kan?

4. Pertimbangkan apakah dia sosok yang tepat untuk menjadi kekasihmu

Jangan Gegabah, Lakukan 5 Hal Ini saat Mulai Menyukai Sahabat Sendiriimdb.com

Sahabat dan pacar adalah dua sosok yang berbeda. Sebelum memutuskan untuk memberitahunya, pikirkan terlebih dahulu apakah sahabatmu itu akan menjadi sosok pasangan yang tepat untukmu. Jangan sampai nanti hubunganmu berakhir karena kamu tidak tahan dengan pacar rasa sahabat alias tidak terlalu banyak momen romantis di antara kalian berdua.

Jika kamu sudah terlanjur berpacaran dengannya dan ternyata dia lebih cocok menjadi sahabat saja, hal ini tentu akan bisa merusak hubungan kalian sebagai sahabat. Oleh karena itu, pikirkan matang-matang mengenai masalah ini sebelum mengungkapkan perasaanmu.

5. Jangan memaksa keadaan

Jangan Gegabah, Lakukan 5 Hal Ini saat Mulai Menyukai Sahabat Sendiriimdb.com

Apabila memang dirinya tidak memiliki perasaan yang sama sepertimu, lebih baik untuk tidak memaksa keadaan. Jangan sampai persahabatanmu rusak karena kamu memohon dia untuk menerimamu sebagai kekasihnya. Atau mungkin kamu malah memiliki rencana lain untuk membuatnya jatuh cinta padamu. Misalnya dengan membuat dia dan pacarnya putus. Well, cara ini tentu salah besar.

Jika memang dia bukan jodohmu, masih banyak orang di dunia ini yang mungkin kelak akan menjadi pilihan tepat untuk bersamamu. Jadi, jangan terlalu keras pada diri sendiri saat cintamu berakhir sebelah tangan.

Biar tidak gegabah, itulah lima hal yang sebaiknya kamu lakukan saat sedang menyukai sahabat sendiri. Kira-kira apakah kamu sedang mengalaminya saat ini gak, nih?

Baca Juga: 5 Pantangan Sikap Ketika Sahabat yang Putus Cinta Curhat ke Kamu

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya