Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Sedang Menjalani Hubungan yang Sehat, Pertahankan!

Selamat, kamu gak terjebak toxic relationship

Tidak selamanya hubungan asmara akan selalu berjalan mulus. Karena tentu ada kerikil-kerikil yang membuat jalan berliku-liku. Sehingga terkadang hubunganmu terdapat pertengkaran-pertengkaran kecil. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Karena hal tersebut memang sudah biasa dalam suatu hubungan.

Yang berbahaya adalah saat kamu menjalani hubungan beracun atau toxic relationship. Hubungan yang seperti ini malah cenderung merusak dirimu perlahan. Agar kamu tahu apakah hubunganmu termasuk sehat atau tidak, perhatikan kelima ciri berikut ini.

1. Dapat bekerja sama dengan baik

5 Tanda Kamu Sedang Menjalani Hubungan yang Sehat, Pertahankan!pixabay.com/free-photos

Tidak selamanya sebuah pasangan dapat menjadi partner yang baik. Terkadang mereka tidak memiliki kemampuan untuk bekerja sama. Sehingga cenderung melakukan segala sesuatu secara individu meskipun hal tersebut untuk kepentingan bersama.

Jika kamu dan pasanganmu dapat mengerjakan sesuatu dengan baik ketika bersama. Bisa jadi kalian berdua memang memiliki hubungan yang sangat dekat. Sehingga dapat saling mengandalkan satu sama lain.

2. Memiliki rasa empati satu sama lain

5 Tanda Kamu Sedang Menjalani Hubungan yang Sehat, Pertahankan!pixabay.com/Stocksnap

Apakah ketika pasanganmu mengalami suatu musibah, kamu merasa kasihan dan ingin menolongnya? Jika iya, berarti kamu memiliki empati terhadapnya. Meski sepele, hal ini menjadi salah satu ciri jika hubunganmu termasuk sehat, lho.

Karena jika kalian berdua sama-sama cuek dan tidak peduli terhadap masalah satu sama lain, bisa dibilang kamu dan dia hanya terjebak dalam suatu hubungan tanpa rasa cinta dan kasih sayang. Wah, pasti gak mau dong kalau begini.

Baca Juga: Patut Dipertahankan, Ini 5 Tanda Kamu Memiliki Hubungan yang Sehat

3. Mau mengalah

5 Tanda Kamu Sedang Menjalani Hubungan yang Sehat, Pertahankan!pixabay.com/3194556

Suatu pertengkaran yang terjadi dapat terselesaikan jika salah satu dari mereka bersedia mengalah. Berbeda jika keduanya sama-sama keras kepala. Sampai kapan pun pasti masalah tersebut gak bakal berakhir. Oleh karena itu, sikap mau mengalah sangat diperlukan nih dalam suatu hubungan.

Jangan sampai kamu dan pasanganmu selalu ingin menang sendiri. Cobalah untuk mengalah sekali-kali demi mempertahankan hubungan. Jika pasanganmu sering mengalah karena takut kehilanganmu, dia termasuk orang yang wajib kamu pertahankan.

4. Berbagi hobi dan ketertarikan

5 Tanda Kamu Sedang Menjalani Hubungan yang Sehat, Pertahankan!pixabay.com/CHENA

Tentu rasanya akan menyenangkan saat kamu dapat melakukan hobi bersama orang tercintamu. Apalagi jika kalian berdua saling berbagi hobi. Dia akan menemanimu melakukan sesuatu yang kamu sukai dan begitu pula sebaliknya. 

Bahkan sampai terlalu sering menemanimu, dia sampai ikutan suka. Kalau hubunganmu seperti ini, selamat kamu sudah menjalin hubungan yang sehat.

5. Komunikasi berjalan baik

5 Tanda Kamu Sedang Menjalani Hubungan yang Sehat, Pertahankan!pixabay.com/5688709

Komunikasi adalah kunci hubungan dapat berjalan dengan baik. Jadi, jangan heran jika banyak pasangan putus karena kurangnya komunikasi di antara mereka. Karena untuk mempertahankan hubungan, kamu harus membuat komunikasi di antara kalian rutin terjalin.

Dari menyempatkan waktu untuk telepon dan mengirim pesan serta jangan lupa untuk bertemu secara langsung agar dapat melepas rindu. Ketika kamu menjaga komunikasimu dengannya, dijamin deh hubunganmu bakal langgeng.

Itulah 5 tanda kamu sudah menjalani hubungan yang sehat. Jika kamu menemukan kelima ciri di atas di hubunganmu saat ini, pertahankan ya, guys!

Baca Juga: 10 Gaya Pacaran Sehat Biar Hubungan Kalian Bisa Sampai Pernikahan

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya