Comscore Tracker

Diajak Balikan? Ini 7 Tanda Mantan Berhak Dapat Kesempatan Kedua

Gak ada salahnya balikan sama mantan, kok!

Selalu ada alasan tertentu suatu pasangan memutuskan untuk berpisah. Tetapi tidak dapat dipungkiri jika selalu saja ada kemungkinan mantan akan ngajak balikan. Hal seperti ini sering kali menjadi dilema tersendiri. Kamu bingung harus menerima dia kembali atau tidak.

Sebenarnya banyak sekali pertimbangan yang harus kamu pikirkan sebelum balikan lagi dengan mantan. Jika kamu menemukan ketujuh tanda di bawah ini pada dirinya, maka dia berhak mendapatkan kesempatan kedua. Kira-kira apa saja sih?

1. Dia berusaha keras untuk berubah

Diajak Balikan? Ini 7 Tanda Mantan Berhak Dapat Kesempatan Keduaimdb.com

Berubah menjadi lebih baik bukan merupakan perkara gampang. Apalagi tidak semua orang bersedia untuk mengubah apa yang sudah menjadi tabiatnya. Namun, jika kamu melihat mantanmu bersungguh-sungguh untuk berubah, bisa jadi ia memang serius untuk mengajakmu balikan.

2. Ia membiarkanmu memilih pilihanmu

Diajak Balikan? Ini 7 Tanda Mantan Berhak Dapat Kesempatan Keduaimdb.com

Jika dia memang tulus dalam mengajak balikan, maka ia tidak akan memaksamu untuk menerimanya kembali. Dia membiarkan kamu memutuskan sendiri tanpa harus memberi tekanan. Dia juga tidak akan memaksa jika hal ini malah akan menyakitimu.

Jika dia berlaku demikian, dapat dikatakan ia cukup berhak untuk menerima kesempatan kedua darimu.

3. Ia meminta maaf dengan tulus

Diajak Balikan? Ini 7 Tanda Mantan Berhak Dapat Kesempatan Keduaimdb.com

Kita cenderung bisa mengartikan apakah seseorang benar-benar tulus ketika meminta maaf atau tidak. Apabila mantanmu terlihat sangat menyesal dan mengakui kesalahannya. Ia sudah berani mengambil langkah serius. Karena siapapun tahu bahwa minta maaf bagi sebagian orang bukan perkara gampang. Terutama untuk mereka yang berego tinggi.

Baca Juga: Menurut Ahli, Ini 7 Tanda Kamu Belum Siap 'Berteman' dengan Mantan

4. Kamu merasa bahagia saat bersamanya

Diajak Balikan? Ini 7 Tanda Mantan Berhak Dapat Kesempatan Keduaimdb.com

Kamu harus bisa tahu, apakah dengan bersamanya dapat membuatmu bahagia atau tidak. Jika keberadaannya hanya akan memunculkan rasa sakit, lebih baik untuk menolaknya secara halus. Namun, apabila kamu merasa nyaman dengan adanya dia di sampingmu, mungkin kamu dan dirinya memang ditakdirkan untuk menjalin hubungan kembali.

5. Dia tidak pernah melakukan kesalahan fatal

Diajak Balikan? Ini 7 Tanda Mantan Berhak Dapat Kesempatan Keduaimdb.com

Terkadang ada beberapa kesalahan yang harus tidak kamu abaikan. Jika di masa lalu, ia tidak pernah berbuat kesalahan yang membuatmu trauma, maka tidak masalah untuk kembali bersamanya. Tetapi jika dia pernah melakukan kekerasan baik secara fisik maupun psikis, ada baiknya kamu tidak menerimanya kembali.

Karena tidak ada jaminan ia gak akan mengulangi kesalahan yang sama seperti sebelumnya. Kamu pun harus pandai memilah mana kesalahan yang bisa dimaafkan dan mana yang tidak.

6. Dia dan kamu tidak sedang menjalin hubungan dengan orang lain

Diajak Balikan? Ini 7 Tanda Mantan Berhak Dapat Kesempatan Keduaimdb.com

Sebelum memutuskan untuk balikan dengan mantan, pastikan tidak akan ada pihak yang tersakiti. Jika kamu maupun dirinya sedang menjalin hubungan dengan orang lain, maka keputusanmu ini  akan menyakiti perasaan pasanganmu. Namun, jika kalian berdua sedang single kali ini. Tidak ada salahnya untuk mencoba.

7. Kamu bisa mempercayai dirinya

Diajak Balikan? Ini 7 Tanda Mantan Berhak Dapat Kesempatan Keduaimdb.com

Terkadang hati tidak dapat berbohong. Jika hatimu sudah yakin dengan keputusanmu dan kamu bisa mempercayai dirinya, mungkin memang ini merupakan jalan terbaik untuk hubunganmu. Terlebih ada banyak contoh pasangan yang sempat putus namun balikan lagi dan bertahan sampai ke pelaminan.

Cukup yakinkan hatimu apa kamu benar-benar bisa mempercayai dia kali ini. Hilangkan keraguan dalam benakmu sebelum memutuskan untuk menerimanya kembali.

Itulah tujuh hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memberi mantan kesempatan kedua. Jangan sampai salah langkah, ya!

Baca Juga: 5 Risiko yang Harus Kamu Hadapi Ketika Memilih Berteman Sama Mantan

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya