Comscore Tracker

5 Tanda Nyata Kamu Menjalani Hubungan Tidak Sehat, Segera Akhiri!

Jangan mempertahankan toxic relationship!

Tidak semua orang menyadari bagaimana hubungan mereka. Bahkan sedikit orang yang mau mengakui jika hubungan mereka termasuk tidak sehat. Nyatanya manusia cenderung mempertahankan hubungan mereka meskipun menyakitkan karena tidak ingin sendiri.

Padahal hubungan yang tidak sehat malah akan membuatmu tersiksa. Semakin lama kamu mempertahankannya, rasa sakitnya akan semakin bertambah. Daripada kamu dirugikan dengan hubungan tidak sehat, lebih baik kamu mengakhirinya jika menemukan kelima tanda di bawah ini.

1. Kamu lebih sering merasa sakit hati daripada bahagia saat bersamanya

5 Tanda Nyata Kamu Menjalani Hubungan Tidak Sehat, Segera Akhiri!imdb.com

Salah satu tujuan dari menjalin hubungan yaitu untuk mendapatkan kebahagiaan. Namun, apa jadinya jika kamu malah sering merasakan sakit hati alih-alih bahagia ketika bersamanya. Dari pertengkaran yang tiada ujung sampai perselingkuhan. Semua itu tanda kamu sedang menjalani hubungan tidak sehat.

2. Dia memaksamu untuk berubah

5 Tanda Nyata Kamu Menjalani Hubungan Tidak Sehat, Segera Akhiri!imdb.com

Ketika pasanganmu memintamu untuk berubah menjadi seseorang yang lebih baik tentu hal wajar. Berbeda jika dia selalu memaksamu untuk menuruti segala keinginannya. Dari cara berpakaian hingga segalanya. Kamu dipaksa untuk menjadi orang lain yang bukan dirimu sendiri.

Hal ini berarti dia belum mampu mencintaimu apa adanya. Dan tentu akan melelahkan saat kamu harus berpura-pura menjadi orang lain untuk membuatnya senang. Daripada kamu harus membohongi dirimu sendiri, ada ada baiknya kamu merelakan hubungan tidak sehatmu ini.

Baca Juga: Inilah 5 Tanda Kamu Punya Hubungan Karma dengan Seseorang

3. Hubunganmu tidak membuatmu berkembang sebagai individu

5 Tanda Nyata Kamu Menjalani Hubungan Tidak Sehat, Segera Akhiri!imdb.com

Sebagai individu, manusia tentu memiliki mimpi dan keinginan yang ingin dicapai. Hal tersebut yang akan membuatmu berkembang. Namun jika pasanganmu selalu membuatmu stuck di titik tertentu. Bisa jadi kamu memang sedang menjalani hubungan tidak sehat.

Alih-alih mendukung keinginanmu, dia malah membuatmu merasa tidak mampu menggapai mimpimu. Bahkan jika dia sampai melarangmu melakukan hal-hal yang kamu senangi karena keegoisannya. Jika sudah seperti ini, tidak ada ruginya kok memutuskan pasangan yang bertingkah laku demikian.

4. Dia selalu menyakitimu baik secara emosional maupun verbal

5 Tanda Nyata Kamu Menjalani Hubungan Tidak Sehat, Segera Akhiri!imdb.com

Jika kamu bertahan padahal pasanganmu sudah berulang kali menyakitimu, kamu sendiri yang akan merugi. Jika saat masih pacaran saja dia sudah berani berlaku kasar dan menyakitimu baik secara mental maupun verbal, terdapat kemungkinan dia akan bertindak lebih dari itu saat sudah menikah nanti.

Sehingga mempertahankan pasangan yang selalu kasar padamu bukanlah pilihan yang bijak. Meski setiap orang dapat berubah terapi tidak semua orang bersedia untuk berubah. Jadi, jangan membuang waktumu menunggu dia berubah menjadi lembut.

5. Selama ini kamu berjuang sendiri

5 Tanda Nyata Kamu Menjalani Hubungan Tidak Sehat, Segera Akhiri!imdb.com

Jika selama ini pasanganmu tidak berkontribusi sama sekali untuk memperjuangkan cinta kalian, berarti hubunganmu termasuk tidak sehat. Karena kamu selalu meluangkan waktu dan uang untuk membuatnya bahagia. Sedangkan dia tidak bersedia mengorbankan hal yang sama.

Mempertahankan hubungan yang kamu perjuangan sendiri tentu sama saja dengan menyia-nyiakan waktu. Di luar sana masih banyak orang yang bersedia untuk kamu ajak berjuang bersama.

Itulah lima tanda nyata kamu sedang menjalani hubungan tidak sehat. Segera pikiran matang-matang biar kamu tidak merugi nantinya.

Baca Juga: 5 Tanda Ini Menunjukkan Hubungan Pertemananmu Sudah Gak Sehat Lagi

Emma Kaes Photo Community Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You