Comscore Tracker

Terlalu Mengatur, 5 Tanda Kamu Termasuk Tipe Pasangan Toksik

Paling suka mengekang pasangan

Pernahkah kamu berpikir mengapa semua hubungan percintaanmu selalu berakhir tidak baik? Atau mengapa kamu dan pasangan selalu bertengkar setiap saat? Mungkin masalahnya sebenarnya ada pada diri kamu. Bisa saja sebagai kekasih, kamu terlalu mengekang pasanganmu. Bahkan sampai terkesan mengontrol hidupnya.

Meski kamu dan dia adala sepasang kekasih, bukan berarti kamu bisa ikut mencampuri hidupnya. Terkadang kita juga harus menentukan batas agar pasangan tidak merasa seperti ‘dipenjara’ ketika bersamamu. Sayangnya sifat toxic ini seringkali tidak disadari oleh diri sendiri. Namun, kamu dapat memperhatikan kelima ciri-ciri berikut ini.

1. Kamu menjauhkan dia dari keluarga dan teman-temannya 

Terlalu Mengatur, 5 Tanda Kamu Termasuk Tipe Pasangan ToksikCuplikan serial Elite (dok. Netflix)

Tidak jarang kita memang ingin menghabiskan banyak waktu bersama pasangan. Tetapi bukan berarti sampai membuat dia tidak bisa bertemu keluarga maupun teman-temannya. Kamu termasuk tipe pasangan yang pengekang jika selalu melarang pasanganmu bertemu orang-orang terdekatnya.

Perlu kamu ketahui bahwa dia juga membutuhkan kehadiran keluarga dan teman-temannya. Mungkin kamu merasa ini yang terbaik untuk hubungan kalian. Padahal sebenarnya kamu bersikap egois karena menjauhkan dia dari orang-orang yang dia sayang.

2. Kamu sering membuat dia merasa bersalah 

Terlalu Mengatur, 5 Tanda Kamu Termasuk Tipe Pasangan ToksikCuplikan film After (dok. CalMaple)

Tidak ada orang yang ingin membuat kesalahan dan mengecewakan pasangannya. Tetapi kamu selalu membesarkan segala kesalahan yang ia buat. Padahal dia juga sudah meminta maaf padamu dengan tulus. Namun, kamu malah sering mengungkit-ungkitnya kembali sehingga membuat dia selalu merasa bersalah.

Guilt trip dapat membuat pasangan memiliki anxiety atau kecemasan berlebihan. Mereka akan selalu khawatir membuat kesalahan yang dapat membuat pasangannya marah. Mereka juga bisa menjadi selalu menyalahkan diri sendiri. Oleh karena itu, kamu harus berhenti melakukan ini sekarang juga.

3. Selalu mengancam putus atau melukai diri sendiri 

Terlalu Mengatur, 5 Tanda Kamu Termasuk Tipe Pasangan ToksikCuplikan serial Elite (dok. Netflix)

Dengan selalu mengancam akan putus, berarti kamu menjadikan hubunganmu hanya berdasarkan espektasimu. Kamu membuat pasangan selalu menuruti kemauanmu karena jika tidak kamu akan meminta putus. Apabila sesuatu tidak sesuai kehendakmu, kamu pun kembali mengulangi hal yang sama.

Selain putus, ada juga yang mengancam akan melukai diri sendiri. Kamu berharap pasanganmu tidak sampai hati membiarkanmu melukai diri sendiri dengan menuruti keinginanmu. Pada dasarnya kamu yang mengontrol dia dan juga hubunganmu.

Baca Juga: 5 Cara Menghentikan Rantai Toxic Parenting dalam Keluarga

4. Selalu cemburu berlebihan 

Terlalu Mengatur, 5 Tanda Kamu Termasuk Tipe Pasangan ToksikCuplikan film The Duff (dok. Granville)

Cemburu jika dilakukan berlebihan sangatlah tidak baik. Apalagi jika kamu sampai marah karena ada orang lawan jenis yang mengajak ngobrol pasanganmu. Bahkan kamu juga selalu membuka ponsel atau akun media sosialnya untuk mengecek apakah dia berkirim pesan dengan teman lawan jenisnya.

Kunci dari sebuah hubungan sendiri adalah rasa percaya. Kamu harus mulai mempercayai pasangan bahwa dia tidak akan selingkuh. Bagaimana kamu bisa membangun hubungan jika kamu sendiri kurang rasa percaya pada pasangan. Malahan yang ada kamu malah menjadi parnoan karena selalu cemburu dan menganggap pasangan akan selingkuh.

5. Kamu tidak pernah memberi dia waktu sendiri 

Terlalu Mengatur, 5 Tanda Kamu Termasuk Tipe Pasangan ToksikCuplikan film After (dok. CalMaple)

Walaupun sudah menjadi sepasang kekasih, bukan berarti kamu dan dia harus menghabiskan waktu bersama 24 jam penuh. Kita juga perlu memberi pasangan waktu untuk sendiri. Dia mungkin memiliki sesuatu yang ingin dikerjakan. Jangan sampai kamu merampas semua waktu luangnya untuk selalu bersamamu.

Biarkan pasangan memiliki waktu me time untuk melakukan sesuatu yang disukainya. Mungkin dengan itu, dia bisa mengasah potensinya. Hubungan yang baik adalah ketika kedua orang yang saling mencintai tersebut dapat sama-sama berkembang.

Terkadang niat kita untuk mengatur pasangan adalah karena takut kehilangannya. Namun, dengan mengekangnya kamu juga bisa kehilangan dirinya. Oleh karena itu, segera hentikan kelima hal toxic di atas sebelum terlambat, ya!

Baca Juga: 7 Cara Jauhi Toxic Positivity Ketika Teman Sedang Berduka 

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya