Comscore Tracker

7 Tanda Ini Buktikan Kalau Kamu Belum Siap Berteman dengan Mantan

Nggak usah maksa kalau memang belum siap

Bagi sebagian orang, tetap berteman atau menjalin silaturahmi dengan mantan adalah bentuk dari kedewasaan sikap dan pikiran. Bagaimanapun, mantan adalah orang yang pernah mengisi hari-harimu. Tentu saja kamu masih menyimpan rasa peduli padanya, tergantung bagaimana cara kalian mengakhiri hubungan, dan seberapa jauh ikatan emosional di antara kalian.

Namun, memutuskan berteman dengan mantan tanpa persiapan dan pertimbangan apapun tidak akan membuat hubungan kalian menjadi lebih baik, justru malah bisa mengganggu proses move onmu. Hindari berteman dengan mantan jika kamu masih punya gejala ini : 

1. Masih ada rasa yang belum selesai di hatimu

7 Tanda Ini Buktikan Kalau Kamu Belum Siap Berteman dengan MantanUnsplash.com / Anthony Tran

Setelah hubungan asmaramu dengannya berakhir, kamu pasti butuh waktu untuk move on. Selama proses move on ini, kamu bebas mengekspresikan semua perasaanmu hingga rasa sakit akibat kehilangan dan amarah yang ada di hatimu benar-benar hilang tak berbekas.

Jika kamu masih menyimpan berbagai bentuk emosi seperti amarah, kesedihan, frustasi, penyangkalan, dan semua rasa tidak nyaman di hatimu, itu tandanya kamu belum benar-benar siap berteman dengan mantan.

2. Membicarakan mantan selalu saja membuatmu emosional

7 Tanda Ini Buktikan Kalau Kamu Belum Siap Berteman dengan MantanUnsplash.com / Ben White

Kalau ada temanmu yang tak sengaja memulai obrolan tentang mantan, kamu akan menanggapinya biasa saja, tidak berlebihan. Kamu tidak lagi menangis, mengomel, atau terpancing amarahmu saat mendengar apapun yang berhubungan dengan mantan. Ini pertanda kalau kamu sudah bisa menerima bahwa hubunganmu dengannya sudah berakhir, dan kamu sudah bisa mengambil hikmah di balik kandasnya hubungan kalian ini.

Namun, kalau kamu justru bersikap sebaliknya, ini tandanya kamu belum siap berteman dengan mantan. 

3. Bayangan mantan yang menjalin hubungan baru dengan orang lain membuatmu galau

7 Tanda Ini Buktikan Kalau Kamu Belum Siap Berteman dengan Mantanthemoviedb.org

Hubungan pertemanan lumrahnya membicarakan apapun tentang kehidupan yang sedang dijalani, termasuk kisah asmara di dalamnya. Kalau hanya membayangkan mantanmu bersama kekasih barunya saja sudah membuatmu terluka, bagaimana mungkin kamu bisa berteman baik dengannya?

4. Masih berharap dan selalu membayangkan bisa balikan sama mantan

7 Tanda Ini Buktikan Kalau Kamu Belum Siap Berteman dengan MantanUnsplash.com / Priscilla Du Preez

Jujurlah pada dirimu sendiri, apa sebenarnya motivasimu masih ingin berteman dengan mantan? Apa kamu masih menyimpan harapan untuk balikan sama mantan? Jika ya, lebih baik urungkan niatmu ini. Bisa jadi ini malah akan semakin memperparah lukamu, jika ternyata mantan tidak ingin balikan. Kamu akan semakin kecewa dan tersakiti. Tentu saja ini bisa merusak proses move on yang sudah kamu jalani sebelumnya.

Baca Juga: Mantan Pacar Teman Mendekatimu? 6 Hal Ini yang Harus Kamu Lakukan

5. Merasa kesepian

7 Tanda Ini Buktikan Kalau Kamu Belum Siap Berteman dengan MantanUnsplash.com / Yuris Alhumaydy

Berbagai aktivitas yang biasanya kalian lakukan berdua tiba-tiba lenyap, sekarang kamu melakukan semuanya sendiri. Tak ada lagi yang memperhatikanmu, tak ada lagi yang harus kamu hujani perhatian. Kamu mulai merasa ada kekosongan dalam hidupmu. Perasaan inilah yang akhirnya mendorongmu untuk kembali mendekati mantan dengan dalih hubungan pertemanan.

Ingat, hal ini bukanlah solusi atas rasa kesepianmu karena hanya akan membuatmu merasa nyaman sesaat saja. Masalah baru akan kembali muncul karena hubungan baru kalian yang menggantung, penuh ketidakpastian.

6. Masih ngepoin media sosial mantan dan mutual friendnya

7 Tanda Ini Buktikan Kalau Kamu Belum Siap Berteman dengan MantanUnsplash.com / Thom Holmes

Keingintahuanmu tentang kehidupan baru yang dijalani mantan setelah berpisah darimu, memicumu untuk terus ngepoin media sosial mantan dan mutual friendnya. Kamu masih merasa perlu untuk memperoleh semua informasi terbaru mantan sebagai penawar rindu dan mengobati rasa penasaranmu itu. Ini bukti bahwa masih ada rasa yang tertinggal di hatimu. Yakin, masih bisa berteman tanpa ada harapan lebih?

7. Masih berharap mantan berubah menjadi sosok yang sesuai dengan keinginanmu

7 Tanda Ini Buktikan Kalau Kamu Belum Siap Berteman dengan MantanUnsplash.com / Nathan McBride

Jika penyebab kandasnya hubungan kalian adalah akibat perilaku buruk mantan atau perbedaan prinsip yang mendasar, berharap keajaiban datang untuk membuatnya berubah menjadi sosok baru seperti yang kamu inginkan adalah hal yang mustahil.

Berteman dengan harapan seperti ini hanya akan membuang-buang waktumu. Tentu saja ini akan menutup kesempatanmu segera bertemu dengan sosok impian yang lebih baik daripada mantanmu.

Nah, kalau kamu punya satu saja dari 7 tanda-tanda itu, pertimbangkan lagi keputusanmu untuk berteman dengan mantan.

Baca Juga: 5 Manfaat Menikah dengan Mantan Pacar Sahabat Sendiri

BunCan Photo Verified Writer BunCan

Seorang istri, ibu, dan seorang anak perempuan yang punya banyak mimpi, suka menulis, jalan-jalan, dan icip-icip makanan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You