Comscore Tracker

5 Cara Memperbaiki Masalah Komunikasi dalam Hubungan Asmara 

Apakah setiap berargumen selalu gak pernah terselesaikan?

Salah satu alasan yang sering muncul saat terjadi pertengkaran dalam hubungan asmara adalah komunikasi yang kurang baik. Pada dasarnya hubungan percintaan memang gak ada yang sempurna. Jika terjadi pertengkaran itu adalah hal yang wajar, bahkan bisa semakin menguatkan cinta satu sama lain.

Namun, terkadang pasangan yang gak belajar tentang cara berkomunikasi yang baik inilah penyebab munculnya konflik yang kian membesar. Saat terjadi pertengkaran di antara kalian, kemudian satu sama lain menyadari dan mau berkomunikasi dengan baik. Maka, konflik bisa teratasi dengan baik dan tanpa menimbulkan masalah baru.

Apakah kalian sering saling meremehkan, setiap berargumen gak pernah bisa terselesaikan, gak bisa berkompromi atau mungkin kurang terbuka satu sama lain? Jika iya, itu adalah tanda-tanda dari komunikasi di antara kalian mulai bermasalah. Lalu, bagaimana cara memperbaiki kembali masalah komunikasi agar hubungan bisa terselamatkan? Yuk, simak lima cara berikut ini.

1. Mengungkapkan apa yang kamu rasakan dengan jujur 

5 Cara Memperbaiki Masalah Komunikasi dalam Hubungan Asmara ilustrasi saling mengungkapkan rasa (pexels.com/Katerina Holmes)

Pasti setiap pasangan ingin mempunyai komunikasi yang lancar dan menyenangkan, bukan? Gampang, caranya adalah mulai terbuka dan jujurlah pada pasangan tentang apa yang kamu rasakan. Hal itu akan membuat hubungan kalian semakin dekat dan jika terjadi masalah, maka dapat terselesaikan secara tuntas.

Memang gak semudah membalikkan telapak tangan untuk bisa saling terbuka dan jujur pada pasangan. Namun, sebuah kejujuran akan mampu menuntun kalian ke hubungan sehat dan berkualitas baik. 

2. Jadilah pendengar yang baik 

5 Cara Memperbaiki Masalah Komunikasi dalam Hubungan Asmara ilustrasi mendengarkan (pexels.com/Katerina Holmes)

Saling mendengarkan saat pasangan bercerita dan mencoba belajar mengerti apa yang diinginkan satu sama lain, tentu hal ini akan membuat komunikasi semakin baik. Jadi, belajarlah juga untuk mau mendengarkannya, jangan hanya mau didengarkan saja.

Namun, bukan hanya masuk telinga kanan, lalu keluar telinga kiri. Kamu dan pasangan perlu fokus mendengarkan juga, agar bisa menangkap makna dari hasil pembicaraan kalian dengan baik. Semakin mampu mendengarkan, maka komunikasi yang baik dan sehat pun akan dapat terjalin.

Baca Juga: 7 Gestur yang Wajib Diperhatikan agar Komunikasi Jadi Lebih Efektif

3. Usahakan untuk selalu berkomunikasi sekitar 20 menit setiap hari 

5 Cara Memperbaiki Masalah Komunikasi dalam Hubungan Asmara ilustrasi berbicara (pexels.com/Samson Katt)

Untuk mempunyai komunikasi yang berkualitas, tentu kamu dan pasangan harus mau meluangkan waktu sekitar 15-20 menit setiap harinya untuk melakukan pembicaraan yang berkualitas demi hubungan asmara yang sehat. Jika kalian sama-sama sibuk dalam bekerja, cobalah mencari waktu dan menyempatkan untuk tetap berkomunikasi berdua.

Lakukanlah pembicaraan untuk masa depan hubungan kalian. Jika ada masalah pribadi atau ingin mendiskusikan sesuatu, bicarakan saja berdua. Ini merupakan langkah yang penting dan wajib untuk kamu jalankan, yaitu membuat jadwal untuk rutin berkomunikasi berdua, agar rasa cinta dalam hati kalian pun akan tetap ada dan terjaga dengan baik lewat komunikasi yang intens.

4. Pahami lagi dengan saksama apa yang dikatakan oleh pasangan 

5 Cara Memperbaiki Masalah Komunikasi dalam Hubungan Asmara ilustrasi percakapan (pexels.com/Mehrad Vosoughi)

Jangan terburu-buru menyimpulkan perkataan pasangan kamu. Belum tentu apa yang kamu pikirkan itu sesuai dengan apa yang dia maksudkan. Jika sedang berdebat, lalu salah satu pihak terburu-buru menyimpulkan perkataan pasangannya. Maka komunikasi yang baik dan lancar pun akan mulai terhambat.

Sebaiknya, jangan langsung emosi karena itu bisa memicu pikiran negatif terhadapnya. Jika saat berbicara dengan pasangan dan ternyata ada sesuatu yang belum jelas serta kamu masih ragu dengan apa yang dia ucapkan. Lebih baik kamu tanyakan kembali, supaya gak terjadi salah paham dan membuatmu menyimpulkan hal-hal yang negatif.

5. Tetap tenang 

5 Cara Memperbaiki Masalah Komunikasi dalam Hubungan Asmara ilustrasi tenang saat berbicara (pexels.com/Gustavo Fring)

Cara selanjutnya yang sudah sangat umum, namun sering kali terlupakan adalah menjaga emosi diri agar bisa tetap tenang. Kemarahan atau emosi negatif lainnya gak akan menyelesaikan masalah, justru akan menambah masalah. Jangan membuang energimu untuk marah-marah pada pasangan.

Berusahalah untuk selalu bisa bersikap tenang. Gak mudah memang, namun bisa kamu latih setiap harinya dan nanti lama-lama akan terbiasa. Kamu pun akan mampu mengendalikan amarah dalam situasi dan kondisi apapun. Dengan bersikap tenang, masalah komunikasi dalam hubungan asmara bisa kamu atasi dan kendalikan dengan baik.

Komunikasi yang kurang baik memang kerap menjadi pemicu pertengkaran pada hubungan percintaan, dan itu bisa menimpa siapa saja. Nah, kelima cara di atas bisa membantumu dalam memperbaiki masalah komunikasi dalam hubungan asmara, agar konflik selalu bisa terselesaikan dengan baik, serta keharmonisan bisa kalian rasakan setiap harinya.

Baca Juga: 5 Tanda Pasangan Suka Mengontrol, Bikin Hubungan Gak Harmonis!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya