Comscore Tracker

5 Solusi Untukmu yang Masih Ragu Maju atau Mundur dari Hubungan Serius

Biar gak mengganggu kenyamanan dalam hubungan cinta kalian

Apakah saat ini kamu sedang merasakan keraguan dalam menjalani hubungan? Masih bingung antara mau melanjutkan hubungan ke tahap yang lebih serius, atau mau mundur dari hubungan saat ini. Hal tersebut bisa dirasakan oleh siapa saja, terlebih sering kali dirasakan oleh pasangan yang akan melangkah ke jenjang pernikahan.

Menjalin cinta itu harus saling percaya kepada satu sama lain, namun jika kamu memiliki rasa ragu terhadap pasangan, tentu kebahagiaan dalam hubungan akan sulit untuk diwujudkan. Merasa masih ragu terhadap hubungan kalian atau terhadap pasanganmu, itu memang cukup wajar. Akan tetapi, kamu harus tetap menemukan solusi atas keraguanmu tersebut, supaya kenyamanan dalam hubungan cinta kalian akan tetap ada. Berikut lima solusi yang bisa kamu lakukan.

1. Perkuat lagi keyakinanmu terhadap pasangan 

5 Solusi Untukmu yang Masih Ragu Maju atau Mundur dari Hubungan Seriusilustrasi saling percaya (pexels.com/Pixabay)

Salah satu cara yang bisa menjadi solusi tepat ketika muncul keraguan terhadap pasangan yaitu, dengan menguatkan lagi keyakinan diri terhadap pasanganmu. Memang ada beberapa hal yang dapat memicu melemahnya keyakinanmu kepada pasangan. Misalnya, terlalu lama menjalani hubungan jarak jauh, sudah mulai jarang bertemu, komunikasi terhambat, dan sebagainya.

Akan tetapi, jangan sampai hal-hal tersebut membuatmu gak semangat dan putus asa dalam meyakinkan dirimu dalam memberikan kepercayaan kepada pasanganmu. Teruslah berusaha untuk memperkuat keyakinanmu dalam menjalin hubungan percintaan dengan pasangan. Pertimbangkan kembali juga mengenai keseriusannya padamu. Hal-hal demikian dapat membuat kamu menjadi lebih yakin lagi kepada pasanganmu.

2. Ajaklah pasanganmu berbicara empat mata 

5 Solusi Untukmu yang Masih Ragu Maju atau Mundur dari Hubungan Seriusilustrasi sedang berbicara (pexels.com/Ba Tik)

Berbicara adalah bagian dari komunikasi. Komunikasi yang baik merupakan kunci dari hubungan asmara yang langgeng dan harmonis. Oleh karena itu, jika kamu mulai merasa ragu terhadap pasanganmu, cobalah ajak dia untuk berkomunikasi. Bicaralah secara empat mata mengenai hubunganmu. Sampaikan padanya tentang apa saja hal-hal yang membuatmu ragu dalam melangkah ke jenjang yang lebih serius.

Satu tips untukmu yaitu, katakanlah sumber atau penyebab kamu masih mengalami keraguan di hati. Jangan malah kamu mengatakan merasa ragu kepada dirinya. Apabila kamu mengatakan masih ragu karena dia, itu bukanlah solusi yang tepat, karena hanya akan menambah masalah dalam hubungan kalian.

Baca Juga: 5 Hal yang Boleh Kamu Tuntut saat Sudah dalam Hubungan Serius!

3. Menjadi pribadi yang selalu optimis 

5 Solusi Untukmu yang Masih Ragu Maju atau Mundur dari Hubungan Seriusilustrasi bersikap optimis (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mampu membentuk kepribadian sebagai orang yang selalu optimis, itu bisa menjadi solusi untuk mengatasi keraguan dalam hubungan asmara. Selalu memiliki harapan yang baik akan sebuah hubungan, dapat membantumu mengatasi rasa ragu dalam diri terhadap langkah-langkah dan keputusan untuk maju atau mundur dari hubungan yang sedang kamu jalani bersamanya.

Selalu bersikap optimis memanglah bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, sikap ini perlu kamu lakukan, supaya rasa ragu dalam diri terhadap hubungan yang sedang dijalani bisa secara perlahan menghilang. Belajarlah untuk menghentikan pikiran negatif yang sering muncul. Namun, berpikir positif dan bersikap optimislah terhadap hubungan kalian bahwa semua akan berjalan dengan baik dan lancar.

4. Meminta saran dari keluarga 

5 Solusi Untukmu yang Masih Ragu Maju atau Mundur dari Hubungan Seriusilustrasi percakapan (pexels.com/Liza Summer)

Solusi berikutnya bagi kamu masih ragu untuk maju atau mundur dari hubungan percintaan yaitu, meminta saran dari keluarga. Melangkah ke hubungan yang lebih serius, ada baiknya untuk kamu meminta pendapat dan saran yang terbaik dari keluarga. Namun, tentunya gak semua hal harus kamu mintakan saran, cukup hal-hal tertentu saja.

Gak ada salahnya meminta saran dari keluargamu dan keluarganya. Ungkapkan keraguan yang kamu rasakan. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan masukan dari berbagai perspektif. Pilihlah saran yang tepat dan terbaik untuk kelanjutan hubunganmu dengan pasangan. Saran dan masukan dari keluarga juga sangat membantumu dalam mengatasi keraguan dalam diri, ketika akan melangkah ke jenjang yang lebih serius lagi.

5. Ambil keputusan yang sesuai dengan kata hatimu 

5 Solusi Untukmu yang Masih Ragu Maju atau Mundur dari Hubungan Seriusilustrasi orang merenung (pexels.com/Masha Raymers)

Mengambil keputusan yang tepat merupakan solusi yang efektif untuk mengatasi keraguan dalam diri akan sebuah hubungan percintaan. Melakukan hal ini memang membutuhkan proses yang gak singkat. Tentu ada prosesnya yang harus kamu lalui sebelumnya, agar keputusan yang kamu ambil menjadi solusi terbaik.

Jangan berlarut dalam keraguan, segaralah ambil keputusan yang terbaik dan sesuai dengan kata hatimu. Mengikuti kata hati juga merupakan solusi canggih dalam menghilangkan rasa ragu saat akan melangkah ke jenjang yang lebih serius. Jangan pula mengabaikan kata hatimu sendiri saat akan mengambil keputusan. Apalagi keputusan terkait hubungan percintaan.

Itulah kelima solusi untukmu yang masih sering merasa ragu dalam hubungan percintaan. Apakah akan terus maju atau malah justru sebaliknya yaitu mundur? Munculnya keraguan dalam diri itu juga bisa bermacam-macam penyebabnya, bisa karena belum siap menikah hingga perbedaan sifat masing-masing pasangan.

Akan tetapi, kamu harus belajar menyadari bahwa setiap orang, termasuk kamu dan dia. Meskipun kalian saling cinta dan sudah lama menjalin hubungan asmara, tetap saja setiap orang pasti memiliki karakter yang berbeda.

Jadi, kesimpulan untuk solusinya adalah harus saling berkomunikasi dengan baik dan gak boleh terlalu berekspektasi yang tinggi terhadap pasangan. Inilah yang akan membuat kenyamanan dalam hubungan kalian tetap terjaga dengan baik, serta keraguan dalam diri saat membangun hubungan yang lebih serius pun dapat teratasi.

Baca Juga: 5 Zodiak Paling Serius saat Menjalin Hubungan, Tebak Siapa Saja!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya