Comscore Tracker

5 Cara Atasi Takut Kehilangan Pasangan agar Dia Gak Terkekang

Sadari bahwa setiap pertemuan itu selalu diiringi perpisahan

Saat kamu mencintai dan menyayangi seseorang, memang wajar jika kamu gak ingin berpisah serta selalu ingin berdekatan terus dengannya. Gak apa-apa, asalkan masih dalam batas yang normal. Kendalikan dirimu, supaya rasa ingin selalu bersamanya gak berubah menjadi rasa takut kehilangan yang berlebihan.

Jika kamu merasa sangat takut kehilangan pasangan, nanti kamu akan terdorong melakukan hal-hal yang justru membuat dia gak nyaman, seperti bersikap mengekang. Kalau dia gak nyaman dan merasa terkekang, malah nanti dia ingin berpisah denganmu, lho.

Nah, supaya gak sampai terjadi hal-hal yang gak kamu inginkan itu. Berikut lima cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi rasa takut kehilangan yang berlebihan terhadap orang tersayang.

1. Menyadari bahwa segala pertemuan, pasti ada kemungkinan terjadi perpisahan

5 Cara Atasi Takut Kehilangan Pasangan agar Dia Gak Terkekangilustrasi merenung (pexels.com/Lázaro Revoledo)

Jika kamu sudah menyadari hal ini di awal pertemuan dengannya, kamu gak akan sampai mengalami rasa takut yang berlebihan saat berhubungan asmara dengan dia.

Bagaikan awal dan akhir, begitu pula dengan peristiwa pertemuan. Pasti juga akan selalu diiringi perpisahan. Kalaupun hubungan gak terpisah karena sudah gak saling cinta, bisa pula perpisahan itu tetap terjadi lewat kematian, dan hal-hal lainnya yang membuat hubungan asmara kandas.

Daripada kamu lelah memikirkan hal-hal yang belum tentu terjadi. Lebih baik, kamu dan pasangan menikmati dan mensyukuri saja setiap momen yang terjadi dalam kehidupan. Jadi, santai saja, jangan malah kamu membatasi ruang geraknya.

2. Gunakan waktu kamu secara produktif 

5 Cara Atasi Takut Kehilangan Pasangan agar Dia Gak Terkekangilustrasi bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu harus paham bahwa hidup ini gak hanya tentang cinta-cintaan saja. Masih banyak persoalan yang harus kamu selesaikan. Pikirkan juga tentang masa depan pendidikan, karier, dan keluarga kamu. Fokuskan juga ke hal-hal tersebut, karena itu merupakan bagian yang penting dalam hidup.

Mengapa kamu bisa merasa sangat takut kehilangan pasangan? Bisa jadi, karena kamu hanya fokus memikirkannya saja. Akan lebih baik dan bijaksana, jika kamu bisa menyeimbangkan semuanya.

Manfaatkan waktu kamu dengan lebih produktif. Ini dilakukan agar kisah asmaramu lancar, pendidikanmu selesai tepat waktu, karier kamu berkembang terus dan hubungan dengan keluarga pun juga bisa semakin harmonis.

3. Maksimalkan waktu untuk mempererat tali kasih ketika kalian bersama 

5 Cara Atasi Takut Kehilangan Pasangan agar Dia Gak Terkekangilustrasi berkencan (pexels.com/Meruyert Gonullu)

Setiap pasangan pasti mengharapkan hubungan percintaannya langgeng, harmonis, dan bahagia. Tapi, kamu juga harus memahami bahwa halangan akan selalu hadir dalam hubungan percintaan. Kamu gak bisa menjamin bahwa hubungan kalian akan benar-benar membahagiakan, tanpa ada halangan sedikit pun yang datang.

Oleh karena itu, saat kalian sedang bersama, seperti berkencan di akhir pekan atau momen-momen berdua kalian yang lainnya. Maksimalkanlah waktu tersebut dengan baik, jangan malah saat bertemu kalian sibuk dengan ponsel masing-masing. Mengobrol santai saja, saling curhat dan membicarakan rencana masa depan hubungan juga asyik dan pastinya bisa membuat ikatan tali kasih semakin erat.

Baca Juga: 5 Sebab Takut Kehilangan Setelah Bertengkar sama Pasangan

4. Ingatlah bahwa kamu berkualitas 

5 Cara Atasi Takut Kehilangan Pasangan agar Dia Gak Terkekangilustrasi bersenda gurau (pexels.com/Katerina Holmes)

Salah satu penyebab kamu bisa merasa sangat takut kehilangan pasangan adalah rasa insecure. Kamu sering merasa dirimu banyak kurangnya, sehingga muncul rasa takut kehilangan. Oleh karena itu, coba atasi perasaan tersebut dengan mengingat kembali bahwa kamu itu juga berkualitas dan mempunyai nilai.

Rasa takut kehilangan bisa muncul karena kamu khawatir kalau pasanganmu akan tergoda dengan yang lain. Atasi rasa ini dengan mengingat lagi hal-hal apa saja yang membuat dia jatuh cinta padamu. Bisa jadi secara penampilan kamu biasa, tapi secara pribadi kamu sangat humoris dan itu yang membuat dia jatuh hati padamu.

5. Yakinlah bahwa kamu kuat menjalani hubungan ini 

5 Cara Atasi Takut Kehilangan Pasangan agar Dia Gak Terkekangilustrasi hubungan (pexels.com/Jonathan Borba)

Saat sudah mulai menjalani hubungan asmara, sebaiknya kamu sudah mempersiapkan mental juga, karena halangan dan rintangan bisa datang kapan saja. Ketika di tengah perjalanan cinta terjadi sedikit masalah, yakinkan diri bahwa kamu kuat dan mampu menghadapinya dengan baik. Buktikan kalau kamu adalah pasangan yang tangguh.

Jika kamu memiliki keyakinan yang kuat, maka rasa takut kehilangan pasangan gak akan menghantuimu. Kamu akan mampu menjalani hari dengan santai dan tetap semangat, serta tanpa beban pikiran yang membuatmu khawatir dengan masa depan hubungan.

Kehilangan seseorang yang kamu sayangi memang menyedihkan. Namun, jangan sampai rasa takut kehilangan yang berlebihanmu, membuat pasangan menjadi merasa tersakiti karena kamu jadi terdorong untuk bersikap mengekang. Segera atasi hal negatif tersebut dengan lima cara di atas.

Baca Juga: 5 Fakta untuk Atasi Ketakutan Dihakimi, Beda Pendapat Itu Wajar

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya