Comscore Tracker

5 Cara Menikmati Hari, Jangan Khawatir dengan Masa Depan

Lakukan terbaik hari ini, tanpa overthinking dengan hasilnya

Hidup ini adalah sesuatu yang seharusnya kamu jalani dengan senang hati. Apa pun situasi dan kondisinya, hanya dirimulah yang bisa menciptakan kebahagiaan sejati. Salah satu cara untuk bahagia dalam hidup yaitu, dengan menikmati hari-hari yang kamu lalui.

Waktu merupakan suatu hal yang gak bisa kamu ulang, maka jangan pernah menyia-nyiakannya dengan terus-menerus meratapi kesedihan dan keterpurukan. Nikmati saja apa yang sedang kamu hadapi, agar sepanjang harinya, kamu tetap bisa merasa senang di setiap keadaan. Berikut beberapa cara agar kamu bisa selalu bahagia menikmati hari, dan tidak perlu khawatir dengan masa depan.

1. Jangan pernah menghakimi orang lain 

5 Cara Menikmati Hari, Jangan Khawatir dengan Masa Depanilustrasi orang bersikap menghakimi (pexels.com/fauxels)

Setiap orang berhak menentukan jalan hidup maupun standar kesuksesannya masing-masing. Maka, jika suatu saat kamu melihat ada orang lain yang berbeda denganmu, sebaiknya janganlah bersikap menghakimi. Sikap yang senang menghakimi orang lain, hanya akan membuatmu gak tenang dalam menjalani hari.

Bersikaplah dewasa dan bijaksana, serta belajarlah untuk lebih menghargai perbedaan, supaya kamu gak memiliki sikap buruk ini. Menerima perbedaan dan menghormatinya, akan membuat hari-harimu terasa menyenangkan. Sehingga, setiap harinya kamu bisa menikmati segala momen yang ada.

2. Jangan pernah berharap secara berlebihan 

5 Cara Menikmati Hari, Jangan Khawatir dengan Masa Depanilustrasi berharap (pexels.com/Masha Raymers)

Berharap itu gak dilarang, malah bisa menambah semangat dalam menjalani kehidupan. Namun, apabila kamu terlalu berharap, itu juga gak baik untukmu. Memiliki harapan tentang sesuatu atau kepada orang lain, dapat memicumu menjadi seseorang yang mudah gelisah dalam menjalani hari.

Apabila kamu mengharapkan sesuatu, pastikanlah dengan cara yang wajar dan biasa saja. Jangan sampai terlalu berlebihan, karena jika harapanmu tak terwujud, nantinya rasa kecewamu bisa semakin menyiksa. Apabila kamu sudah kecewa, maka jelas hari-hari yang kamu lalui gak akan bisa terasa nikmat.

Baca Juga: 5 Tanda Sudah Menikmati Hidup, Cukup dengan yang Kamu Punya!

3. Iringi harimu dengan rasa syukur 

5 Cara Menikmati Hari, Jangan Khawatir dengan Masa Depanilustrasi bahagia karena bersyukur (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kegiatan bersyukur bisa menjadi sesuatu yang mampu memberikanmu kenikmatan di setiap harinya. Rasa syukur yang kamu ungkapan itu bisa menenangkan hati dan pikiran. Seseorang bisa menikmati hari-harinya, apabila dia selalu tenang dan damai, bukan?

Nah, satu yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kenikmatan dari hari-hari yang kamu jalani yaitu, iringilah harimu dengan selalu bersyukur. Bersyukurlah atas segala hal yang sudah kamu miliki, bersyukurlah atas ketenangan hati yang kamu rasakan, bersyukurlah juga karena dirimu masih diberikan kekuatan dalam menghadapi cobaan. Paling penting adalah bersyukurlah karena dirimu dapat meningkatkan rasa bahagia. Kebahagiaan adalah salah satu jenis kenikmatan dalam kehidupan.

4. Berjuang maksimal, tapi jangan terlalu memikirkan hasilnya 

5 Cara Menikmati Hari, Jangan Khawatir dengan Masa Depanilustrasi orang sedang overthinking (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Berusaha dan semangat berjuang memang sangat diperlukan bagi setiap orang yang ingin berhasil meraih cita-cita dan impian. Nah, ketika kamu sudah berjuang, tenangkan diri dan tak perlu terlalu memikirkan tentang hasil akhirnya. Sebab, jika kamu terpaku pada hasil yang ingin didapatkan, maka kamu akan kesulitan untuk menikmati hari.

Bukan berarti mengajarkanmu menyerah, tapi cobalah jangan terlalu keras kepada dirimu yang sudah maksimal dalam berjuang. Berikan kesempatan untuk dirimu beristirahat. Apabila sudah melakukan yang terbaik, maka hasilnya gak akan terlalu mengecewakan. Cobalah percaya kepada kemampuanmu, bahwa kamu pasti bisa meraih hasil yang optimal nantinya. Jadi, fokuskan diri pada kemajuan saja, bukan malah fokus pada hasilnya.

5. Jangan terbebani oleh apa yang akan terjadi di masa depan 

5 Cara Menikmati Hari, Jangan Khawatir dengan Masa Depanilustrasi merasa tertekan (pexels.com/Liza Summer)

Apabila kamu ingin bisa menikmati hari, maka janganlah merasa terbebani oleh apa yang akan terjadi di masa depan. Terlalu fokus pada sesuatu yang belum terjadi, hanya akan membuatmu cemas sepanjang hari. Bahkan, bukan kenikmatan yang kamu rasakan, tapi malah tekanan.

Masa depan memang perlu dirancang dengan baik, tapi jangan dijadikan sebagai beban dalam kehidupan. Ketika kamu sudah berupaya melakukan yang terbaik dihari ini, maka masa depan akan terjadi seperti apa yang telah kamu upayakan dimasa sekarang. Jadi, janganlah bebani dirimu dengan sesuatu yang belum pasti terjadi, supaya kamu bisa menikmati hari-hari.

Bagi kamu yang selalu merasa gak tenang dalam menjalani hari, atau jika kamu ingin lebih bisa menikmati hari, cobalah terapkan kelima cara di atas tadi. Hari ini gak akan bisa kamu ulangi, maka jangan sia-siakan harimu begitu saja. Jalani hidupmu dengan penuh kenikmatan, dan mulailah belajar menemukan kebahagian dalam setiap momennya. Rilekskan diri dan nikmati hari ini.

Baca Juga: 5 Cara agar Kamu Bisa Hidup di Saat Ini dan Menikmati Setiap Momen

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya