Comscore Tracker

5 Penyebab Kamu Gak Bisa Suka pada Orang yang Mencintaimu

Tak perlu memaksakan diri, karena akan menyakiti keduanya 

Siapa yang gak merasa bahagia saat dirinya dicintai oleh seseorang? Dicintai itu membuat seseorang jadi merasa istimewa. Apalagi saat ada orang yang berani terbuka dan mengungkapkan rasa cintanya padamu dan ingin menjalin hubungan serius denganmu. Pasti akan sangat membahagiakan.

Namun, bagaimana jika perasaan hatimu berbeda dengannya? Terkadang kamu memang gak bisa jatuh cinta dan menyukai seseorang yang mencintaimu begitu saja. Meskipun, berbagai cara dan usaha sudah dia lakukan untuk membuktikan cinta serta ketulusannya. Tetap saja hati gak bisa bohong, rasanya sulit sekali untuk membalas rasa cintanya.

Wajar kalau rasa bersalah itu ada, jika kamu gak membalas cinta dan kasih sayangnya. Namun, untuk memaksakan diri agar bisa menyukainya pun akan sangat menyiksa diri. Masih bingung, mengapa kamu bisa seperti itu? Yuk, simak lima penyebabnya dalam penjelasan berikut.

1. Memang kamu gak tertarik dengannya 

5 Penyebab Kamu Gak Bisa Suka pada Orang yang Mencintaimuilustrasi laki-laki dan perempuan (pexels.com/Анна Хазова)

Hati dan perasaan dari setiap orang itu berbeda-beda. Kamu gak bisa begitu saja menyukai dia yang cinta padamu, karena memang pada dasarnya kamu gak tertarik atau gak ada rasa ketertarikan secara khusus terhadapnya.

Mungkin kamu hanya menganggapnya sebagai teman akrab saja. Namun, untuk rasa yang dikatakan sebagai cinta. Kamu benar-benar gak bisa merasakan hal itu. Jika ada yang beranggapan bahwa kamu gak baik, karena membuat seseorang mengalami cinta tak berbalas. Lalu, mau bagaimana lagi? Faktanya memang gak mudah untukmu menyukainya. Daripada mencintai seseorang karena terpaksa. Lebih baik, jujurlah dan tetaplah berhubungan baik.

2. Belum terlalu mengenalnya 

5 Penyebab Kamu Gak Bisa Suka pada Orang yang Mencintaimuilustrasi memandang (pexels.com/Budgeron Bach)

Terkadang proses pendekatan yang terlalu singkat membuatmu belum bisa mengenalnya secara lebih dalam. Mungkin bisa saja kamu menyukainya, hanya karena belum terlalu kenal dia, jadi kamu gak bisa suka padanya. Sehingga, kamu masih membutuhkan waktu agar bisa saling mengenal lagi.

Tentu setiap orang ingin bersanding dengan orang yang benar-benar dia kenal dan cintai. Jadi, kamu masih memerlukan banyak waktu dan kesempatan untuk bisa mengenalnya lebih jauh dulu. Seiring berjalannya waktu bisa jadi cinta akan tumbuh di hatimu.

Baca Juga: 5 Hal yang Gak Akan Membuat Pasangan Berhenti Mencintai, Cobain!

3. Masih ragu akan keseriusannya 

5 Penyebab Kamu Gak Bisa Suka pada Orang yang Mencintaimuilustrasi percakapan (pexels.com/Keira Burton)

Kamu gak menyukai orang yang mencintaimu bisa jadi karena belum terlalu percaya akan ketulusan dan keseriusannya. Kamu masih ragu apakah dia benar-benar mencintaimu atau gak. Inilah alasan mengapa kamu ragu juga untuk menerima cintanya.

Bisa jadi karena waktu yang atau bisa juga karena ada pengalaman di masa lalu kamu yang kurang menyenangkan. Sehingga, membuatmu sulit untuk percaya pada perasaan dan perkataan orang lain terhadapmu. Khususnya dalam hal hubungan percintaan. Oleh karena itu, janganlah terburu-buru menerimanya. Gak masalah jika kamu masih membutuhkan waktu untuk itu, sampai kamu benar-benar bisa percaya dan yakin akan ketulusan dan keseriusannya padamu.

4. Masih ada cinta yang lain di hati kamu 

5 Penyebab Kamu Gak Bisa Suka pada Orang yang Mencintaimuilustrasi bersedih (pexels.com/Pixabay)

Jujurlah pada hatimu sendiri. Jika memang masih ada orang lain yang kamu cintai dari masa lalu yang membuatmu belum bisa move on. Atau mungkin, ada seseorang di hatimu yang masih sangat kamu harapkan. Sehingga, ini membuat ruang di hatimu gak bisa untuk memberikannya kepada orang yang mencintaimu saat ini.

Jangan paksakan hati dan diri untuk menerima dia. Karena jika kamu memaksakan diri untuk suka pada dia yang mencintaimu, sementara hati masih mengharapkan orang lain. Itu akan membuatmu semakin gak terarahkan.

Jadi, jujurlah pada diri dan dia. Daripada kamu menyukai seseorang dan menjalin hubungan asmara karena terpaksa, lebih baik kamu berteman biasa saja dengannya. Itu akan lebih bijak, sehingga gak akan menyakiti kedua pihak.

5. Kamu masih ada prioritas yang lain tentang masa depan 

5 Penyebab Kamu Gak Bisa Suka pada Orang yang Mencintaimuilustrasi bekerja (pexels.com/Moose Photos)

Mengapa kamu sulit atau bahkan gak menyukai orang yang mencintaimu? Bisa saja karena ada hal lain yang menjadi prioritas utamamu saat ini. Mungkin kamu sedang bersemangat dan antusias dalam hal mengejar karier. Jadi, ketika ada orang yang datang menawarkan cinta padamu. Kamu merasa gak tertarik untuk itu.

Ketika ada hal lain, seperti karier untuk masa depan yang sedang kamu prioritaskan. Ini membuat perasaanmu gak bisa begitu dalam untuk perihal asmara. Dan itu akan sangat terlihat bagaimana kamu bersikap saat menjalani hidup. Jika memang begitu, ungkapkan saja apa adanya pada dia, agar dia gak terlalu berharap padamu.

Sadari dan pahamilah bahwa hati dan perasaan itu terkadang gak bisa kamu paksakan. Jika memang kamu belum bisa membalas cinta dan kasih sayang dari seseorang yang jatuh hati padamu. Maka, bijaksanalah dan jangan memaksakan diri untuk menerima dan menjalin hubungan bersamanya.

Percaya saja, kalau dia memang seseorang yang tepat untukmu, pasti suatu saat nanti hatimu akan terbuka untuknya. Sekali lagi, bisa saja untuk sekarang ini waktulah yang benar-benar sedang kamu butuhkan. Itulah kelima alasan mengapa kamu gak menyukai orang yang mencintaimu. Tetaplah jujur pada hati dan perasaanmu, ya. Jangan memaksakan diri, karena itu bisa menyakiti banyak pihak nantinya.

Baca Juga: 5 Tanda Simpel Kamu Tidak Mencintai Dia, Gak Bisa Dipaksain!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya