Comscore Tracker

5 Tips Menyikapi Lingkungan Pergaulan yang Hobi Berpesta Pora

Hati-hati, supaya kondisi finansialmu gak terpuruk

Lingkungan pergaulan sangat memengaruhi cara hidup seseorang. Ada pergaulan yang di dalamnya terdapat orang-orang sederhana, namun ada pula lingkungan pergaulan yang isinya adalah orang-orang yang selalu berpesta pora setiap saat. Gaya hidup seperti itu merupakan gaya hidup berfoya-foya alias suka menghamburkan uang.

Berpesta itu gak dilarang, hanya saja ada batasannya. Dalam arti, janganlah setiap saat selalu berhura-hura dan bersenang-senang semalaman, dengan cara berpesta dan menghamburkan banyak uang. Apakah saat ini kamu sedang berada dalam lingkungan pergaulan yang seperti itu? Jika iya, segeralah ambil sikap bijak untuk menghadapinya.

Apabila kamu terus menerus mengikuti gaya hidup berfoya-foya seperti teman-temanmu itu, maka bersiap-siaplah mengalami kondisi finansial yang terpuruk. Gak perlu langsung menjauhi teman-temanmu, namun sikapilah secara bijak dengan lima tips berikut.

1. Cobalah belajar mengatur kondisi keuanganmu 

5 Tips Menyikapi Lingkungan Pergaulan yang Hobi Berpesta Porailustrasi orang mengatur kondisi keuangannya (pexels.com/Yan Krukov)

Tanamkanlah dalam diri bahwa untuk bergaul dan menikmati hidup bersama teman-teman, itu gak harus selalu menghamburkan uang untuk berpesta sepanjang hari. Gak melulu juga harus memiliki gaya hidup yang mewah. Masih ada banyak cara untuk kamu bisa menikmati kehidupan dan mengakrabkan diri dengan teman, selain harus berpesta pora sepanjang malam.

Cobalah sesekali berani mengatakan tidak pada ajakan teman-temanmu untuk berpesta dan menghabiskan banyak uang, hanya untuk bersenang-senang. Nah, sesekali cobalah ajak teman-temanmu untuk melakukan kegiatan berkumpul yang lainnya. Misalnya, bersepeda bersama, memasak makanan bersama, atau kegiatan lain yang gak harus selalu mengeluarkan banyak uang.

2. Berpikirlah secara realistis 

5 Tips Menyikapi Lingkungan Pergaulan yang Hobi Berpesta Porailustrasi berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menyikapi lingkungan pertemanan yang memiliki gaya hidup suka berpesta pora dan foya-foya, sebaiknya kamu memang sangat perlu untuk bisa berpikir secara realistis lagi. Jujurlah kepada diri sendiri, apakah pendapatan yang kamu hasilkan akan bisa mencukupi kebutuhan hidup, apabila kamu setiap hari berpesta pora bersama teman?

Berpikir lebih realistislah dalam menjalani kehidupan ini. Jangan hanya karena merasa gak enak, apabila menolak untuk berpesta bersama. Lantas, kamu selalu mengiyakan setiap ajakan yang datang dari teman-temanmu. Perbaiki lagi pola pikirmu dan realistislah pada kenyataan hidup, supaya kamu bisa memprioritaskan hal-hal yang lebih penting terlebih dulu.

3. Terima dan hadapi kenyataan hidup dengan bijak 

5 Tips Menyikapi Lingkungan Pergaulan yang Hobi Berpesta Porailustrasi menerima kenyataan hidup (pexels.com/Lamar Belina)

Tips berikutnya ketika kamu saat ini sedang berada dalam lingkungan pertemanan yang hobi berpesta pora dan menghamburkan uang yaitu, terima dan hadapilah kenyataan hidup dengan lebih bijak lagi. Cobalah ingat lagi tentang tujuan hidupmu selama ini. Hal-hal apa sajakah yang sebenarnya ingin kamu raih?

Kemudian, renungkan kembali apakah gaya hidup dalam lingkungan pertemananmu, itu dapat mendukungmu dalam mencapai tujuan hidup yang sudah kamu tentukan? Maka, penting sekali untuk bersikap bijak dalam menerima dan menghadapi kenyataan hidup yang sedang kamu jalani.

Dengan begitu, kamu akan bisa mengukur kemampuan dan kondisi finansialmu saat ini dan untuk masa depan juga. Gak perlu menyiksa diri dengan memaksakan melakukan hal-hal yang sebenarnya membuatmu terbebani.

Baca Juga: 6 Sikap yang Bikin Kamu Dicap Gak Asyik di Pergaulan

4. Cobalah dekati lingkungan pergaulan yang lebih positif 

5 Tips Menyikapi Lingkungan Pergaulan yang Hobi Berpesta Porailustrasi pertemanan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Gak perlu harus menghilang dari teman-temanmu yang bergaya hidup foya-foya itu. Tetaplah menjalin komunikasi yang baik dengan mereka. Namun, cobalah kamu mendekati lingkungan pergaulan yang lebih positif dan bisa mendukungmu dalam mencapai tujuan hidup. Lingkungan pergaulan yang mendukung, pasti akan membuatmu lebih semangat dalam menjalani hari.

Dengan begitu, kamu akan bisa merasakan senang setiap saat, tanpa harus selalu berpesta dan foya-foya. Selain akan membuatmu merasa bahagia, lingkungan pergaulan yang positif dan mendukung tersebut, dapat juga memudahkanmu dalam melangkah menuju tujuan utamamu dalam hidup.

Namun, jika kamu gak juga menemukan lingkungan pergaulan yang bisa selalu mendukungmu, paling tidak bertemanlah dengan orang yang memiliki gaya hidup sederhana, sehingga kamu gak akan terus berfoya-foya dan menghabiskan banyak uang, hanya untuk bergaul saja.

5. Bersikap tegaslah kepada dirimu sendiri 

5 Tips Menyikapi Lingkungan Pergaulan yang Hobi Berpesta Porailustrasi orang yang memiliki tekad kuat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Untuk menyikapi lingkungan pergaulan yang bergaya hidup suka berpesta, kamu perlu bersikap tegas juga kepada dirimu sendiri. Bersikap tegaslah dengan cara bertekad bahwa kamu gak akan lagi termakan rayuan teman yang mengajakmu untuk selalu berpesta dan foya-foya.

Dengan ketegasan tersebut, maka kamu secara perlahan dapat memperbaiki kondisi finansialmu yang sempat menurun, karena selama ini kamu mengikuti teman-temanmu dengan bergaya hidup foya-foya. Berkomitmenlah untuk bersikap tegas kepada diri sendiri untuk gak mengulangi kebiasaan berpesta pora sepanjang hari, supaya kondisi finansialmu gak akan terpuruk.

Itulah kelima tips yang bisa kamu lakukan untuk menyikapi lingkungan pergaulan yang hobi berpesta pora dan foya-foya. Sikapilah dengan bijak dalam menjalani kehidupan ini. Selain kesehatan badan, ada hal lainnya yang juga perlu kamu jaga yaitu kesehatan finansial. Kamu gak akan pernah tahu mengenai hal apa yang akan kamu alami suatu saat nanti. Jadi, segera hentikan kebiasaanmu yang hobi berpesta pora bersama teman-teman, ya.

Baca Juga: 5 Etika Pergaulan yang Harus Kamu Terapkan, Jangan Salah Sikap!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya