Comscore Tracker

5 Tips Atasi Komunikasi yang Buruk, agar Pasangan Tak Merajuk

Komunikasi buruk membuat hubungan jadi terpuruk

Komunikasi adalah sebuah hal menantang yang ada dalam sebuah hubungan asmara. Kisah cinta yang harmonis dan menyenangkan, atau sebaliknya, itu tergantung dari bagaimana cara komunikasi berjalan di antara kamu dan pasangan.

Setiap orang memiliki pandangannya masing-masing, perbedaan inilah yang kerap menjadi hambatan komunikasi. Perlu kamu ketahui, bahwa komunikasi adalah kunci kesuksesan untuk menjalin hubungan, baik dalam kehidupan maupun asmara.

Buruknya komunikasi yang ada, bisa menyebabkan hubungan kian terpuruk, salah satu dampak negatifnya yaitu, pasangan dapat terus merajuk. Nah, dalam upaya menjaga hubungan dengan pasangan, komunikasi menjadi hal yang penting. Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah komunikasi yang terjadi.

1. Berusahalah agar bisa saling terbuka 

5 Tips Atasi Komunikasi yang Buruk, agar Pasangan Tak Merajukilustrasi menjalani komunikasi terbuka bersama pasangan (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Tips mengatasi masalah komunikasi yang buruk dalam hubungan agar pasangan tak terus merajuk yaitu, dengan berusaha saling terbuka. Keterbukaan menjadi hal yang perlu dilakukan, untuk menjaga komunikasi yang ada. Dengan lebih terbuka satu sama lain, maka kalian bisa saling mengerti dan memahami.

Cobalah ciptakan komunikasi terbuka ini dengan cara, saling berkata dan bersikap jujur. Ketika kalian sedang sama-sama sibuk, tetaplah berupaya agar bisa saling terhubung.

Jika suatu saat terjadi masalah, ada baiknya jangan memendamnya. Namun, berdiskusilah untuk menemukan solusi yang tepat dan terbaik secara bersama. Memendam masalah hanya akan membuat hubungan semakin bermasalah, maka lebih terbuka lagi, ya.

2. Berupaya untuk mengerti dan memahami  

5 Tips Atasi Komunikasi yang Buruk, agar Pasangan Tak Merajukilustrasi pasangan sedang berpegangan tangan (pexels.com/Mental Health America (MHA))

Dalam upaya menjaga keharmonisan hubungan, komunikasi memang tak bisa diabaikan. Sebab jika komunikasi tak berjalan dengan baik, maka pasanganmu bisa terus merajuk. Untuk itu, tingkatkan pengertian dan pemahaman satu sama lain, supaya hubungan asmara yang kalian jalani, gak bermuara ke sesuatu yang buruk.

Untuk bisa saling mengerti dan memahami, kamu dan pasangan perlu saling memberi tahu, tentang apa yang kalian inginkan dalam menjalani hubungan. Setelah itu, berusahalah untuk saling mengerti dan memahami keinginan dari pasangan.

Jika keinginan kalian gak sama, janganlah berdebat demi mempertahankan kehendak. Akan tetapi, cobalah berusaha untuk menemukan solusinya yang bisa menjadi jalan tengah. Tahan emosi dan kendalikan diri, agar saat berdiskusi, kalian bisa saling menghormati.

Baca Juga: 5 Tips Memperbaiki Komunikasi dengan Pasangan, Jangan Disepelekan!

3. Selalu mempertimbangkan apa yang akan kalian ungkapkan 

5 Tips Atasi Komunikasi yang Buruk, agar Pasangan Tak Merajukilustrasi berbicara (pexels.com/William Fortunato)

Tips selanjutnya, dalam mengatasi masalah komunikasi, agar pasangan tak terus merajuk, akibat komunikasi yang buruk yaitu, selalu mempertimbangkan sesuatu, sebelum mengungkapkan isi hati dan pikiranmu. Katakan apa yang ingin kamu ungkapkan kepada pasanganmu, tapi ingat harus selalu penuh dengan pertimbangan yang matang.

Hal ini menjadi penting, supaya kamu bisa memilih kata-kata yang baik dan tak menyinggung, maupun menyakiti perasaan pasangan. Maka, berhati-hatilah juga dalam memilih kata.

Jangan pernah berasumsi tentang apa yang pasanganmu pikirkan, karena asumsi di saat komunikasi sedang gak lancar, itu hanya akan memperbesar masalah. Katakan yang jelas dengan bahasa yang baik, supaya pasanganmu bisa memberikan respons yang positif.

4. Tunjukkan rasa hormat melalui perkataan yang mampu mendorong semangat 

5 Tips Atasi Komunikasi yang Buruk, agar Pasangan Tak Merajukilustrasi percakapan (pexels.com/Katerina Holmes)

Komunikasi yang tak berjalan lancar, itu masih bisa diperbaiki, asalkan kamu dan pasangan tetap mampu saling menghormati. Tunjukkan rasa hormatmu padanya, melalui perkataan yang mampu mendorong semangatnya.

Katakan kepada pasangan bahwa kamu mencintainya dan menghormati dirinya, meski saat ini komunikasi sedang buruk. Mengatakan hal ini kepada pasangan, pasti akan membuatnya senang.

Dengan begitu, dia gak akan terus merajuk padamu. Iringi kisah cinta kalian dengan penuh kasih sayang dan penghormatan, agar bisa terjadi keseimbangan yang nantinya dapat memperbaiki permasalahan komunikasi yang buruk.

5. Luangkan waktu untuk menikmati momen kebersamaan yang berkualitas 

5 Tips Atasi Komunikasi yang Buruk, agar Pasangan Tak Merajukilustrasi berkencan (pexels.com/Meruyert Gonullu)

Ingin komunikasi yang buruk kembali membaik? Bagi kalian yang sama-sama sibuk bekerja maupun kegiatan lainnya, upayakanlah untuk meluangkan waktu, agar bisa menikmati momen kebersamaan yang berkualitas.

Buatlah rencana untuk berkencan di setiap akhir pekan secara rutin. Kebersamaan menjadi penting, apalagi untuk menjaga komunikasi, agar gak semakin membuat hubungan kian terpuruk.

Saat sedang berkencan, ada baiknya jauhkan gadget terlebih dulu, supaya kamu dan pasangan bisa fokus ke momen kebersamaan. Berikanlah perhatianmu secara penuh kepada pasangan, dijamin dia gak akan berlarut dalam merajuk.

 

Memperbaiki dan berupaya mempertahankan komunikasi yang berkualitas itu dapat menimbulkan dampak positif yang luar biasa, terlebih di saat pasanganmu sedang merajuk. Jangan menyepelekan masalah komunikasi, agar hubungan asmara kalian gak bermuara di keterpurukan.

Bagi kalian yang sama-sama sibuk, itu bukanlah alasan yang menyebabkan buruknya komunikasi dalam hubungan. Semua tetap bisa diatasi dan pastinya memiliki solusi.

Meskipun, saat ini kalian sedang sibuk menggapai cita-cita, percayalah bahwa masih ada cara untuk menjalin komunikasi dengan baik dan mempertahankan keharmonisan hubungan percintaan.

Baca Juga: 5 Kesalahan Komunikasi yang Bisa Merusak Hubunganmu dengan Pasangan

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya