Comscore Tracker

5 Tips Bergaul yang Asyik Biar Kamu Gak Gampang Baper

Berbesar hati dan gak mudah tersinggung ada tipsnya 

Apakah kamu termasuk orang yang mudah tersinggung dengan perkataan dan perbuatan orang lain? Saat kamu sedang bergaul, apakah kamu sering merasa bahwa orang lain mempunyai maksud buruk ke kamu? Seperti, mau menyudutkanmu, menyalahkanmu dan lain-lain.

Nah, perasaan itu jadi membuatmu tersinggung. Hal tersebut membuatmu menjadi berbuat kasar, membentak-bentak, marah dan lain-lain. Namun, setelah itu kamu mulai menyadari bahwa perbuatanmu justru membuat kamu dan orang lain jadi gak nyaman.

Dan, akhirnya kamu bertanya-tanya. Ada gak, sih cara untuk bergaul dengan orang lain tanpa mudah tersinggung? Ada, ini lima tipsnya. Yuk, simak, ya.

1. Cari tahu tentang penyebab kamu tersinggung 

5 Tips Bergaul yang Asyik Biar Kamu Gak Gampang Baperilustrasi merasa tersinggung (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Penyebab kamu menjadi marah dan tersinggung itu ada bermacam-macam. Saat ini kamu mudah tersinggung, mungkin karena dulu ada pengalaman yang kurang mengenakan. Seperti, diremehkan atau diejek oleh teman.

Jadi, saat ada orang yang niatnya mungkin hanya bercanda. Namun, topik bercandaannya adalah pengalaman pahitmu. Lalu, kamu langsung tersinggung. Sebelum menyalahkan orang lain, coba tanyakan ke dalam diri. Mengapa kamu tersinggung dengan hal itu?

Kalau ternyata itu berasal dari pengalamanmu di masa lalu. Belajarlah untuk pelan-pelan melepaskannya. Karena bisa jadi kamu tersinggung karena pengalamanmu sendiri di masa lalu, bukan karena orang lain yang sedang bergaul denganmu.

2. Coba ekspresikan rasa tersinggung dan marah secara positif 

5 Tips Bergaul yang Asyik Biar Kamu Gak Gampang Baperilustrasi berolahraga yoga (pexels.com/cottonbro)

Baper seperti marah, sedih, kecewa, tersinggung dan lain sebagainya itu adalah emosi yang negatif. Tapi, bukan berarti gak bisa diubah menjadi positif.

Saat sedang merasakan hal yang negatif itu. Cobalah untuk tenang dulu. Kamu bisa melakukan meditasi, melakukan hobi, mendengarkan musik, menari, menulis dan lainnya. Yang terpenting buatlah dirimu tenang, ya.

Baca Juga: 7 Tips bagi Socially Awkward agar Mudah Bergaul, Jangan Malu

3. Cobalah bersikap asertif 

5 Tips Bergaul yang Asyik Biar Kamu Gak Gampang Baperilustrasi berbicara (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Saat kamu sedang tersinggung dan marah dengan perilaku orang lain. Cobalah untuk menyampaikan apa yang kamu rasa secara langsung kepada lawan bicaramu.

Namun, pilihlah kata-kata dan susun kalimatnya yang gak menyinggung perasaan orang lain. Jadi, daripada menyalahkan orang lain. Lebih baik kamu utamakan menyampaikan tentang apa yang kamu rasa.

4. Tumbuhkanlah rasa empati dalam diri 

5 Tips Bergaul yang Asyik Biar Kamu Gak Gampang Baperilustrasi berempati (pexels.com/Liza Summer)

Sadarilah, bahwa setiap orang mempunyai pengalaman masing-masing. Jadi, sesuatu yang kamu anggap benar, belum tentu orang lain juga menganggap benar.

Dengan memiliki rasa empati yang tinggi, kamu akan mampu memahami bahwa perilaku dari orang lain yang menyebalkan, itu pasti ada alasannya. Daripada kamu berpikir dia mengejek atau menyindirmu. Lebih baik, kamu melihat hal itu dengan perspektif yang lain secara objektif.

5. Cobalah untuk memahami diri sendiri 

5 Tips Bergaul yang Asyik Biar Kamu Gak Gampang Baperilustrasi memahami diri (pexels.com/Vlada Karpovich)

Berempati membuat kamu bisa belajar memahami orang lain. Nah, sekarang kamu juga perlu belajar memahami diri sendiri.

Jika suatu saat terjadi hal-hal yang gak kamu inginkan dan itu menyakitkan. Daripada menyalahkan diri sendiri. Lebih baik, hiburlah diri dan yakinkan bahwa kamu akan mampu melakukan hal-hal yang terbaik.

Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya dirimu. Sehingga, kamu gak perlu lagi mencari validasi dari orang lain dan merasa marah serta tersinggung saat ada sesuatu yang bertentangan denganmu.

Asyik banget kan rasanya kalau kamu menjadi orang yang gak baperan? Bergaul dengan banyak orang, tentu kamu akan dihadapkan dengan berbagai jenis karakter manusia.

Ada yang lembut, egois, sopan bahkan yang slengean pun ada. Supaya kamu gak mudah tersinggung dan marah saat bergaul. Lakukan tips-tips di atas, ya.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Bergaul dengan Berbagai Kalangan dalam Dunia Kerja

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Hallo,, Senang bisa menceriakan hari-hari Anda. IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya