Comscore Tracker

5 Tips Menghadapi Teman yang Hobi Berdebat dan Merasa Paling Benar

Berikan bukti pada setiap hal yang kamu katakan 

Apakah kamu memiliki teman yang hobi banget berdebat dan dia juga selalu merasa dirinyalah yang paling benar? Teman yang seperti itu tentu membuat harimu menjadi sangat melelahkan. Hal tersebut dikarenakan bahwa segala pendapat yang kamu ungkapkan selalu saja dikomentari kembali olehnya. Ketika kamu sudah diam dan menyerah barulah dia berhenti. Susah sekali untuk mengajaknya berdiskusi dan menemukan jalan tengah.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa sebenarnya ada satu faktor yang menyebabkan temanmu seperti itu adalah karena dia sedang menyembunyikan rasa takut atau kesalahan yang dia lakukan. Nah, itulah yang membuat dia selalu mendebatkan berbagai hal dan merasa dirinyalah yang paling benar. Apa pun alasan dan fakta yang ada, baginya dia harus tetap bisa memenangkan perdebatan. Lalu bagaimana cara menghadapinya agar dia bisa berhenti bertingkah seperti itu? Berikut lima tips efektif membuat teman yang hobi berdebat dan merasa paling benar bisa kesal sendiri nantinya.

1. Berusaha untuk tetap tenang 

5 Tips Menghadapi Teman yang Hobi Berdebat dan Merasa Paling Benarilustrasi bersikap tenang (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Penting banget untuk tetap bisa mengendalikan emosi kamu saat sedang berdebat dengan teman yang selalu merasa paling benar. Jangan sampai emosimu gak terkendali karena itu bisa dilihat sebagai sebuah kelemahan yang bisa dimanfaatkan olehnya. Biasanya orang yang seperti ini akan merasa sangat puas ketika berdebat dan kamu terpancing emosinya.

Oleh karena itu, berusahalah untuk tetap bersikap tenang saat menyampaikan pendapatmu kepadanya. Ketika kamu bisa tenang, maka kamu akan mampu menanggapi pendapatnya dengan cara yang elegan, cerdas dan memukau. Cara seperti inilah yang akan menurunkan rasa percaya diri temanmu yang selalu merasa paling benar.

2. Sertakan bukti setiap kamu mengemukakan pendapat 

5 Tips Menghadapi Teman yang Hobi Berdebat dan Merasa Paling Benarilustrasi sedang berbicara (pexels.com/Armin Rimoldi)

Disadari atau gak, orang yang merasa dirinya paling benar pasti akan berusaha untuk membantah segala hal yang kamu katakan. Jadi, kuncinya adalah setiap kali kamu berpendapat, pastikan hal tersebut selalu memiliki bukti yang kuat. Jika bukti yang kamu berikan kuat, maka dia akan kesulitan untuk membantah pendapatmu.

Menyertakan bukti yang benar dan kuat, mampu merobohkan pertahanan dari lawan bicaramu. Dia yang selalu merasa paling benar pun, akan diam seribu bahasa dan sangat merasa kesal. Maka, ada baiknya sebelum berdebat, kamu mendengarkannya dengan baik, agar kamu pun dapat menyiapkan fakta-fakta sebagai bukti yang akurat.

Baca Juga: Segera Lakukan 5 Hal Ini Setelah Berdebat dengan Seseorang

3. Bicarakanlah topik yang ringan 

5 Tips Menghadapi Teman yang Hobi Berdebat dan Merasa Paling Benarilustrasi mengobrol dengan santai (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Saat berdebat dengan teman yang selalu merasa benar, sebaiknya bicarakanlah tentang topik yang ringan-ringan saja. Sebisa mungkin hindari pembicaraan yang dapat membuat suasana semakin panas. Namun, apabila percakapan kalian sudah mulai terasa menegangkan, maka cobalah untuk mengubah topik obrolan atau sampaikan saja padanya tentang rasa keberatanmu.

Seandainya dia masih saja ingin memperdebatkannya, abaikan saja. Kamu sudah menyampaikan rasa keberatanmu, itu sudah menunjukkan kamu tetap menghargainya. Selanjutnya biarkan saja, gak perlu diperpanjang lagi. Lebih baik diam dan abaikan dia, daripada kamu yang akan kelelahan dan repot sendiri menghadapinya.

4. Perlihatkan bahwa kamu merasa bosan 

5 Tips Menghadapi Teman yang Hobi Berdebat dan Merasa Paling Benarilustrasi orang merasa bosan (pexels.com/cottonbro)

Teman yang hobi berdebat pasti akan semakin senang jika kamu terus bersemangat menanggapinya. Nah, supaya dia kesal dan berhenti berbicara padamu. Perlihatkan padanya bahwa kamu sudah merasa bosan dan gak tertarik lagi untuk melanjutkan perdebatan dengan dia. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan bahasa tubuh yang menunjukkan bahwa kamu bosan. Misalnya, seperti sering melihat jam tangan atau bermain HP dan sebagainya.

Teman yang hobi berdebat akan sangat merasa kesal jika saat berbicara kamu tak meresponsnya dengan baik. Maka, tanggapi saja seperlunya, supaya perdebatan gak semakin melebar. Kalau memang kamu sudah bosan dan ingin segera mengakhiri perdebatan dengannya, maka tunjukkan saja sikap-sikap bahwa kamu merasa bosan.

5. Beri jawaban yang konyol 

5 Tips Menghadapi Teman yang Hobi Berdebat dan Merasa Paling Benarilustrasi berbicara (pexels.com/Jopwell)

Tips satu ini ampuh banget membuat dia merasa semakin kesal padamu. Saat dia sedang serius mendebatkan pendapatnya yang dirasa paling benar itu, cobalah kamu menanggapinya dengan memberikan jawaban-jawaban yang konyol. Kamu bisa dengan menyelipkan kalimat-kalimat yang berasal dari sebuah film atau lagu.

Jawaban seperti itu pasti akan membuat dia berpikir sangat keras untuk memahaminya. Biarkan dia pusing memikirkannya, kamu santai saja dalam menanggapinya. Namun, tahan untuk gak tertawa saat kamu sedang mengatakannya. Semakin kamu bisa terlihat serius, dia akan semakin pusing dan akhirnya kesal sendiri, deh.

Satu trik untuk kamu saat melakukannya adalah tetap tersenyum di sepanjang perdebatan. Percayalah, respons dari kamu justru akan membuat dia semakin merasa kesal. Hal tersebut karena dia gak berhasil membuat emosimu terpancing.

Baca Juga: 5 Cara Sikapi Beda Pendapat Dengannya, Gak Perlu Berdebat Berlebihan

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya