Comscore Tracker

5 Tips Menghindari Hening saat Ngobrol dengan Calon Mertua

#IDNTimesLife Suasana menjadi hangat dan restu juga didapat!

Momen yang paling ditunggu dan menegangkan adalah saat bertemu calon mertua. Sebenarnya inti dari pertemuan itu adalah satu, kamu ingin diterima oleh mereka, bukan?

Oleh karena itu, seseorang biasanya akan selalu berusaha meninggalkan kesan baik. Dengan cara mempersiapkan diri sebelumnya, mulai dari penampilan sampai menjaga sopan santun.

Sebaik apapun persiapan yang kamu lakukan, tetap saja momen ini membuatmu tegang dan merasa tertekan. Itu hal yang wajar, kok. Namun, karena ini adalah kesempatanmu untuk bisa mengambil hati mereka, usahakan jangan sampai terjadi momen hening di tengah-tengah obrolan.

Gak perlu khawatir, karena ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar dapat mengobrol dengan asyik dan nyambung terus. Yuk, simak, ya!

1. Tanyakan tentang kehidupan keluarga pasanganmu 

5 Tips Menghindari Hening saat Ngobrol dengan Calon Mertuailustrasi sedang berbicara (pexels.com/Nicole Michalou)

Tunjukkan bahwa kamu sangat berminat dan bersemangat terhadap cerita mengenai kehidupan mereka. Dengan menanyakan hal ini, kamu akan terkesan sebagai pribadi yang hangat dan perhatian.

Kamu bisa bertanya tentang pertanyaan-pertanyaan yang umum. Seperti, hobi yang sering dilakukan bersama, kegiatan yang sering dilakukan di akhir pekan, atau bisa juga bertanya mengenai destinasi favorit keluarga.

2. Bertanyalah tentang pasanganmu di waktu kecil 

5 Tips Menghindari Hening saat Ngobrol dengan Calon Mertuailustrasi tertawa bersama (pexels.com/Askar Abayev)

Sungguh sangat menyenangkan dan membuatmu penasaran, bukan? Kamu mendapatkan informasi tentang kehidupan masa kecil pasanganmu langsung dari sumber terpercaya.

Nah, supaya mengobrolnya bisa asyik dan mengalir terus, kamu bisa tanyakan tentang kejadian-kejadian lucu pasanganmu sewaktu kecil. Ini akan membuat suasana menjadi hangat dan akrab. Selain itu, hal tersebut juga memberikan kesan kepada calon mertua bahwa kamu memang benar-benar tertarik pada anaknya.

3. Selain bertanya, kamu juga bisa meminta saran dan nasihat 

5 Tips Menghindari Hening saat Ngobrol dengan Calon Mertuailustrasi meminta nasihat (pexels.com/cottonbro)

Bagi orangtua mana pun, mereka akan sangat senang jika ada yang meminta mereka untuk memberikan saran dan nasihat. Nah, kamu bisa menggunakan hal ini saat mengobrol bersama calon mertua.

Misalnya, kamu meminta saran tentang cara-cara yang bisa membuat pasanganmu senang. Atau, bisa juga meminta nasihat supaya gak terjadi perselisihan yang berat dalam hubungan.

Ini akan memberikan kesan bahwa kamu benar-benar ingin memberikan yang terbaik kepada pasanganmu. Namun, perlu diingat jangan terlalu sering meminta nasihat, ya. Nanti akan terkesan negatif. Jadi, seperlunya saja.

Baca Juga: Meski Akrab, 5 Attitude Ini Tetap Harus Dipegang saat Bertemu Mertua 

4. Ngobrol tentang hewan peliharaan, jika memiliki

5 Tips Menghindari Hening saat Ngobrol dengan Calon Mertuailustrasi mempunyai hewan peliharaan (pexels.com/thevibrantmachine)

Hewan peliharaan menjadi salah satu senjata untuk memecah keheningan dan ketegangan saat berbicara dengan calon mertua. Kalau mereka mempunyai kucing, sebaiknya kamu paham tentang kucing. Atau, kalau mereka mempunyai anjing, sebaiknya kamu juga paham tentang anjing.

Dengan ngobrol tentang hewan peliharaan kesayangan mereka, ini akan membuat calon mertua betah berlama-lama mengobrol denganmu. Simpel saja, misalkan dengan bertanya “Ini umur berapa om, tante?," nanti pasti akan jadi melebar, deh, obrolannya.

5. Ngobrol tentang kakak dan adik dari pasanganmu

5 Tips Menghindari Hening saat Ngobrol dengan Calon Mertuailustrasi bersama keluarga pasangan (pexels.com/cottonbro)

Salah satu 'senjata' jitu lainnya untuk memecah keheningan adalah dengan cara menjadikan kakak dan adiknya sebagai bahan obrolan. Dengan begitu, suasana gak akan sunyi. Misalnya, tanyakan saja mengenai pekerjaannya atau sekolahnya di mana.

Semoga tips di atas bisa menyelamatkanmu dari momen hening saat sedang mengobrol bersama calon mertua. Ini adalah kesempatan untukmu dapat mengakrabkan diri dengan mertua. Manfaatkanlah dengan sebaik mungkin, ya.

Gak perlu khawatir dan tegang. Tetaplah tenang, sejutek-juteknya calon mertua, kalau kamu bisa mengambil hatinya pasti mereka akan terbuka dengan kehadiranmu, kok. Hangatkan suasana, dapatkan restunya!

Baca Juga: 10 Curhat Warganet Cara Meyakinkan Calon Mertua Ini Kocak!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Hallo,, Senang bisa menceriakan hari-hari Anda. IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya