Comscore Tracker

5 Cara Mengetahui Orang yang sedang Berbohong 

Seseorang yang berbohong cenderung gelisah

Berbohong adalah disembunyikannya pernyataan yang sebenarnya dengan pernyataan yang keliru untuk menutupi sebuah kesalahan atau keburukan. Seseorang yang berbohong akan berusaha menutupi kesalahannya dengan perbuatan maupun perkataan agar dipercaya. Tak jarang juga mereka melimpahkan kesalahan tersebut kepada orang lain.

Seseorang yang berbohong, meskipun menyembunyikan dengan kata-kata, akan terlihat gelisah dan tidak tenang. Terdapat keanehan dalam tingkah laku, bahasa tubuh, maupun perkataan. Nah, di bawah ini beberapa cara mengetahui seseorang sedang berbohong.

1. Selalu mencari alasan

5 Cara Mengetahui Orang yang sedang Berbohong ilustrasi orang beralasan (pexels.com/Mikhail Nilov)

Seseorang yang sedang berbohong akan mencari alasan yang bertele-tele sebanyak mungkin. Tak jarang dia mengeluarkan alasan yang tidak masuk akal. Semisal kita tidak percaya dengan perkataannya, dia akan menyalahkan kita daripada meyakinkan kita dengan bukti. Dia berusaha menutupi kesalahannya sebaik mungkin. Dia berpikir bahwa kebohongannya bisa ditutupi lewat alasan-alasan. 

Padahal, mencari-cari alasan dapat menimbulkan kecurigaan, terlebih dengan mendesak kita agar menerima alasannya. Saat dia mencari alasan, biasanya akan terlihat gelisah dan ada jeda untuk berpikir.

2. Tingkah laku yang aneh

5 Cara Mengetahui Orang yang sedang Berbohong ilustrasi orang bertingkah laku aneh (pexels.com/Cottonbro)

Kebohongan seseorang dapat dilihat dari tingkah lakunya yang aneh. Dia tidak fokus ketika kita ajak bicara. Bola matanya bisa terus bergerak saat kita tatap. Seperti seseorang yang merasa gelisah, tangannya menggaruk kepala atau rambut, padahal tidak gatal. Bisa saja gerakan tangan mengetuk meja atau gerakan kaki mengetuk lantai. Tingkah laku inilah yang bisa kita perhatikan bahwa dia sedang merasa tidak nyaman. Dia menyembunyikan sesuatu atau fakta yang ada. 

Saat kita perhatikan secara saksama, kemungkinan dia akan bertanya atau malah semakin gelisah. Seseorang ketika sedang berbohong tidak bisa tenang. Mungkin juga akan melakukan sesuatu yang aneh, yang tidak biasa dilakukannya. Misalnya, terus menghindari kita, cepat emosi karena tidak mau kebohongannya terungkap.

Baca Juga: 5 Penyebab Seseorang Biasa Berbohong, Kadang karena Gengsi!

3. Tidak mau mengalah

5 Cara Mengetahui Orang yang sedang Berbohong ilustrasi orang bertengkar (pexels.com/Liza Summer)

Tidak mau mengalah dalam perkataan sekalipun kita tahu kebenarannya. Dia akan berusaha membuat kita terdesak, kemudian percaya dengan perkataannya karena dia tidak mau ketahuan berbohong. Tak jarang juga saat kita ajak bicara, dia akan menjawab dengan nada tinggi atau malah marah-marah. Dia bisa menyalahkan kita, padahal kita bertanya dengan nada sedang atau malah santai. 

Dalam keadaan seperti ini, lebih baik kita mengalah saja. Bisa jadi ke depannya dia akan playing victim terhadap kita.

4. Membuat kita bingung

5 Cara Mengetahui Orang yang sedang Berbohong ilustrasi orang pusing (pexel.com/Andrea Placquadio)

Alasannya yang dibuat bertele-tele cenderung membuat kita bingung. Jawabannya tidak to the point atau bahkan keluar fakta. Kita juga akan dibingungkan dengan tingkah laku yang tidak biasa atau gelisah. 

Perkataan yang banyak alasan, tingkah laku yang aneh dan gelisah itu bisa jadi menandakan seseorang sedang berbohong. Meskipun begitu, jangan langsung mengatakan seseorang tersebut sebagai pembohong. Cari tahu dulu fakta-faktanya dan tetap waspada. 

5. Tersenyum palsu

5 Cara Mengetahui Orang yang sedang Berbohong ilustrasi orang senyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Seseorang yang sedang menyembunyikan sesuatu biasanya akan tersenyum dengan terpaksa seolah baik-baik saja. Senyumnya akan tertahan dan terlihat gelisah memikirkan sesuatu. Senyum terkadang bisa membohongi seseorang. Padahal jika dilihat dengan saksama, terlihat aneh pada senyumnya. 

Bahasa tubuh memang tidak bisa dibohongi ketika seseorang menyembunyikan sesuatu. Kita mungkin bisa membohongi orang lain lewat kata-kata, tetapi bahasa tubuh umumnya jujur. Kebohongan tidak akan bertahan lama, lambat laun akan terungkap.

Baca Juga: 5 Alasan Berbohong Bisa Hancurkan Hubungan, Mengikis Rasa Percaya!

Fadila alya Photo Writer Fadila alya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya