Comscore Tracker

Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Memilih Vendor Acara Pernikahan

Agar tidak mengecewakan saat acara

Vendor turut menjadi bagian penting dari kesuksesan acara pernikahan. Kehadirannya sangat dibutuhkan bagi pasangan yang hendak melangsungkan momen penting tersebut. Berbagai vendor harus dipilih, mulai dari dokumentasi, dekorasi, katering, tata rias, dan lain-lain.

Banyaknya vendor yang ada membuat kita bebas untuk memilih mana yang paling tepat. Namun saat memilih harus berhati-hati agar tidak merugikan. Demi terwujudnya acara yang sempurna tanpa hambatan, maka penting untuk melakukan enam hal ini sebelum memilih vendor pernikahan.

1. Sesuaikan dengan biaya

Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Memilih Vendor Acara Pernikahanilustrasi modal pernikahan (unsplash.com/Katie Harp)

Sebelum menentukan rincian biaya, biasanya sesuaikan terlebih dahulu dari konsep pernikahan dan jumlah tamu. Dua hal ini bisa menjadi penentu awal biaya yang akan dikeluarkan. Setelah itu, barulah keperluan lain dapat disesuaikan dengan harganya.

Saat menentukan estimasi biaya yang sudah disepakati, calon pengantin dan keluarga harus mengikuti perhitungannya. Banyak vendor menawarkan rentang harga yang berbeda-beda. Sebagai calon klien mereka, kita bisa terlebih dahulu membandingkan vendor yang ada sebelum memutuskan.

2. Perhatikan rekam jejaknya

Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Memilih Vendor Acara Pernikahanilustrasi mencari rekam jejak (unsplash.com/Austin Distel)

Banyak kasus klien tertipu karena vendor bermasalah. Dampaknya acara berantakan dan harus menanggung malu kepada tamu undangan. Untuk menghindari keadaan tersebut, alangkah baiknya lihat rekam jejaknya dari media sosial maupun laman yang dimiliki.

Terkadang citra baik vendor di media sosial dan laman bisa berbeda jauh. Untuk mengantisipasinya bisa melihat testimoni dari klien mereka sebelumnya. Bisa juga dengan melihat portofolio hasil kerja selama ini.

Selera klien terhadap vendor berbeda-beda, maka sesuaikanlah kebutuhan kamu. Jika sedikit lebih mahal namun hasil sangat memuaskan dan terpercaya, silakan dipilih selagi menyanggupi.

3. Cari rekomendasi dari berbagai pihak

Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Memilih Vendor Acara Pernikahanilustrasi memberi rekomendasi (unsplash.com/Helena Lopes)

Testimoni ini bisa didapatkan terlebih dulu sebelum mengetahui nama vendor-nya. Cara ini bisa ditanyakan kepada teman atau keluarga yang pernah menggunakan jasa vendor. Komentar mereka dapat membantumu yang kesulitan mencari vendor terpercaya.

Selain terpercaya, kamu harus menanyakan pula hasil kerja dan cara melayani saat acara berlangsung. Saat kamu cukup banyak mengetahui informasi awal ini, setidaknya ada kepercayaan yang terbentuk lebih dulu.

4. Tanyakan syarat dan ketentuannya sebelum kontrak

Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Memilih Vendor Acara Pernikahanilustrasi perjanjian kontrak (unsplash.com/Gabrielle Henderson)

Ada aturan, syarat, dan ketentuan yang dibuat oleh para vendor. Kamu harus menanyakan ini sebelum menyetujui menggunakan jasa mereka.

Selain biaya, ada hal-hal lain yang bisa kamu minta perjelas mengenai aturan main selama kontrak berlangsung. Jangan sampai ada poin yang tidak dimengerti.

Baca Juga: 9 Aktris Jepang yang Umumkan Pernikahan pada 2021, Ada Nana Komatsu

5. Cari vendor yang memiliki pilihan paket

Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Memilih Vendor Acara Pernikahanilustrasi pilihan paket (unsplash.com/Annie Spratt)

Variasi paket layanan yang diberikan vendor akan membebaskan calon kliennya memilih. Strategi ini lumrah dilakukan oleh setiap pebisnis untuk meraih pelanggan.

Kamu harus memperhitungkan dan menyesuaikan paket yang ditawarkan dengan jumlah biaya yang tersedia. Jangan sampai overbudget, ya.

6. Pastikan memiliki alamat korespondensi yang jelas

Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Memilih Vendor Acara Pernikahanilustrasi alamat korespondensi (unsplash.com/Jonathan Kemper)

Alamat korespondensi jelas harus dimiliki oleh setiap vendor. Keberadaan alamat juga menambah kepercayaan klien bahwa vendor ini kredibel. Selain itu akan mempermudah jangkauan ke tempatnya secara langsung.

Namun belum tentu setiap vendor memiliki alamat korespondensi jelas, apalagi yang baru memulai bisnis. Bisa jadi mereka yang baru memulai masih banyak persiapan penempatannya secara tetap. Bisa dimaklumi untuk hal ini jika belum ada, yang terpenting adalah terpercaya dan lihat hasil kerja atau portofolio dari vendor yang akan dipilih.

Jadikan momen pernikahanmu lancar dan tanpa hambatan karena pemilihan vendor atau perencanaan keuangan yang tidak tepat. Diskusikan apa yang menjadi kebutuhan acara pernikahan idaman kalian berdua. Selamat mencoba!

Faiz Zaki Photo Verified Writer Faiz Zaki

One for All. All for One

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya