Comscore Tracker

7 Alasan Maaf yang Gak Perlu Kamu Katakan ke Cowokmu

Gak perlu minta maaf karena belum bisa jadi yang dia mau

Meminta maaf adalah hal wajar dilakukan orang ketika berbuat salah, termasuk saat kamu melakukan kesalahan sama cowokmu. Namun ada kalanya, kamu berat hati meminta maaf karena tahu bahwa hal itu tidak perlu kamu lakukan. Di sisi lain, kamu juga tak mau hubungan yang hanya dilandasi belas kasihan. Ini beberapa alasan maaf yang sebenarnya gak perlu kamu minta ke cowokmu. 

1. Meminta maaf menunjukkan kamu berjiwa besar, namun bukan hal benar apabila dia sudah mulai tidak menghargaimu sebagai pasangan

7 Alasan Maaf yang Gak Perlu Kamu Katakan ke Cowokmuunsplash/ The HK Photo Company

Salah satu tanda kedewasaan dalam hubungan adalah mau bergantian buat mengalah, termasuk juga mengakui kesalahan dan meminta maaf ketika mengecewakan pacar. Namun, jangan sekali-kali kamu meminta maaf pada cowok yang sudah tidak menghargai kamu sebagai perempuan maupun pasangan.

Misalnya saja dia yang selalu menempatkanmu di posisi yang salah, tega mempermalukanmu, dan tidak mau mendengarkanmu terlebih dahulu. Tunjukkan kalau kamu juga punya harga diri, yang tidak bisa diinjak-injak seenaknya sendiri. 

2. Kalau cowokmu mulai bertindak kasar karena kesal, bukan berarti kamu yang menjadi penyebabnya

7 Alasan Maaf yang Gak Perlu Kamu Katakan ke Cowokmuunsplash/ Juliet Furst

Kalau cowok mulai emosi dan bertindak kasar sama kamu, itu bukan berarti kamu yang menjadi penyebab utamanya. Maka jangan gegabah meminta maaf sebelum kamu tahu alasan kenapa dia kesal.

Pada posisi ini, cowok yang sedang kesal pun, tak seharusnya bertindak kasar sama cewek. Berhenti bilang maaf sebelum cowokmu menjelaskan duduk perkaranya. 

3. Jangan minta maaf hanya karena kamu takut ditinggal, terlebih permintaan maaf karena belum bisa jadi yang dia mau

7 Alasan Maaf yang Gak Perlu Kamu Katakan ke Cowokmuunsplash/ Tim Mossholder

Alasan lain yang tak boleh kamu lakukan adalah meminta maaf karena kamu merasa harus tunduk sama pacar. Kalau cowok kamu betulan sayang, dia gak bakal menempatkan kamu di posisi sulit. Dia bakal membuka obrolan dan tak akan mengancam untuk meninggalkan saat kamu tidak menuruti kemauannya. 

4. Karena pada hubungan yang sehat, cowokmu seharusnya mau membebaskan kamu menjadi dirimu sendiri

7 Alasan Maaf yang Gak Perlu Kamu Katakan ke Cowokmuunsplash/Hung Pham

Perilaku manusia dipengaruhi oleh emosi serta pengalaman, itulah yang menjadikan rasa bersalah jadi bias dan bisa jadi tidak pada tempatnya. Jangan berdalih karena cinta, maka kamu tidak bisa memandang objektif situasi yang sedang kamu alami.

Kalau kamu memang salah, kamu pasti tahu sikap spesifik apa yang membuat dia kecewa. Namun ketika kamu tak melakukan apa-apa dan dia menunjukkan gelagat kecewa, barangkali cowokmu yang justru bermasalah dengan dirinya. 

Baca Juga: 5 Alasan Kuat Kenapa Kamu Mesti Putuskan Cowok yang Suka Main Tangan

5. Selain itu, kamu tidak perlu meminta maaf kalau cowokmu cemburu karena kebaikan yang kamu lakukan pada teman

7 Alasan Maaf yang Gak Perlu Kamu Katakan ke Cowokmuunsplash/ Elizabeth Tsung

Apabila cowok merasa cemburu karena kamu berlaku baik pada salah satu teman, kamu tak perlu meminta maaf. Itu bukan salahmu, dia sudah sepatutnya bisa menerima perilaku wajar yang manusiawi ini. Jadi apabila dia cemburu dan menggerutu, rasa bersalah itu cuma perasaan negatif yang tak perlu kamu lanjuti dengan meminta maaf padanya. 

6. Jika cowokmu minta sesuatu yang gak masuk akal, tidak perlu minta maaf karena menolak adalah hal yang lumrah

7 Alasan Maaf yang Gak Perlu Kamu Katakan ke Cowokmuunsplash/ Andrik Langfield

Jangan dalih karena sayang, lalu kamu dapat diperdaya. Apalagi meminta maaf karena tidak bisa memenuhi permintaan dia yang tidak masuk akal. Misalnya seperti dia mulai membatasi ruang gerakmu, melarangmu melakukan sesuatu yang kamu senangi. Justru kamu harus menolak saat permintaan dia sudah tidak masuk akal, bahkan kamu berhak marah lho.

7. Minta maaf karena belum bisa meluangkan waktu, sebab sebagai pasangan dia seharusnya bisa memaklumi hal ini

7 Alasan Maaf yang Gak Perlu Kamu Katakan ke Cowokmuunsplash/ brooklyn

Saat kamu belum punya cukup waktu untuk bertemu dengannya, jelaskan saja seadanya. Kamu dapat mengawali dengan kalimat seperti "Weekend ini aku belum bisa ketemu karena masih ada yang harus aku urus, minggu depan akan aku usahakan". Sebagai pasangan dia sudah sepatutnya tahu jadwalmu dan memaklumi keadaan sulit seperti ini.

Itulah tadi beberapa alasan maaf yang tidak perlu kamu minta pada cowokmu. 

Baca Juga: Tak Selalu Main Tangan, 7 Kelakuan Ini Juga Jadi Tanda Dia Cowok Kasar

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima

Just For You