Comscore Tracker

6 Cara Biar Gak Minder Duluan Waktu Didekati Senior, Jadilah Pede!

Ubah mindset dulu deh!

Kamu pasti pernah mendengar cerita senior yang mendekati teman. Atau mungkin, kamu sendiri pernah mengalami hal itu? Tentu ada rasa canggung. Secara, kamu berbeda tingkat sama senior yang tertarik.

Alih-alih kurang percaya diri, gak ada salahnya kamu merespons dengan cara yang wajar. Toh, siapa tahu kalian nanti cocok bahkan jadian? Maka dari itu, berikut IDN Times berikan beberapa cara biar gak minder duluan waktu didekati senior.

1. Ubah pikiran negatif tentang dirimu

6 Cara Biar Gak Minder Duluan Waktu Didekati Senior, Jadilah Pede!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Setiap kekhawatiran yang belum terjadi itu, datang dari pikiranmu sendiri. Mungkin kamu  belum siap ada di tingkatan berbeda sama dia atau masih merasa banyak kekurangan. Belum lagi, kamu harus menghadapi orang yang cemburu .

Untuk sementara waktu, buang pikiran negatif tersebut dan ganti mindset yang lebih positif! Tenangkan diri kamu terlebih dahulu! Pahami kalau situasi ini merupakan hal biasa yang tidak perlu kamu sikapi dengan rasa cemas yang berlebih. 

2. Meski canggung karena pertama kali, namun keadaan ini menunjukkan kalau kamu punya daya tarik sendiri bagi senior

6 Cara Biar Gak Minder Duluan Waktu Didekati Senior, Jadilah Pede!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Baru juga masuk kampus di semester awal, ospek juga belum kelar. Eh, sudah ada senior yang mendekatimu. Kamu mungkin beranggapan momen ini masih dini dan terlalu riskan untuk menanggapi pendekatan karena kamu baru masuk lingkungannya.

Tapi, cobalah berpikir secara sederhana! Kalau kamu ada di posisi ini, berarti ada hal darimu yang membuatnya tertarik.

Justru, kamu harus bisa melihat peluang ini dan berani mengenalnya lebih jauh lagi! Ini karena ada satu orang yang melihatmu berbeda dari temanmu yang lainnya. 

3. Asah skill buat lebih percaya diri

6 Cara Biar Gak Minder Duluan Waktu Didekati Senior, Jadilah Pede!IDN Times/Rizka Yulita

Alih-alih kamu cemas saat ngobrol atau diajak jalan, sekarang waktunya kamu asah skill agar lebih percaya diri. Cari kegiatan, hobi baru, atau ikuti kelas-kelas yang menambah kemampuanmu. Raih pencapaian tertentu yang membuatmu bangga jadi dirimu. 

Pencapaian yang kamu dapat akan menjadi nilai plus tersendiri, bukan hanya dari bagaimana orang memandangmu, namun juga di mata senior. Gak ada lagi deh minder-minder segala waktu pendekatan! 

4. Cari teman yang positif dan suportif

6 Cara Biar Gak Minder Duluan Waktu Didekati Senior, Jadilah Pede!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Lingkunganmu adalah cerminan dirimu. Pepatah sederhana ini barangkali ada benarnya, mengingat tindakan dan cara pandang kita terhadap sesuatu dipengaruhi oleh apa yang kita dapat dan dengan siapa kita berinteraksi.

Makanya, sekarang adalah waktu yang tepat buatmu untuk mencari teman yang positif. Teman-teman yang selalu mendukung sehingga membuatmu berharga dan berani jadi dirimu sendiri. 

Baca Juga: 5 Tanda Sebenarnya Gebetan Tidak Tertarik Denganmu

5. Kenali kekurangan dan kelebihan dirimu

6 Cara Biar Gak Minder Duluan Waktu Didekati Senior, Jadilah Pede!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Mengenal diri lebih dalam, akan membuatmu mengenal kekurangan dan kelebihanmu. Ketika tahu dua aspek ini, kamu bisa mengelolanya dengan benar. Bagaimana menutupi kekurangan yang kamu punya dan meningkatkan potensi yang sudah ada dalam dirimu.

Ketika lebih tahu tentang dirimu, kamu akan lebih luwes saat membawa diri. Kalau sudah luwes, kamu gak perlu ragu lagi dengan apa yang kamu lakukan. Termasuk, saat kamu harus menghadapi senior.

6. Gak ada ruginya buat nyoba. Siapa tahu kalian cocok?

6 Cara Biar Gak Minder Duluan Waktu Didekati Senior, Jadilah Pede!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Tips terakhir adalah coba dulu. Gak ada yang tahu juga seandainya kalian justru nyambung, kemudian cocok.

Tapi kalau kamu tipe orang yang gak mau coba-coba, gimana? Gak usah ditanggapi buat sementara waktu. Sesimpel itu sebenarnya daripada kamu pusing sendiri karena barangkali dia juga bukan tipe kamu.

Pokoknya, kalau kamu belum yakin, gak perlu ditanggapi. Namun sebaliknya, kalau kamu juga suka dan tertarik, gak ada salahnya buat coba. Toh, kalau pun kalian belum punya chemistry, tetap masih bisa jadi teman.

Jadi, itu tadi beberapa cara biar gak minder duluan waktu didekati senior. Jadi, mulailah jadi diri sendiri yang percaya diri ya!

Baca Juga: 9 Tanda Jika Gebetan Melakukan Breadcrumbing Padamu, Jangan Tergoda!

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya