Comscore Tracker

7 Hal Gak Sengaja yang Mungkin Pernah Melukai Harga Diri Pasanganmu

Pernah bersikap seperti ini?

Cek-cok tak berujung dengan melayangkan keluhan terhadap pasangan, tidak membuat kamu dan hubungan jadi lebih baik. Sikap ini justru menunjukkan kamu belum bisa menguasai diri, terlalu dominan, dan belum mampu menghargai dia sebagai pasangan. Meski saat itu kamu kesal, hindari melakukan beberapa hal yang bisa melukai harga diri pasangan seperti berikut ini.

1. Mengungkit kelemahan atau kegagalan yang pernah dia alami

7 Hal Gak Sengaja yang Mungkin Pernah Melukai Harga Diri Pasanganmuunsplash/ Artsy Vibes

Meski kamu sedang terusik karena tingkah laku dia yang buat kesal, bukan berarti kamu boleh menyerang pribadi pasanganmu. Terlebih apabila kamu mengungkit tentang kesalahan atau kegagalan yang pernah dia alami.

Mengungkit masa lalu pasanganmu itu sama saja seperti kamu menambah masalah baru. Segera jaga jarak sebelum kamu terlanjur mengucapkan kata-kata menyakitkan padanya. 

2. Terlalu mandiri dan memberi kesan kamu tidak membutuhkan dia

7 Hal Gak Sengaja yang Mungkin Pernah Melukai Harga Diri Pasanganmuunsplash/ Alexander Popov

Apabila dia ingin memberi bantuan, terimalah dengan senang hati. Jangan terlalu kaku dengan menggunakan dalih kamu itu mandiri. Dia bisa jadi merasa tidak dianggap sebagai pasangan, kalau kamu terus memberi jarak dengan menolak bantuannya. Hal yang sebenarnya sepele ini juga akan memberi kesan kamu tidak membutuhkan dia. 

3. Masih sering membandingkan dia dengan orang lain

7 Hal Gak Sengaja yang Mungkin Pernah Melukai Harga Diri Pasanganmuunsplash/ Christiana Rivers

Coba kalau kamu jadi dirinya, apa kamu mau dibanding-bandingkan dengan orang lain? Begitulah yang dirasakan dia ketika kamu masih sering menyamakan atau mengharapkan dia menjadi orang lain.

Pasanganmu akan mengira kalau dia masih belum memberikan yang terbaik untukmu. Meski kamu tak sengaja melakukannya, ini yang biasanya jadi pemicu pertengkaran.

4. Menunjukkan bahasa tubuh negatif dan masih banyak mengeluh padanya

7 Hal Gak Sengaja yang Mungkin Pernah Melukai Harga Diri Pasanganmuunsplash/ Alex Siale

Kalau kamu sedang dalam mood yang buruk, cukup simpan sendiri saja dan gak perlu memperlihatkan padanya. Hindari menunjukkan bahasa tubuh negatif. Seperti misalnya ketika kalian tengah berbicara, dengarkan dia baik-baik.

Letakkan handphone dan ketika dia berbicara padamu. Hal-hal seperti ini nyatanya sangat memengaruhi pola komunikasi dalam hubungan. Apabila kamu masih sering menunjukkan keluhan dan bahasa tubuh negatif, dia bakal merasa tidak dihargai sebagai pasangan. 

Baca Juga: 7 Alasan Berantem Ini Tak Bakal Ada, Jika Hubunganmu Sudah Dewasa

5. Menganggap tidak perlu memberi tahu orang lain tentang dia

7 Hal Gak Sengaja yang Mungkin Pernah Melukai Harga Diri Pasanganmuunsplash/ Sebastian Pichler

Kalau kamu bangga terhadap pasanganmu, kamu pasti gak malu mengajaknya bertemu orang-orang terdekat di hidupmu. Dalam ruang lingkup pertemanan, kamu berani mengenalkan dia pada temanmu. Sebaliknya ketika kamu menyembunyikan sosoknya terhadap orang lain, secara tersirat kamu menunjukkan dia masih belum layak bersanding denganmu. 

6. Gak mau mendengarkan dan menghargai pendapat pasangan

7 Hal Gak Sengaja yang Mungkin Pernah Melukai Harga Diri Pasanganmuunsplash/ Michael Easterling

Apabila ada perbedaan pendapat, jangan lantas diperbesar hingga jadi masalah yang mengakar dan sulit untuk diselesaikan. Dengarkan dulu maunya apa kemudian baru uraian dan kolaborasikan dengan kemauanmu. Kalau kamu masih tetap egois dan kurang bisa mendengarkannya, dia bakal mengira kamu mengabaikan pendapat dan usaha dia. 

7. Tidak melibatkan dia saat mengambil keputusan

7 Hal Gak Sengaja yang Mungkin Pernah Melukai Harga Diri Pasanganmuunsplash/ Dennis Flinsenberg

Apabila kamu sedang ada dalam sebuah pilihan, dengarkan pendapatnya. Dia akan merasa kamu langkahi kala kamu tidak mendengarkan pendapatnya saat mengambil keputusan. Terlebih ketika keputusan itu adalah untuk kepentingan kalian dan hubungan jangka panjang.

Itu tadi beberapa hal yang barangkali pernah kamu lakukan sehingga melukai harga diri pasanganmu. Segera introspeksi jika tak ingin membuat dia kecewa terlalu dalam padamu.

Baca Juga: 7 Hal Sederhana Ini Bakal Melunakkan Cowokmu Saat Berantem

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima

Just For You