Comscore Tracker

Jangan Sampai Kamu Lakukan 5 Hal Ini saat Kencan Pertama

Sepele tapi fatal

Percaya atau gak, beberapa hal remeh tanpa kamu sadari menjadi pemicu kegagalan saat kencan. Apalagi kalau ini adalah kencan buta atau pertemuan pertama, bukan hanya awkward yang kamu dapat, tapi juga berpotensi jadi pertemuan terakhir.

Supaya kencan pertama berjalan mulus, jangan sampai kamu melakukan lima hal ini saat kencan pertama. Apa aja? Yuk, simak!

1. Cuma bercerita tentang dirimu

Jangan Sampai Kamu Lakukan 5 Hal Ini saat Kencan Pertamailustrasi hubungan (pexels.com/Mehrad Vosoughi)

Salah satu kesalahan sepele yang bisa bikin jengah lawan bicara adalah bersikap narsis dengan selalu berbicara tentang dirimu. Sederhananya, ini baru kencan pertama kalian. Bukankah seharusnya kalian bisa membagi momen agar bisa saling mengenal? 

Dikutip dari Elitedaily, bila kamu selalu berbicara tentang dirimu saat kencan pertama, maka itu akan membuat teman kencan kurang nyaman. Coba perhatikan gerak-geriknya. Kalau sudah menunjukkan gelagat diam atau resah, berarti kamu telah melakukan kesalahan besar di awal perjumpaan. 

Alih-alih membicarakan dirimu terus, kamu bisa menanyakan pertanyaan tentang dirinya buat pancingan. Gak setiap orang bisa langsung terbuka sama orang baru. Karenanya, menunjukkan antusiasme ketika kamu benar-benar ingin hubungan berlanjut adalah cara paling bijak untuk saat itu. 

2. Sibuk dengan gawai sendiri waktu ngobrol

Jangan Sampai Kamu Lakukan 5 Hal Ini saat Kencan Pertamailustrasi hubungan (pexels.com/freestocks.org)

Kamu pernah risih melihat dua orang sedang duduk berdua di kafe tengah sibuk dengan gawai masing-masing? Nah, kurang lebih seperti itu situasinya kalau kamu justru bermain ponsel ketika dirinya berbicara di depanmu.

Sikap dasar seperti ini, meski terkesan klise, tapi perlu kamu perhatikan karena perilakumu menunjukkan siapa dirimu. Kalau kamu menghargainya, kamu akan menunda atau setidaknya meminta waktu sebentar untuk membalas chatting atau telepon karena dirinya adalah prioritasmu kala itu.

3. Datang telat

Jangan Sampai Kamu Lakukan 5 Hal Ini saat Kencan Pertamailustrasi hubungan (pexels.com/cottonbro)

Dilansir Cosmopolitan, datang terlambat jadi salah satu kesalahan yang gak seharusnya kamu lakukan saat kencan pertama. Bayangkan kalau kamu dalam posisinya! Kamu barangkali juga akan bad mood karena telah menunggu kehadiran seseorang yang sebenarnya telah menentukan waktu kencan.

Telat di waktu kencan pertama itu seperti menunjukkan kalau kamu gak menghargai waktu teman kencan. Bukan hanya itu, telat adalah pertanda kalau kamu punya manajemen waktu buruk dan gak bisa menghargai waktumu sendiri. Ini bisa jadi sinyal jelek yang ia tangkap dari awal semenjak kalian pertama kali kencan.

Baca Juga: 6 Hal Receh tapi Penting yang Sering Terlupakan Saat Kencan Pertama

4. Mengatakan tentang pasangan ideal versi kamu

Jangan Sampai Kamu Lakukan 5 Hal Ini saat Kencan Pertamailustrasi hubungan (pexels.com/Athena)

Menurut profesor psikologi Guy Winch, dilansir Psychology Today, salah satu kesalahan saat kencan pertama yang seharusnya kamu hindari adalah mendiskusikan pasangan ideal yang kamu inginkan. Ini akan berpotensi mematikan karakter teman kencan karena kamu seolah-olah memberi batasan tentang hubungan yang sebenarnya belum dimulai.

Berbicara tentang kebutuhanmu alias pasangan ideal yang kamu mau, bukan hal yang dianjurkan saat kencan pertama. Bila nekat melakukan hal ini, kamu bisa saja dinilai sebagai dealbreaker. Jadi, kamu bisa tunda terlebih dahulu karena terlalu dini membicarakan topik seperti ini saat kencan pertama.

5. Membual tentang penghasilan, profesi, atau keahlian kamu

Jangan Sampai Kamu Lakukan 5 Hal Ini saat Kencan Pertamailustrasi hubungan (pexels.com/Katerina Holmes)

Kencan bukan berarti kamu harus menunjukkan semua yang kamu miliki saat itu. Layaknya hubungan yang membutuhkan proses buat saling percaya dan mengenal, profesor Winch mengatakan bahwa kamu seharusnya bisa menghindari sikap terlalu pamer atau membual tentang penghasilan, profesi, atau keahlian.

Selain itu, alarm merah selanjutnya menurut profesor Winch adalah mendiskusikan politik atau kepercayaan pada kencan pertama. Menurutnya, kamu perlu berhati-hati saat mengambil topik apa pun yang membuatmu bersemangat atau bahkan marah dan pastikan kamu gak membuat teman kencan kewalahan dengan ceritamu. 

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Gebetan Ilfeel Duluan sejak Kencan Pertama

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya