Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Masih Sering Salah Pilih Pasangan, Bukan Apes!

Kamu bukan? 

Pernah gak sih kamu merasa kepentok dalam usahamu mencari jodoh? Sudah berusaha semaksimal mungkin, jatuhnya malah putus lagi dan putus lagi.

Lantas, kamu mulai bingung, apa ada yang salah dengan cara kamu menjalin hubungan selama ini. Untuk itu, berikut IDN Times berikan beberapa alasan kenapa kamu masih sering salah pilih pasangan sampai sekarang. 

1. Kamu belum menerima dirimu sepenuhnya

5 Alasan Kenapa Kamu Masih Sering Salah Pilih Pasangan, Bukan Apes!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Kalau kamu sudah menerima dirimu, kamu akan lebih mudah menerima orang lain yang datang dalam kehidupanmu. Termasuk, perihal jodoh yang telah kamu idamkan sejak lama. 

Menerima dirimu juga berarti jujur terhadap dirimu dan bersedia tulus mencintai orang yang dipilih sebagai pasangan. Kamu percaya bahwa dia yang akan membantumu jadi pribadi yang lebih baik lagi. Kamu menjalin hubungan dengannya karena ingin serius.

Sebaliknya, ketika belum menerima dirimu sepenuhnya, kamu akan selalu mencari keutuhanmu dalam diri pasangan. Jika dia sekiranya sudah tidak memenuhi kriteriamu, maka kamu memilih jalan pintas dengan putus.

2. Asal pacaran menggunakan rumus 'jalani saja dulu, kalo cocok kita lanjutin'

5 Alasan Kenapa Kamu Masih Sering Salah Pilih Pasangan, Bukan Apes!IDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Kalau kamu merasa sudah berumur, seharusnya kamu tahu sampai level mana hubunganmu. Apabila kamu masih bertindak childish dengan menggunakan dalih jalani saja dulu, kamu gak bakal menemukan hubungan stabil dengan satu orang.

Seharusnya, kamu tahu bahwa pacaran itu perlu komitmen meski masih dalam tahap pengenalan. Hubungan itu tentang proses dan memerlukan waktu, bukan hanya habis manis sepah dibuang. Bukan ketika bosan, lalu ditinggalkan sesuka hati. 

3. Bertindak gegabah dalam memilih pasangan

5 Alasan Kenapa Kamu Masih Sering Salah Pilih Pasangan, Bukan Apes!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Kalau kamu ingin seseorang dengan kriteria X, jangan coba-coba untuk memilih kriteria Y. Intinya, kamu harus tahu orang seperti apa yang kamu mau. Sebelumnya, kamu juga harus mengenal dirimu terlebih dulu. Jangan asal memilih pasangan, tapi juga jangan terlalu picky karena itu akan menyulitkan kamu sendiri. 

Hubungan akan bertahan lama ketika kamu dan pasangan memiliki visi yang sama ke depannya. Kamu harus menyeimbangkan dengan semua aspek, apakah orang itu pantas denganmu atau tidak. 

Seperti melamar pekerjaan, kamu tidak bisa hanya modal coba-coba atau ingin mencari pengalaman semata. Kamu harus punya niat, mencurahkan seluruh usaha, dan menikmati bekerja di sana.

Bersedia mengambil pelajaran dari kesalahan pasangan, menerima tantangan dalam hubungan, dan menyadari kalau hal ini memang tidak mudah. Namun di sisi lain, kamu juga tahu bahwa kamu bisa berkembang dari relasi itu. 

Baca Juga: Pantas Gak Bahagia! Ini 5 Tanda Kamu Ternyata Salah Pilih Pasangan

4. Berharap tinggi terhadap pasangan

5 Alasan Kenapa Kamu Masih Sering Salah Pilih Pasangan, Bukan Apes!IDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Kalau kamu berharap lebih sama pasangan, suatu saat kamu akan kecewa ketika ia tak bisa memenuhi harapanmu. Lalu dengan sesuka hati, kamu mengakhiri hubungan karena ragu dengannya. Padahal, tak setiap masalah bisa diselesaikan dengan putus.

Setiap pasangan pasti melewati jatuh bangun dalam hubungan. Mereka yang bertahan adalah yang mau saling mendukung dan menjadikan masalah dalam hubungan jadi sebuah pembelajaran. 

5. Kurang pandai dalam memainkan emosi

5 Alasan Kenapa Kamu Masih Sering Salah Pilih Pasangan, Bukan Apes!IDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Cintamu yang menggebu, bisa menyesatkan apabila ditempatkan dengan cara yang salah. Mungkin memang perasaan yang kamu miliki tulus, tapi bukan berarti kamu bisa menggunakan dalih itu untuk mengubah atau mengontrol pasangan. 

Kendalikan dulu emosi negatif yang kamu alami! Kemudian, kamu baru bisa berinteraksi dengan pasangan. Jika selama ini, setelah putus kamu menyesal, bisa jadi kamu punya masalah dalam pengendalian emosi.

Ketika marah, kamu perlu menjaga jarak sejenak dan mengetahui penyebabnya. Ketika kamu dalam keadaan senang, kenali emosi pasangan dan tunjukkan perasaanmu dengan cara yang bijak.

Meski kesannya sepele, tapi memahami apa yang dialami pasanganmu adalah hal penting setelah kamu bisa memahami emosimu. 

Jadi, itu tadi beberapa alasan kenapa kamu merasa selalu salah memilih pasangan. Sebelum menjalin hubungan, tuntaskan dulu hal-hal yang mengganggu dalam dirimu. Karena bisa jadi, masalahnya bukan ada pada pasangan atau orang yang kamu dekati, tapi justru dari dalam dirimu. 

Baca Juga: 5 Penyesalan yang Akan Dirasa Saat Terlalu Cepat Pilih Pasangan Hidup

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya