Comscore Tracker

5 Manfaat Pajang Foto sama Pasangan di Media Sosial, Bikin Harmonis!

#IDNTimesLife Nomor lima penting, nih

Banyak orang menganggap bila membagikan hal pribadi bakal berimbas buruk pada hubungan. Misalnya, kalian jadi sering debat perihal perlu atau gak buat posting foto berdua pada momen tertentu di media sosial.

Namun, penelitian terkini justru menyebutkan memajang foto sama pasangan di media sosial bakal bawa keuntungan buat kelangsungan hubungan, lho. Berikut manfaat pajang foto sama pasangan di media sosial yang ternyata baik buat hubunganmu. Apa aja? Simak di bawah, deh!

1. Menambah keintiman dan kepuasan hubungan

5 Manfaat Pajang Foto sama Pasangan di Media Sosial, Bikin Harmonis!ilustrasi hubungan (pexels.com/ Samson Katt)

Dikutip dari Sciencedaily, dalam studi awal oleh peneliti di Carnegie Mellon University dan The University of Kansas mengemukakan bahwa membagikan informasi secara online lebih mungkin akan merusak hubungan. Namun, peneliti akhirnya menemukan alternatif untuk mengatasi efek negatif dengan menyertakan pasangan dalam unggahan foto mereka. 

"Saat kamu menyertakan orang penting dalam unggahan foto, kamu seperti mengonfirmasi status hubungan melalui foto bersama. Itu berarti akan melawan efek negatif dari unggahan itu, yang mana justru meningkatkan keintimian dan kepuasan dalam hubungan," terang profesor psikologi di University of Kansas, Omri Gillath.

2. Memperlihatkan pada orang bahwa kalian sedang menjalin kedekatan spesial

5 Manfaat Pajang Foto sama Pasangan di Media Sosial, Bikin Harmonis!ilustrasi hubungan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Dilansir The Conversation, dalam Journal of Personality and Social Psychology 2016 yang berjudul Inclusion of Other in the Self Scale and the Structure of Interpersonal Closeness oleh Aron dan Smollan, mengatakan orang lebih mungkin menampilkan kebersamaan dengan pasangan di media sosial karena secara akurat mewakili bagaimana mereka menjalin ikatan spesial. Jadi, salah satu alasan kenapa orang memajang foto sama pasangan adalah karena ingin memperlihatkan kedekatan hubungan pada orang lain.

Ini sedikit menjawab kenapa orang dalam hubungan yang kuat lebih mungkin membagikan foto kegiatan berdua sama pasangan. Mereka menganggap bahwa pasangan adalah bagian dari konsep diri yang ingin mereka tunjukkan pada orang lain.

3. Menambah kepercayaan diri

5 Manfaat Pajang Foto sama Pasangan di Media Sosial, Bikin Harmonis!ilustrasi hubungan (pexels.com/Samson Katt)

Lebih lanjut lagi, dalam studi Can You Tell That I'm in Relationship? Attachment and Relationship Visibility on Facebook  oleh Emery, Muise dan Dix menyebutkan alasan orang memajang foto sama pasangan di profil karena ingin orang tahu jika hubungannya memberikan mereka kepercayaan diri. Penelitian ini fokus dalam menyoroti peran dan bagaimana orang menggambarkan diri mereka sendiri kepada orang lain.

Motif lainnya menyebutkan agar mereka dengan gaya hubungan pencemas jadi lebih tenang setelah membagikan kebersamaan dengan pasangan. Pernyataan ini sekaligus menjawab kenapa orang dengan gaya hubungan menghindar kurang nyaman memasang foto berdua sama pasangan mereka di media sosial. 

Baca Juga: Menurut Studi, Ini 6 Tanda Kamu Bersama Pasangan yang Tepat 

4. Melindungi hubungan dari pihak luar atau orang ketiga

5 Manfaat Pajang Foto sama Pasangan di Media Sosial, Bikin Harmonis!ilustrasi hubungan (pexels.com/Samson Katt)

Dilansir Psychology Today, penelitian terbaru oleh Kori Krueger dan Amanda Forest mengungkapkan motif memasang foto bersama adalah untuk melindungi hubungan dari ancaman luar seperti orang ketiga. Menurut studi yang berjudul Communicating Commitment: A Relationship-Protection Account of Dyadic Displays on Social Media itu, media sosial memungkinkan individu berinteraksi dengan lebih banyak orang, yang mana itu bisa membuka peluang buat bermain hati sama orang ketiga.

Maka dari itu, mengunggah foto bersama pasangan bisa jadi tanda bagi orang bahwa kamu dan pasangan sedang menjalin hubungan dekat. Dengan memperlihatkan kedekatan kalian, itu serupa sinyal 'berhenti' bagi orang yang ingin masuk dalam hubungan.

5. Merasakan koneksi lebih dalam bersama pasangan

5 Manfaat Pajang Foto sama Pasangan di Media Sosial, Bikin Harmonis!ilustrasi hubungan (pexels.com/Maria Orlova)

Emery dan kawan peneliti lainnya juga memaparkan apabila memamerkan hubungan di media sosial justru membantu merasakan koneksi lebih dalam sama pasangan. Bahkan ketika motif utama adalah karena kamu atau pasangan memiliki gaya hubungan pencemas. 

Ketakutan diserang netizen seharusnya gak menjadikanmu ragu memasang foto berdua di media sosial. Karena dengan kalian memperlihatkan kebersamaan, banyak manfaat yang justru baik untukmu, pasangan, dan hubungan kalian ke depan.

Jadi, gimana, sudah upload foto bersama pasanganmu hari ini?

Baca Juga: 6 Kiat dari para Pakar untuk Merawat Hubungan supaya Tetap Harmonis

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya