Comscore Tracker

5 Tanda Awal Kamu Telah Bertemu Jodoh Sejati

Yakin mau skip? 

Bagaimana kamu tahu telah bertemu 'the one'? Beberapa orang dengan hubungan jangka panjang bahkan kurang begitu memahami ketika mereka berhasil menemukan orang yang klik.

Namun, kali ini kami bakal bagikan beberapa tanda awal kamu telah bertemu jodoh sejati. Apa aja? Cek di bawah!

1. Kalian bisa cepat akrab

5 Tanda Awal Kamu Telah Bertemu Jodoh Sejatiilustrasi hubungan (pexels.com/Maria Orlova)

Konsep soulmate adalah keakraban yang selalu lebih cepat dari orang yang kamu temui pada umumnya. Kalau kata orang cinta datang dari pandangan pertama, kamu merasakan lebih dari itu. Kalian nyambung kalau ngobrol, pun gak canggung buat menunjukkan 'kulit' terdalam tanpa takut dihakimi. 

Dilansir Huffington Post, ada beberapa tanda ketika kamu telah bertemu jodoh. Salah satunya merupakan keakraban secara instan, layaknya konsep belahan jiwa. Menurut psikolog dan panulis 'The Karma Queens' Guide to Relationships, Carmen Harra, orang-orang yang telah bertemu pasangan mereka sering mengatakan bahwa mereka merasakan kedekatan yang luar biasa sejak awal bertemu. 

Lebih lanjut lagi, Harra menganalogikan ini seperti de javu yang aneh. Seolah-oleh momen dalam waktu itu sudah pernah terjadi. Memang terkesan klise, tapi begitulah mereka diakrabkan oleh sentuhan, rasa, aroma, sikap, dan bahasa yang selaras satu sama lain. 

2. Kamu masih nyaman meski dirinya tahu kelemahanmu

5 Tanda Awal Kamu Telah Bertemu Jodoh Sejatiilustrasi tanda pasangan yang tepat (pexels.com/Katerina Holmes)

Menurut terapis pernikahan dan keluarga di kSalt Lae City dan co-host dari acara Marriage Therapy Radio, Laura Heck, seseorang yang menghargai kamu akan bersikap lembut meski tahu kelemahanmu. Kelemahan itu menurut Heck bisa berarti hal sensitif yang mungkin kamu sembunyikan dari orang lain, tetapi kerap menjadi sumber sakit emosional yang hebat apabila aktif. 

Kalau kamu telah bertemu seseorang yang mau menangani informasi sensitif dengan empati, serta gak menggunakannya buat melawan saat terjadi keributan, itu salah satu tanda bahwa dirinya mampu menghargai sebagai pasangan utuh. Dalam hal ini, Heck menggambarkan tentang klien yang jatuh hati dengan pasangan yang cerdas, tetapi memiliki masa lalu yang harus berjuang melawan disleksia saat sekolah. Penerimaan klien terhadap pasangannya itu yang dimaksud sebagai rasa nyaman oleh Heck.

3. Dirinya mau melengkapi dengan berbagi nilai

5 Tanda Awal Kamu Telah Bertemu Jodoh Sejatiilustrasi hubungan (pexels.com/Josh Hild)

Pasangan gak harus melihat dunia dengan cara sama persis buat membangun hubungan yang sehat. Akan tetapi, nilai-nilai dasar dan konsep yang mencerminkan apa yang penting bagi seseorang, setidaknya selaras agar hubungan dapat berjalan jangka panjang. 

Dikutip dari Psychology Today, terapis pernikahan dan keluarga April Eldemire, LMFT, memberi petunjuk ketika kamu telah bertemu pasangan yang tepat. Yang mana pada bagian pertama ia mengutarakan tentang kesamaan nilai. Menurutnya, nilai ini berupa kesepakatan tentang perawatan anak, tempat tinggal, bagaimana mengatur finansial, hingga keyakinan tentang privasi, dan kesehatan. 

Nah kalau pasanganmu telah memiliki komunikasi yang baik sebagai cara untuk menyelaraskan nilai di sepanjang hidup, itu jadi sinyal bahwa dirinya mau mendengarkan kebutuhan dan menghormati keputusan kamu. Kalian akan lebih mudah mengambil kesepakatan bila memiliki nilai yang selaras.

Baca Juga: Tidak Selalu yang Nyaman, Ini 5 Ciri Jodoh yang Dikirim Tuhan!

4. Kalian mampu mengatasi konflik dengan konstruktif

5 Tanda Awal Kamu Telah Bertemu Jodoh Sejatiilustrasi hubungan (pexels.com/Katerina Holmes)

Konflik yang terjadi sama pasangan bukan berarti selalu menunjukkan tanda bahwa hubungan dalam bahaya, lho. Sebaliknya, cara kalian mengatasi konflik merupakan tanda penting bagaimana hubungan akan bertahan ketika sedang diuji.

Kalau pasangan mau mengatasi masalah tanpa melukai harga diri atau memberi kritik berlebih, itu tanda awal bahwa ia adalah orang yang selama ini kamu cari. Apalagi, kalau dirinya gak segan buat meminta maaf bila memang itu diperlukan buat kelanjutan hubungan. Saat kamu telah menemukan rasa aman dan penghargaan, bahkan ketika sedang bertengkar, kamu mungkin telah menemukan jodoh sejati. 

5. Perbedaan justru melengkapi, bahkan mampu mengeluarkan versi terbaik kalian

5 Tanda Awal Kamu Telah Bertemu Jodoh Sejatiilustrasi hubungan (pexels.com/Katerina Holmes)

Dikutip Elitedaily, ada beberapa tanda awal ketika kamu telah bertemu 'the one'. Bagian penting yang perlu digarisbawahi adalah ketika kalian mampu saling memberi tantangan buat keluar dari zona nyaman. 

Misalnya, kalau pasangan kamu lebih asertif daripada kamu maka ia mungkin akan memintamu buat berbicara lebih banyak tentang dirimu. Sebaliknya, ketika kamu suka mengambil risiko maka kamu memberi kesempatan pada pasangan buat lebih berani dalam mengejar mimpinya. Kalian ada untuk saling mengisi kekurangan dan menemani bertumbuh menjadi invididu. 

Beberapa orang mengatakan bahwa cinta pada pandangan pertama itu benar adanya. Namun terkadang, kamu membutuhkan validasi lebih dari sekadar pandangan atau firasat dengan keyakinan seperti di atas. Bila beberapa tanda itu terdengar familiar untukmu, selamat karena sepertinya kamu telah bertemu jodoh sejati. 

Baca Juga: Bikin Jodoh Jauh, 5 Stereotip Cewek di Mata Cowok Ini Sepenuhnya Salah

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya