Comscore Tracker

7 Tanda Kamu Masih Ragu Menjalin Hubungan Pasca Putus

Gak perlu dipaksa

Tidak setiap orang bisa dengan mudah menjalin hubungan setelah putus. Beberapa di antaranya justru butuh waktu lebih lama untuk berdamai dengan diri. Terlebih bagi kamu yang putus dengan cara gak baik, harus berjuang melawan trauma yang masih kerap menghantui. Gak perlu dipaksa, ini beberapa tanda kalau kamu belum siap menjalin hubungan asmara baru pasca putus. 

1. Terselip dalam keseharian, kamu masih terbayang kenangan mantan

7 Tanda Kamu Masih Ragu Menjalin Hubungan Pasca Putusunsplash/Dan Gribbin

Kamu sudah tidak pernah menjalin kontak dengan mantan dan menjalani hari-hari seperti biasa tanda dia. Namun ada kalanya, kamu masih mengingat tentang dia. Semakin kamu ingin melupakan, semakin kenangan tentang dia hadir memenuhi isi kepalamu.

Secara gak sadar, kamu masih kerap bercerita tentang mantan kamu. Apabila kamu masih melakukan ini, masih ada rasa yang tertinggal padanya. Itu menjadi tanda kalau kamu belum siap menyambut seseorang dalam hidupmu. 

2. Tidak perlu menyangkal apabila kamu masih ragu menjalin komitmen dalam sebuah hubungan

7 Tanda Kamu Masih Ragu Menjalin Hubungan Pasca Putusunsplash/ John Sting

Menjaga ikatan jangka panjang dengan seseorang itu memang tidak mudah. Kamu tahu betul ini dan belum siap menanggung risiko pada pilihan yang kamu ambil nanti.

Banyak orang mendekatimu setelah putus, namun kamu merasa belum siap menautkan diri pada salah satunya. Kamu masih ragu apakah bisa bertahan pada hubunganmu justru sebaliknya. 

3. Kamu pengin menjalin hubungan serius dengan orang yang tulus karena sudah malas dengan drama, itu yang membuatmu jadi terlalu picky

7 Tanda Kamu Masih Ragu Menjalin Hubungan Pasca Putusunsplash/ Warren Wong

Mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan pada hubungan sebelumnya membuatmu jadi sangat hati-hati. Kamu betul-betul mencari tahu seperti apa orang yang akan bersamamu kelak. Kamu jadi terlalu picky, karena sudah malas dengan drama dan ingin menjalin hubungan serius dengan orang yang tulus.

Kamu mencari kesempurnaan dalam diri orang lain, itulah yang membuatmu terlihat berhenti pada persimpangan antara belum bisa move on atau justru terlalu khawatir dengan hubunganmu selanjutnya. 

Baca Juga: Gak Serius, 5 Tanda Ini Tunjukan Pasangan Belum Siap Berkomitmen

4. Saat kamu mencari pasangan hanya untuk membuatmu senang, kamu belum siap dengan hubunganmu

7 Tanda Kamu Masih Ragu Menjalin Hubungan Pasca Putusunsplash/ Caleb Frith

Alasan lain kenapa kamu belum siap menjalin hubungan adalah ketika kamu mencari pasangan hanya untuk membuatmu senang. Pasangan memang harus saling melengkapi, namun ada indikasi kalau kamu bakal terlalu bergantung karena menggantungkan kebahagiaanmu padanya. Kamu barangkali sudah siap dicintai, namun kamu belum siap untuk mencintai. 

5. Kamu tidak bisa menjelaskan hubungan seperti apa yang kamu mau

7 Tanda Kamu Masih Ragu Menjalin Hubungan Pasca Putusunsplash/ Ashley Knedler

Pada hubungan yang sehat, kamu tahu apa yang kamu inginkan dari hubungan kamu. Kalian tahu mau dibawa ke mana hubungan kalian. Barangkali kamu tidak cukup tahu kenapa memilih dia sebagai pasangan, namun kamu tahu hubungan ideal seperti apa yang ingin kamu wujudkan.

Kamu ingin menciptakan itu di sepanjang perjalanan kalian. Sebaliknya, kamu belum siap apabila belum memahami hal ini. 

6. Selain tidak mudah percaya sama orang, kamu punya cara pandang pesimis terhadap hubungan

7 Tanda Kamu Masih Ragu Menjalin Hubungan Pasca Putusunsplash/ Toa Heftiba

Kamu bukan orang yang mudah luluh, kamu tipe orang yang punya alasan konkrit kenapa memilih menjatuhkan hati pada seseorang. Bahkan kamu sampai sekarang tidak percaya dengan hubungan harmonis yang bakal bertahan lama.

Entah pandangan pesimis ini karena pengalaman atau hal lain, ini yang membuatmu tidak mudah percaya sehingga butuh waktu lebih lama untuk menjalin hubungan baru. 

7. Kamu belum bahagia dan menerima dirimu sepenuhnya

7 Tanda Kamu Masih Ragu Menjalin Hubungan Pasca Putusunsplash/ Lucas Sankey

Hubungan itu indah, termasuk ketika di dalamnya diselingi dengan cinta dan kasih. Apabila kamu belum merasa bahagia dengan dirimu, maka kebahagiaan tak akan kamu dapat dari hubungan.

Beberapa orang menjalin hubungan namun tidak sepenuhnya mencintai dirinya. Akhirnya mereka tidak puas dan gagal dengan hubungan yang dijalani. Kamu tahu ini dan tak mau mengalami hal yang sama. 

Menjalin hubungan itu perlu dirawat dan memerlukan waktu, tidak perlu dipaksa apabila kamu belum siap. Kamu akan lebih mudah terbuka dan mampu menyambut seseorang yang datang apabila sudah siap dan matang.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Belum Siap Jalin Ikatan Jangka Panjang, Tak Perlu Dipaksa

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima

Just For You