Comscore Tracker

6 Tips LDR Biar Awet, Kejujuran Jadi Pengikat Paling Kuat

Pasangan LDR segera merapat!

Bukan hanya kepercayaan dan komitmen yang terus dibangun untuk mempertahankan hubungan LDR, tapi juga kejujuran. Bagaimana kamu mau jujur terhadap apa yang kamu rasakan, begitu pula bagaimana kamu menjaga kejujuran dengan pasanganmu. 

Pasang surut dalam hubungan itu sudah biasa, yang menjadi istimewa dari pasangan LDR justru bagaimana mereka tetap menjaga keutuhan hubungan di tengah perbedaan jarak yang kerap kali menyiksa.

Untuk itu, inilah beberapa kiat buat pasangan LDR supaya tetap awet. Simak di bawah ini, yuk!

1. Menjaga komunikasi juga dibarengi dengan pengertian, memahami, dan tetap sabar kalau-kalau dia belum kasih kabar

6 Tips LDR Biar Awet, Kejujuran Jadi Pengikat Paling Kuatunsplash/Everton Vila

Komunikasi jadi penting banget di tengah perbedaan jarak yang kalian jalani. Mau adem-ayem maupun berantem, komunikasi harus tetap berlanjut. Begitu pula ketika ada salah satu yang belum punya waktu untuk kasih kabar, butuh sama-sama mengerti kalau kalian punya kesibukan masing-masing. Bertukar cerita adalah salah satu cara paling mudah untuk menunjukkan kalau kalian mau saling percaya satu dengan yang lain.

Baca Juga: Ditinggal Gebetan Punya Pacar? Ini 6 Hal yang Perlu Kamu Lakukan!

2. Kalau kamu sempat tergoda makhluk lain alias orang ketiga, ingat lagi komitmen dan perjuangan yang sudah kalian lewati dari awal

6 Tips LDR Biar Awet, Kejujuran Jadi Pengikat Paling Kuatunsplash/freestocks.org

Tidak dipungkiri kalau perkara LDR bukan hanya sulitnya menahan pertemuan, tapi juga perkara orang ketiga. Kalau kamu sempat tergoda dan meragu pada perasaanmu, coba ingat lagi komitmen kalian dari awal itu bagaimana. Perjuangan yang sudah kalian lewati tidak akan terbayar tuntas dengan keputusan mengakhiri hubungan karena orang ketiga. Maka pikirkanlah baik-baik sebelum mengambil keputusan yang melibatkan kepentingan kamu dan pasangan. 

3. Menahan kerinduan untuk bertemu bukan perkara mudah, tapi tahan saja jika di sana ada orang yang juga merasakan hal yang sama

6 Tips LDR Biar Awet, Kejujuran Jadi Pengikat Paling Kuatunsplash/Maxim Medvedev

Semua pasti sepakat kalau pasangan LDR itu butuh banyak pengorbanan. Baik itu tentang waktu, uang, ataupun emosi yang tak karuan saat menahan kerinduan. Satu hal yang justru menguatkan adalah ketika kamu tahu bahwa bukan hanya kamu yang harus menahan rindu, tapi juga pasanganmu. Menahan kerinduan jadi lebih ringan saat tahu bahwa ada orang yang juga menantimu di luar sana.

4. Menjalani hubungan yang terpaut jarak butuh dirawat dengan kejujuran, baik dengan pasangan maupun terhadap perasaan sendiri

6 Tips LDR Biar Awet, Kejujuran Jadi Pengikat Paling Kuatunsplash/IB Wira Dyatmika

Penting untuk jujur terhadap pasanganmu, tapi yang tidak kalah penting adalah jujur terhadap perasaanmu sendiri. Kamu tidak menghindari sesuatu yang janggal, tapi mau mengutarakannya dengan gamblang. Seperti, ketika kamu cemburu terhadap pasangan.

Kamu bukan orang yang sembarangan menuduh selingkuh atau semacamnya, setiap persoalan kamu hadapi dengan kepala dingin. Pasanganmu bukan hanya sekadar pasangan, tapi juga partner yang selalu menemani dan ada di pihakmu di sepanjang perjalanan.

5. Kamu mungkin gak bisa intens menepati jadwal pertemuan, tapi kamu selalu bisa kasih kejutan di hari spesial

6 Tips LDR Biar Awet, Kejujuran Jadi Pengikat Paling Kuatunsplash/Kara Eads

Kamu tidak bisa menampik kalau ada jadwal pertemuan yang barangkali belum bisa kesampaian. Sehingga ada kalanya kamu butuh alternatif lain untuk menunjukkan perasaan cinta yang butuh disalurkan itu. Misalnya, ketika kamu memberikan hadiah di hari spesial untuknya. Meskipun sederhana, itu akan membuatnya merasa diperhatikan dan lebih berharga. 

6. Percayalah pada pasanganmu, penguatan terakhir yang bisa kamu lakukan adalah percaya kalau kalian mampu melewati waktu-waktu sulit

6 Tips LDR Biar Awet, Kejujuran Jadi Pengikat Paling Kuatunsplash/Joseph Chan

Setiap hubungan sedikit banyak pasti ada masalahnya, begitu pula dengan pasangan LDR. Kalau kamu mau menikmati dan mencoba cari solusi, semuanya akan baik-baik saja. Percaya dengan pasangan dan hubunganmu saat ini, percaya bahwa akan ada bahagia di ujung peluh dalam mempertahankan orang yang kamu sayangi.

Sepertinya, setiap dari kita sepakat kalau hubungan jarak jauh itu gak ada yang mudah. Butuh kesabaran berkali lipat, terlebih ketika tengah diuji. Semoga beberapa hal tadi bisa menguatkan tali kasih kalian yang masih terpaut jarak untuk sementara.

Baca Juga: Urutan Makeup Kondangan ala Model buat Pemula, Bikin Semua Melirik!

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Elfida

Just For You