Comscore Tracker

7 Alasan Sah & Lumrah Kenapa Pasangan Ingin Menunda Pernikahan

Kita punya timeline sendiri-sendiri

Menikah di usia akhir 20an atau 30an sepertinya masih jadi perkara menakutkan bagi sebagian orang. Meski banyak yang bilang, kalau sudah berusia matang, lantas apa lagi yang ingin dikejar? Terlebih buat pasangan yang telah lama menjalin hubungan.

Padahal, setiap dari kita punya timeline kehidupan masing-masing yang gak bisa disamakan satu dengan yang lain. Ada yang masih ingin menggapai cita-cita dan kariernya, ada yang sedang berjuang di jalan lain untuk menautkan tali dalam ikatan suci pernikahan.

Kalau kamu dan pasanganmu juga mengalami hal ini, tenang saja karena kamu gak sendiri. Inilah beberapa alasan sah kenapa menunda pernikahan meski sudah berusia matang itu adalah hal lumrah.

1. Standar sosial di negara berkembang itu kadang lebih rumit, tapi kalian selalu berhak memilih jalan sendiri ketimbang di kemudian hari menelan pil pahit

7 Alasan Sah & Lumrah Kenapa Pasangan Ingin Menunda Pernikahanunsplash/ Sweet Ice Cream Photography

Sudah berusia matang, sudah punya calon, sudah mapan, lalu apa lagi yang ingin dikejar? Sekali dua kali, kalian pasti pernah mendapat pertanyaan semacam ini. Entah itu dari keluarga, kerabat, kenalan, ataupun tetangga. Sepertinya, semuanya ingin menanti kalian menyuarakan kabar bahagia untuk mereka. 

Tapi, menikah itu tak pernah sesederhana apa yang dikatakan orang. Melewati altar suci butuh dilandasi berbagai pertimbangan. Ketika kalian belum siap, kenapa harus dipaksa mengikuti patokan yang diberikan orang lain? 

Baca Juga: 10 Inspirasi Kebaya Anak ala Seleb, Bisa Buat Kondangan Bareng, Nih

2. Sambil berjalan beriringan, wajar kok kalau sekarang kalian sedang sama-sama berjuang demi masa depan yang lebih mapan

7 Alasan Sah & Lumrah Kenapa Pasangan Ingin Menunda Pernikahanunsplash/Brooke Cagle

Kalau kalian lahir dari keluarga terpandang dengan adat istiadat serta nilai luhur yang mengikat, menikah di usia muda itu adalah wajar. Alasannya biar gak durhaka dan dalam rangka menghormati orang tua. Terlebih, ketika segala biaya sudah disokong sepenuhnya oleh keluarga. 

Tapi, bagaimana kalau kalian bukan termasuk golongan ini?

Ya, kuncinya adalah gak perlu gengsi. Gak ada yang perlu dikhawatirkan kalau kalian tengah berjuang memantaskan diri dengan jerih payah sendiri. Itu tandanya kamu dan pasanganmu bisa diandalkan dan benar-benar mandiri. 

3. Ada pepatah yang bilang, menikah itu adalah tentang menerima kekurangan pasangan. Apa kalian sudah yakin saling menerima satu sama lain?

7 Alasan Sah & Lumrah Kenapa Pasangan Ingin Menunda Pernikahanunsplash/Nathan Dumlao

Kalau sudah sama-sama yakin dan nyaman, segala permasalahan akan bisa dilewati. Ada pepatah yang bilang bahwa menikah itu pada intinya adalah mau menerima kekurangan pasangan.

Kelak ketika kalian sudah berada dalam naungan rumah tangga, yang dicintai bukan hanya kelebihan pasangan, tapi juga kekurangannya. Tanyakan pada diri sendiri, apakah kalian sudah bisa saling menerima sepenuhnya? 

4. Bukan hanya butuh tekad yang kuat, tapi juga mental yang ditempa berkali-kali supaya mampu berdiri kokoh dalam biduk rumah tangga nanti

7 Alasan Sah & Lumrah Kenapa Pasangan Ingin Menunda Pernikahanunsplash/Anna Utochkina

Bukan hanya kemantapan secara lahir dan batin, tapi juga seberapa kebal kalian menghadapi permasalahan dalam hubungan. Setiap pernikahan pasti ada ujiannya, tapi kalau sudah terbiasa saling bekerja sama untuk melewatinya, itu bakal menjadi poin plus yang bisa dikantongi sebagai bekal nikah.

Sekarang tanyakan pada diri masing-masing, seberapa kokoh kalian membangun hubungan hingga layak dibawa ke arah lebih serius dalam komitmen sehidup semati.

5. Tak semudah yang terlihat, menikah itu tidak hanya tentang kematangan usia dan finansial. Ada yang tak kalah penting, yaitu kestabilan emosi

7 Alasan Sah & Lumrah Kenapa Pasangan Ingin Menunda Pernikahanunsplash/Andrik Langfield

Menikah itu adalah kebutuhan setiap orang, naluri alami manusia untuk bisa survive melanjutkan keturunan. Tapi, kalian yang mampu mengukur sendiri kapan rentang waktu yang pas untuk menjalaninya.

Matang dalam hal usia dan urusan finansial untuk ke depan itu penting, tapi ada yang tak kalah penting, yaitu kematangan emosi. Memiliki emosi yang sudah stabil akan membantu membangun keluarga yang lebih harmonis.

Banyak pasangan muda yang belum punya modal nikah satu ini, sehingga berujung tragis dalam pernikahannya. Kamu dan pasangan gak mau bukan kejadian seperti itu terjadi?

6. Sabar saat banyak orang mulai bersumbar, orang boleh berkomentar tapi yang menjalani kehidupan tetap kalian, bukan?

7 Alasan Sah & Lumrah Kenapa Pasangan Ingin Menunda Pernikahanunsplash/Jeremy Wong Weddings

Sudah tidak terbilang bagaimana kesabaran kalian dalam menghadapi komentar para kenalan untuk segera menyebar undangan. Bagaimana menghela napas panjang agar tetap tenang ketika ada yang ikut campur dengan candaan.

Orang boleh berkomentar apa saja, tapi yang menjalani tetap kalian. Menikah itu komitmen seumur hidup yang kurang elok kalau dijalani karena merasa tertekan. Jadi, kalian lebih memilih menikmati apa yang ada sekarang, tanpa perlu merasa dikejar-kejar.

7. Setiap orang punya garis waktunya sendiri, percaya saja jika waktunya tiba, kalian akan menorehkan senyum bahagia

7 Alasan Sah & Lumrah Kenapa Pasangan Ingin Menunda Pernikahanunsplash/Foto Pettine

Setiap orang punya waktunya sendiri. Kalau sekarang belum waktunya kalian saling menyematkan cincin pada jari masing-masing di depan penghulu, itu gak apa-apa, kok. Justru kalian punya lebih banyak waktu untuk terus memperbaiki diri supaya matang secara pribadi. Syukur-syukur kalau saat ini ada banyak hal yang tengah ingin diwujudkan. Dampaknya berimbas dengan pondasi rumah tangga yang lebih kokoh untuk modal menikah nanti.

Nah, itulah tadi beberapa alasan kenapa pasangan yang menunda pernikahan itu sah-sah saja dan lumrah dijalani. Kalau kamu mengalami hal yang sama, bagaimana pendapatmu dengan hal ini? 

Baca Juga: Adu Gaya Duo Sahabat Beby Tsabina dan Cassandra Lee, Kompak Banget!

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Elfida

Just For You