Comscore Tracker

7 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kusam Secara Alami, Mudah Kok!

Kulit wajah makin sehat nih, coba yuk!

Gak dipungkiri kalo punya kulit wajah kering dan kusam akan membuat tidak percaya diri dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi buat kamu yang sering keluar ruangan dan terpapar langsung dengan sinar matahari serta debu, pasti akan mengalami kondisi seperti ini. 

Sebenarnya kulit kering dan kusam disebabkan karena kulit tidak bisa menjaga kelembapan dan menurunnya tingkat sebum. Selain itu faktor penyebab lainnya adalah karena kurang konsumsi air, kurang menjaga pola makanan sehat, dan penggunaan alat makeup yang tidak cocok. Meski begitu masalah kulit ini masih tetap bisa diatasi.

Berikut IDN Times kasih beberapa tips atau cara mengatasi kulit kering dan kusam secara alami. Selain itu mampu berkhasiat untuk menyehatkan kulit wajah kamu juga. Mau tahu metodenya apa aja? Langsung simak di bawah ini deh.

1. Gunakan krim pelembab yang cocok dengan kulit wajah

7 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kusam Secara Alami, Mudah Kok!healthline.com/health

Pelembab adalah hal wajib yang harus kamu gunakan ketika akan beraktivitas di luar ruangan. Selain untuk menghalangi debu dan kotoran yang masuk karena polusi, pelembab juga ampuh melindungi kulit wajah kamu dari sengatan sinar matahari. 

Namun kebanyakan perempuan melakukan kesalahan saat memilih produk pelembab yang gunakan, alhasil kulit menjadi kering dan kusam karena ketidakcocokan antara pelembab dengan jenis kulit.

Untuk jenis kulit normal kamu bisa menggunakan produk pelembab water based di pagi hari dan oil based untuk malam hari. Jika jenis kulit kamu kering, gunakan produk pelembab oil based agar kelembapan kulit kamu terjaga. Sedangkan jika kulit kamu berminyak, gunakan produk pelembab oil free atau water based agar tidak kusam dan berjerawat. 

Jangan sampai keliru menerapkan pelembab pada kulit wajah, salah pilih pelembab bisa membuat wajah kamu tambah kering dan kusam.

2. Perbanyak minum air putih

7 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kusam Secara Alami, Mudah Kok!stylecaster.com/beauty

Air putih adalah elemen penting ketika kamu punya masalah kulit kering. Pada dasarnya kulit kering disebabkan karena tubuh kekurangan cairan, akhirnya banyak sel mati hingga menyebabkan kulit menjadi kering dan keriput.

Maka dari itu, kamu dianjurkan memperbanyak minum air putih agar tubuh tidak terhidrasi dan kelembapan kulit tetap terjaga.

3. Hindari rokok, alkohol, dan kafein

7 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kusam Secara Alami, Mudah Kok!kazak.com

Bahan yang ada dalam rokok, alkohol, dan kafein juga bisa merusak kulit. Kamu dianjurkan untuk menghindari ketiga bahan ini agar kulit wajah kamu tetap sehat.

4. Gunakan pelembab saat berada di ruangan ber-AC

7 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kusam Secara Alami, Mudah Kok!galtime.com

Bukan hanya dipakai di luar ruangan saja, pelembab juga sangat dibutuhkan bagi kulit wajah kamu ketika berada di ruangan ber-AC. Apalagi jika kulit wajah kamu tipe kering, jangan lupa melapisinya dengan pelembab terlebih dahulu sebelum memaki make up.

5. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

7 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kusam Secara Alami, Mudah Kok!beautycaretips.in

Selain konsumsi banyak air putih, buah dan sayur juga sangat dianjurkan untuk kamu yang mengalami masalah kulit kering dan kusam. Kandungan vitamin dan nutrisi di dalamnya akan melembabkan kulit wajah dan menyehatkan secara alami dari dalam. 

6. Rutin olahraga

7 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kusam Secara Alami, Mudah Kok!skwad.tv

Apa hubungannya rutin olahraga dengan masalah kulit kering dan kusam? Kamu yang rutin olahraga secara otomatis akan mengeluarkan hormon bahagia yang bisa meningkatkan mood sehingga membuatmu lebih perhatian terhadap diri.

Kamu akan menganggap bahwa merawat kulit wajah sama pentingnya dengan merawat anggota badan lainnya agar tetap sehat. Selain itu olahraga dapat menghalau stress yang seringkali menjadi penyebab masalah kulit wajah kamu.

7. Buat masker wajah sendiri dari bahan alami

7 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kusam Secara Alami, Mudah Kok!antiagingcostarica.com

Kamu bisa membuat masker wajah untuk kulit kering dan kusam secara alami dari bahan-bahan seperti pisang, madu, mentimun, lidah buaya, susu, alpukat, tomat, bengkoang, yogurt, dll.

Bahan alami ini kaya akan kandungan vitamin baik yang akan menutrisi kulit wajah kamu. Kulit wajah kamu akan terlihat lebih putih, bersih, dan sehat secara alami.

7 cara mengatasi kulit kering dan kusam di atas cukup mudah untuk dilakukan, asal ada kemauan dan niat buat punya kulit wajah yang selalu sehat dan tidak terlihat kering, besar kemungkinan cara ini juga akan berhasil kok. Semoga bermanfaat ya girls.

Fajar Laksmita Photo Community Writer Fajar Laksmita

a cup of coffee and some cookies

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah
  • Wendy Novianto

Just For You