Comscore Tracker

Bagi Perempuan, 5 Cara Hadapi Pasangan yang Suka Meremehkan

Kamu berhak bicara!

Memiliki hubungan yang sehat dan baik-baik saja merupakan impian bagi banyak orang. Tetapi, terkadang setiap manusia memiliki sifat yang buruk hingga membuat pasangan merasa tersinggung. Salah satu sifat buruk yang kerap terjadi yaitu suka merendahkan.

Apakah pasangan kamu pernah merendahkan kamu ketika sedang melakukan suatu hal? Atau bahkan pasanganmu membuatmu tidak bersemangat karena selalu membahas kelemahan dan menjatuhkan kamu? Wah, jangan dibiarkan saja, girls!

Mendapatkan perlakuan direndahkan dari pasangan bisa membuat kamu menjadi tidak percaya diri, lho! Untuk mengatasi pasangan yang suka meremehkan, kamu bisa ikuti beberapa caranya di bawah ini, ya!

1. Coba kamu tahan amarahmu dulu, bisa jadi dia tidak sengaja

Bagi Perempuan, 5 Cara Hadapi Pasangan yang Suka Meremehkanilustrasi pasangan (pexels.com/cottonbro)

Ketika pasanganmu sedang merendahkan kamu, kamu tidak perlu langsung marah, ya! Sebab, bila kamu marah, maka akan menghasilkan dampak yang lebih panjang dan lebih ribet. Ditambah ketika kamu marah, kamu tidak bisa berpikir dengan jernih, sehingga melakukan hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika dia baru melakukan sekali, mungkin kamu bisa toleransi terlebih dahulu. Tentunya, hal ini bukan karena kamu menerima karena direndahkan, bisa jadi ia tidak sengaja melakukan hal tersebut. Jadi, jangan langsung marah-marah, ya!

2. Jika terus berulang, kamu bisa perhatikan kapan pasanganmu mulai merendahkanmu

Bagi Perempuan, 5 Cara Hadapi Pasangan yang Suka Meremehkanilustrasi pasangan (pexels.com/Alex Green)

Tapi, ketika kamu sudah bersabar dan menahan amarah, dia tetap merendahkan kamu? Wah, berarti sifat merendahkan pasanganmu ini bukan suatu hal yang tidak disengaja. Jika kamu merasa direndahkan untuk yang kedua kalinya, kamu bisa mulai perhatikan kapan dia mulai merendahkanmu.

Misalnya saja, ketika kamu berhasil melakukan sesuatu di kantor, lalu dia mulai merendahkanmu. Atau ketika kamu melakukan hal yang membuatmu senang, lalu pasanganmu mulai merendahkanmu.

Perhatikan hal-hal kecil seperti ini ya, sehingga ketika kamu sudah tidak bisa tahan untuk bersabar dan ingin menegur dia, kamu bisa memberi tahu pasanganmu kapan ia mulai merendahkanmu.

3. Jika tetap merendahkanmu, maka tegur pasanganmu saat kamu merasa direndahkan

Bagi Perempuan, 5 Cara Hadapi Pasangan yang Suka Meremehkanilustrasi pasangan (pexels.com/Antoni Shkraba)

Sifat merendahkan orang lain sangat berbahaya bila dilakukan secara terus menerus, sebab bisa membuat orang lain tidak percaya denganmu dan membuat kamu kurang peduli dengan orang di sekitarmu.

Sebagai pasangan yang ingin membantu pasangan memiliki pribadi yang lebih baik, kamu bisa tegur dia di waktu yang tepat, ya.

Kamu tegur pasangmu saat mereka mulai merendahkan kamu. Di saat itulah kamu bisa jujur kepada pasanganmu bahwa kamu merasa direndahkan. Bisa jadi, pasanganmu tidak sadar melakukan hal tersebut, karena kebiasaan dan tidak ada yang menegurnya.

Baca Juga: 5 Cara Membangun Kekuatan Mental Diri, Jangan Diremehkan!

4. Coba ajak pasanganmu untuk berubah agar tidak menjadi kebiasaan buruk

Bagi Perempuan, 5 Cara Hadapi Pasangan yang Suka Meremehkanilustrasi pasangan (pexels.com/Shvets Production)

Jika kamu peduli dengan pasanganmu, maka kamu ajak dia untuk merubah sifat yang suka merendahkan orang lain. Sebab, jika dibiarkan saja, maka akan memberikan dampak negatif kepada dia dan orang sekitarnya, hingga sifat ini bisa menjadi kebiasaan buruk.

Dalam hal ini, kamu bukan merubah dia, ya. Melainkan kamu membantu dia agar menjadi orang yang lebih baik, sisanya tergantung pada niatnya. Kamu bisa memberikan peringatan saat dia sedang merendahkan kamu, sehingga dia paham letak kesalahannya dan tidak diulangi lagi.

5. Jika masih merendahkan, maka kamu perlu putus hubungan daripada kamu harus tersinggung secara terus menerus

Bagi Perempuan, 5 Cara Hadapi Pasangan yang Suka Meremehkanilustrasi pasangan (pexels.com/Rodnae Production)

Wah, ternyata dia masih merendahkan kamu? Kalau begitu, kamu bisa lakukan cara terakhir, yaitu putuskan hubunganmu dengan dia. Kenapa begitu? Sebab, kamu bisa terkena dampak dari sifat dia yang suka merendahkan kamu dan tidak baik bagi kehidupan kamu.

Ditambah lagi, jika dia tidak berubah, berarti tandanya ia kurang niat untuk menjadi orang yang lebih baik. Jadi, lebih baik kamu tidak membuang waktu lebih lama untuk membantu orang yang tidak mau berubah. Beri tahu alasannya, lalu tinggalkan dia. Doakan semoga dia bisa berubah dengan sendirinya suatu saat nanti.

Pasangan yang suka meremehkan tidak baik bagi keberlangsungan hidup kamu. Jika kamu merasa tidak bisa toleransi sifatnya yang suka merendahkan kamu, maka lebih baik kamu akhiri hubunganmu agar kamu bisa menjalani kehidupan lebih baik.

Baca Juga: 5 Sikap untuk Hadapi Orang yang Gemar Meremehkan

Fajrina Annisa Photo Verified Writer Fajrina Annisa

I write what I like and what I see.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya