Comscore Tracker

8 Anggapan tentang Cinta yang Bikin Merana jika Dipercaya, Sadar Woy!

#IDNTimesLife Cinta itu bukan dongeng putri dan raja

Setiap orang punya gambaran tentang cinta yang berbeda-beda. Ada yang punya gambaran buruk, ada pula yang positif. Biasanya, ini terjadi karena pengalaman mereka atau lantaran apa yang mereka lihat.

Namun, jangan sampai kamu terjebak dalam anggapan yang salah. Sebab, bukan tidak mungkin kamu bakal merana jika punya anggapan tentang cinta yang salah.

1. Suatu hari, akan ada pangeran yang hadir dan menikahimu

8 Anggapan tentang Cinta yang Bikin Merana jika Dipercaya, Sadar Woy!Adegan dalam Doom At Your Service (dok. VIU)

Mungkin, ada beberapa perempuan yang beranggapan bahwa sosok sempurna akan hadir di depannya kelak. Ia sempurna seperti seorang pangeran. Selain menawan, ia punya kuasa, wibawa, dan mapan. Selanjutnya, kalian menikah dan hidup tenteram.

Anggapan ini sebaiknya jangan dijadikan panutan. Faktanya, sosok yang sesempurna pangeran itu jumlahnya hanya ada sekian persen di muka bumi. Orang yang sudah berusaha keras saja, bisa kesulitan mencapai kesempurnaan ala pangeran itu.

2. Hidup dengan cinta saja sudah cukup

8 Anggapan tentang Cinta yang Bikin Merana jika Dipercaya, Sadar Woy!Adegan dalam Doom At Your Service (dok. VIU)

Berkaca pada beberapa kasus, kehidupan rumah tangga bisa goncang saat diterpa masalah komunikasi dan keuangan. Pada level yang lebih rendah, yaitu pacaran, cinta juga bisa runtuh karena rasa bosan, kesepian, dan faktor lain.

Karenanya, jika ingin langgeng, hubunganmu harus berdiri di atas landasan yang kokoh. Misalnya, kesamaan intelektual, rasa humor yang tinggi, satu kepercayaan, saling menghargai, atau landasan lainnya.

3. Kalau cinta, tidak perlu berkata maaf

8 Anggapan tentang Cinta yang Bikin Merana jika Dipercaya, Sadar Woy!Adegan dalam Doom At Your Service (dok. VIU)

Ketika sedang bersitegang, kamu mungkin lupa meminta maaf. Ini karena kamu sudah sangat dekat dengannya atau anggapan bahwa semua akan mereda seperti kejadian yang sudah-sudah.

Padahal, bisa saja ia menyimpan rasa sakit atau tersinggung dalam hatinya. Semua perasaan kesalnya bisa saja dipendam begitu saja. Pada akhirnya, bukan tak mungkin ia berpaling pada orang yang lebih mampu menghargai perasaannya.

4. Setelah menemukan cinta, kamu akan bahagia selamanya

8 Anggapan tentang Cinta yang Bikin Merana jika Dipercaya, Sadar Woy!Adegan dalam Doom At Your Service (dok. TvN)

Kalau kamu berpikir hidupmu akan mulus-mulus saja setelah bertemu pasangan yang tepat, bisa jadi itu mitos. Toh, jika kamu mengamati bagaimana kehidupan pasangan yang terlihat bahagia, hidup mereka pasti diliputi suka dan duka.

Kesulitan pasti selalu ada pada setiap pasangan. Hanya saja, tidak semua orang mau mengumbarnya. Ada pula pasangan yang berbagi sisi bahagianya saja. Contohnya, kamu tidak tahu persis bagaimana pasangan suami istri berjuang untuk membiayai sekolah anak.

Selain itu, definisi bahagia itu relatif. Setiap orang punya kriteria bahagianya sendiri. Alangkah baiknya jika kamu tidak mengadopsi mentah-mentah definisi cinta yang bahagia begitu saja.

Baca Juga: 5 Tips Akhiri Hubungan Tanpa Status dengan yang Gak Pasti

5. Cinta itu menyakitkan

8 Anggapan tentang Cinta yang Bikin Merana jika Dipercaya, Sadar Woy!Adegan dalam Doom At Your Service (dok. TvN)

Biasanya, anggapan seperti ini muncul dari sosok-sosok yang pernah mengalami kegagalan cinta. Memang benar jika ada cinta yang menyakitkan. Namun, kamu tidak bisa memukul rata semua cinta demikian. 

Jika berhak berbahagia pada cinta yang baru, apakah kamu mau menutup diri? Percayalah, cinta itu menyakitkan apabila kamu mengejar orang yang salah!

6. Jika kamu mencintainya sepenuh hati, sifat buruknya akan berubah

8 Anggapan tentang Cinta yang Bikin Merana jika Dipercaya, Sadar Woy!Pexels.com/Trung Nguyen

Perlu diingat, anggapan ini bersifat pengandaian. Artinya, tidak ada jaminan jika sifat buruk pasanganmu akan berubah lewat cintamu yang sungguh-sungguh.

Coba pikirkan! Jika cintamu yang lalu saja tidak dianggap sepenuh hati, harus sejauh apa kamu berusaha hingga layak disebut demikian? Sementara itu, mengubah sifat buruk seseorang bukan hal yang instan, bahkan bisa jadi mustahil.

7. Karena cinta, kamu tidak boleh meninggalkannya yang sudah bersikap buruk

8 Anggapan tentang Cinta yang Bikin Merana jika Dipercaya, Sadar Woy!Pexels.com/Marina Abrosimova

"Aku ingin meninggalkannya karena selalu bersikap kasar. Tapi, aku kasihan. Aku sangat mencintainya."

Pernah mengucapkan kalimat yang sejenis? Mulai sekarang, camkan bahwa cinta itu harus timbal balik.

Kalau kamu mencintainya, maka dia juga harus mencintaimu. Dia harus menunjukkan perbuatan nyata yang jadi tanda cinta itu. Bukan malah menyakitimu.

8. Aku tidak mungkin melupakannya

8 Anggapan tentang Cinta yang Bikin Merana jika Dipercaya, Sadar Woy!Adegan dalam Doom At Your Service (dok. VIU)

Hal ini lumrah terjadi jika kamu baru saja putus dengannya. Kamu merasa sulit melupakan memorimu bersamanya, meski pada akhirnya kalian tak sejalan juga.

Namun, hanya waktu yang bisa membuktikan apakah kamu sanggup melupakannya. Oleh karena itu, bersabar saja sembari mengenal orang-orang baru. Bisa jadi, jodohmu bermula dari sini.

Itulah anggapan tentang cinta yang bikin merana jika dipercaya. Cobalah tepuk dulu pipimu dan sadari betul-betul agar kamu tidak mengamini delapan poin di atas! Semoga kamu tidak menyesal di kemudian hari.

Baca Juga: 5 Tips Sederhana untuk Menguatkan Hubungan Persahabatan

Lita Michelle Photo Verified Writer Lita Michelle

I believe the grass is no more greener on the other side

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya