Comscore Tracker

Terdengar Tabu, Tapi Inilah Pentingnya Membuat Perjanjian Pra Nikah

Dalam hal cinta juga perlu adanya antisipasi

Di Indonesia perjanjian pra nikah masih sangat awam, dan dianggap sebagai hal yang tabu untuk dilakukan. Perjanjian yang berisi akan kesepakatan kedua belah pihak ini dianggap sebagai wujud kurangnya rasa percaya terhadap keyakinan cinta pasangan, padahal jauh dari pemikiran tersebut perjanjian nikah begitu sangat penting untuk dibuat.

Terlebih lagi untuk sekarang ini banyak sekali kasus perceraian, bukan berpikiran negatif tapi pada kenyataannya banyak kasus yang membuat angka perceraian di Indonesia semakin banyak, dan inilah lima pentingnya membuat perjanjian pra nikah.

1. Saat terjadi perpisahan akan mudah dalam pembagian harta

Terdengar Tabu, Tapi Inilah Pentingnya Membuat Perjanjian Pra Nikahunsplash

Dalam setiap pernikahan tentunya tidak ada yang mau berakhir dengan perceraian, tapi hidup itu penuh dengan misteri, bukan hanya konflik besar yang membuat banyak pasangan nekat bercerai terkadang masalah sepele saja bisa dijadikan alasan untuk berpisah, saat bercerai pembagian harta yang sering menjadi perdebatan sengit, inilah keuntungan saat sebelum menikah kalian sudah mengantisipasinya dengan membuat perjanjian pra nikah, sistem pembagian harta akan sangat mudah untuk dilakukan.

2. Mengontrol gerak-gerik pasangan dari mata jahat para pelakor

Terdengar Tabu, Tapi Inilah Pentingnya Membuat Perjanjian Pra Nikahunsplash

Perselingkuhan menjadi alasan tertinggi banyak pasangan bercerai, untuk mengantisipasi pasangan terhindar dari yang namanya pelakor, ada baiknya membuat perjanjian pra nikah yang berisi tentang batasan pasangan dengan lawan jenis.

Baca Juga: 7 Hal Ini Dianggap Penting Mempelai, Padahal Diabaikan Tamu Pernikahan

3. Pasangan akan memahami apa yang disuka dan tidak disukai

Terdengar Tabu, Tapi Inilah Pentingnya Membuat Perjanjian Pra Nikahunsplash

Perjanjian pra nikah tidak hanya berisi tentang harta tapi masih banyak hal lain yang disesuaikan sesuai keinginan kedua pasangan, dengan menulis perjanjian pra nikah kalian akan saling mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai oleh pasangan, sehingga akan memudahkan dalam hidup bersama membangun rumah tangga.

4. Saling terbuka dalam segala hal

Terdengar Tabu, Tapi Inilah Pentingnya Membuat Perjanjian Pra Nikahunsplash

Ketika kalian membuat perjanjian pra nikah dengan pasangan, ini menjadi awal saling keterbukaan di antara kalian, tidak ada yang namanya rahasia apa pun di antara kalian, yang membuat hubungan dijalani santai tanpa beban sedikit pun.

5. Adanya konsekuensi yang jelas

Terdengar Tabu, Tapi Inilah Pentingnya Membuat Perjanjian Pra Nikahunsplash

Perjanjian pra nikah dibuat dengan sadar oleh kedua belah pihak yang berisi tentang semua hal yang dianggap penting oleh keduanya dan memuat konsekuensi jika salah satu pihak melakukan pelanggaran, jika salah satunya melakukan pelanggaran akan sangat mudah untuk menjatuhkan konsekuensi atas hukuman yang harus diterima.

Perjanjian pra nikah dibuat bukan karena menginginkan adanya perceraian namun hanya untuk mengantisipasi segala kemungkinan atas permasalahan hidup yang sangat kompleks. Dengan dibuatnya perjanjian pra nikah akan memudahkan untuk mengurus segala hal yang terjadi.

Baca Juga: Tips Persiapan Pernikahan Impian yang Ampuh dalam Waktu 6 Bulan

Fina Yuliana Photo Writer Fina Yuliana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya