9 Rahasia yang Membuat Persahabatan Makin Erat

#ANGPOIN Coba dibaca buat kamu yang punya sahabat!

Setiap manusia memiliki kekurangan, kemudian Tuhan menghadirkan seseorang untuk melengkapi kita. Sahabat merupakan hal berharga dalam hidup kita. Ia mengisi kekosongan dalam hidup dan menjadikan hari-hari kita lebih berwarna.

Berikut 9 hal yang membuat persahabatan makin dekat.

1. Saling menghormati satu sama lain

9 Rahasia yang Membuat Persahabatan Makin Eratpixabay/Free-Photos

Respect atau rasa hormat adalah bagian terpenting dalam suatu hubungan. Menghormati orang lain salah satunya dengan membiarkan orang itu menjaga privasinya.

Perlu kita sadari bahwa ada hal yang ingin orang lain bagi dengan kita, ada juga hal yang ingin disimpan sendiri. Tak terkecuali dengan persahabatan yang sudah sangat dekat. Manusia tetap memerlukan ruang sendiri dalam hidupnya.

2. Melakukan hal-hal kecil untuknya

9 Rahasia yang Membuat Persahabatan Makin Eratpixabay/fancycrave1

Perhatian merupakan hal yang mampu menghangatkan hati manusia. Dengan memberikan hal-hal kecil kepada temanmu, akan membuatnya merasa bahwa dia adalah orang yang diperhatikan olehmu.

Perhatian tak selalu tentang materi, namun dapat berupa sapaan, saran atau sebuah ungkapan yang menunjukkan bahwa kamu menyayangi sahabatmu.

3. Saling memaafkan

9 Rahasia yang Membuat Persahabatan Makin Eratpixabay/cherylholt

Manusia tak pernah luput dari kesalahan. Kadang tindakan atau ucapan seseorang bisa jadi melukai orang terdekatnya. Tapi percayalah, akan selalu ada ruang untuk memaafkan kesalahan sahabat. Karena sebuah kesalahan tidak akan merusak hubungan yang telah lama terjalin dan rencana-rencana menyenangkan yang akan dilakukan bersama.

4. Tidak memaksakan kehendak

9 Rahasia yang Membuat Persahabatan Makin Eratpixabay/Free-Photos

Memiliki perbedaan pendapat antara satu orang dan orang yang lain sangat wajar. Tak terkecuali orang-orang yang telah lama akrab. Manusia tetaplah makhluk individual. Untuk menyelesaikan perbedaan pendapat, dapat diambil jalan tengah. Jangan menggunakan emosi dalam menentukan sebuah keputusan.

Baca Juga: 5 Hal Sepele yang Membuat Hubungan Persahabatanmu Jadi Renggang

5. Menjaga rahasia sahabat

9 Rahasia yang Membuat Persahabatan Makin Eratpixabay/Free-Photos

Orang yang sudah sangat dekat akan merasa nyaman untuk membagi hal-hal penting dalam hidupnya. Tak terkecuali kepada sahabat. Oleh karena itu, jangan sampai kita merusak kepercayaan yang telah diberikan kepada kita dengan menyebarkan rahasianya kepada orang lain.

6. Mencoba memahami perasaan sahabat

9 Rahasia yang Membuat Persahabatan Makin Eratpixabay/florentiabuckingham

Seseorang terkadang perlu dimengerti dalam suatu keadaan. Betapa indahnya kalau kita adalah pihak yang bersedia mengerti lebih dulu. Hingga sebuah permasalahan menjadi lebih mudah terselesaikan.

7. Tidak berprasangka buruk terhadap sahabat

9 Rahasia yang Membuat Persahabatan Makin Eratpixabay/congerdesign

Prasangka buruk merupakan racun yang sangat berbahaya dalam suatu hubungan. Apabila ada hal yang membuatmu merasa tidak nyaman, kamu bisa mengonfirmasikan hal tersebut kepada sahabatmu. Jangan terburu-buru dalam menyimpulkan sesuatu.

8. Bersedia menjadi pendengar

9 Rahasia yang Membuat Persahabatan Makin Eratpixabay/eliola

Ketika keadaan terasa sangat sulit, seseorang akan butuh pendengar. Berusaha mendengarkan apa yang diungkapkan sahabat akan sangat berarti buatnya.

Meskipun pada akhirnya dia yang memutuskan tindakan untuk permasalahannya. Setidaknya kita telah berusaha menjadi orang yang ada untuknya.

9. Tidak mengungkit keburukan

9 Rahasia yang Membuat Persahabatan Makin Eratpixabay/marusya21111999

Sebagai orang terdekat, tentu kita mengetahui hal-hal buruk yang dimiliki oleh sahabat kita. Mengungkit keburukan adalah hal yang keliru karena dapat menyakiti hati sahabat kita.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membuat persahabatanmu makin erat. Semoga bermanfaat ya.

Baca Juga: 7 Tipe Teman Dalam Geng Persahabatan, Mana yang Kamu Banget?

Fitri Cahyani Photo Community Writer Fitri Cahyani

Pencari Pencerahan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You