Comscore Tracker

Bukan Tak Mau, 5 Alasan Belum Siap Menikah Meski Telah Pacaran Lama

#ANGPOIN Jangan memaksanya, beri dia waktu sampai siap!

Jika kamu dan pasanganmu telah berpacaran lama, pastinya kamu tak asing lagi dengan pertanyaan “Kapan nikah?” yang sering kali ditanyakan oleh orang lain. Bukan berarti kamu ataupun pasanganmu tidak mau menikah, namun kalian pasti punya alasan tersendiri kenapa masih belum meresmikan secara hukum hubungan asmara kalian.

Ini 5 hal yang bisa jadi alasan kenapa kamu belum siap menikah meski telah telah lama berpacaran.

1. Belum siap secara finansial

Bukan Tak Mau, 5 Alasan Belum Siap Menikah Meski Telah Pacaran Lamadramabeans.com

Setelah pacaran lama, kamu dan pasanganmu pasti telah mengetahui kondisi finansial masing-masing dan bagaimana mengelolanya selama ini. Namun bukan hanya gambaran finansial yang selama ini dijalani yang harus diketahui, kamu dan pasangan juga harus mempunyai gambaran finansial jika nanti kalian menikah.

Karena finansial kerap menjadi pertimbangan yang sangat penting sebelum menikah, terkadang karena merasa belum siap secara finansial membuatmu ataupun pasanganmu juga belum siap untuk menikah.

2. Ingin memprioritaskan karier ataupun pendidikan terlebih dahulu

Bukan Tak Mau, 5 Alasan Belum Siap Menikah Meski Telah Pacaran Lamasoompi.com

Setiap orang pasti punya prioritasnya masing-masing, tak terkecuali kamu dan pasanganmu. Salah satunya prioritas tentang karier ataupun pendidikan yang harus dijalani.

Sebelum menikah, kamu dan pasanganmu bisa jalani terlebih dahulu apa yang menjadi prioritas kalian. Tak apa untuk menunda pernikahan, jangan hanya karena telah lama berpacaran berarti kamu harus cepat-cepat menikah. 

Baca Juga: Jangan Sampai Menyesal! 5 Bahaya Menikah Dini Ini Mesti Kamu Tahu 

3. Merasa takut untuk berumah tangga

Bukan Tak Mau, 5 Alasan Belum Siap Menikah Meski Telah Pacaran Lamatheqoo.net

Adakalanya seseorang merasa takut untuk berumah tangga. Apalagi jika dibesarkan dalam lingkungan yang terdapat berbagai masalah rumah tangga, seperti perceraian, KDRT, ataupun yang lainnya

Hal itu pun kerap menjadi alasan seseorang belum siap untuk menikah meskipun telah berpacaran dalam waktu yang lama. Tak perlu buru-buru, kamu dan pasanganmu bisa saling meyakinkan satu sama lain.

4. Komitmen yang masih lemah

Bukan Tak Mau, 5 Alasan Belum Siap Menikah Meski Telah Pacaran Lamadramabeans.com

Menikah bukanlah sesuatu yang mudah, sekalipun bagi kamu dan pasanganmu yang telah lama berpacaran. Adakalanya kamu merasa takut menikah karena komitmen yang masih lemah.

Untuk memperbaikinya, kamu dan pasanganmu bisa saling pengertian dan menguatkan komitmen. Komitmen tentang akan tinggal di mana setelah menikah, apakah akan mempunyai anak atau tidak, hingga siapa yang akan mengelola keuangan, dan masih banyak lagi.

5. Masih ragu dengan pasanganmu

Bukan Tak Mau, 5 Alasan Belum Siap Menikah Meski Telah Pacaran Lamasoompi.com

Meskipun telah berpacaran lama, bukan berarti tidak akan muncul rasa ragu terhadap pasanganmu. Hal inilah yang juga kerap menjadi alasan kenapa kamu dan pasanganmu belum menikah meski telah lama berpacaran.

Adakalanya kamu merasa ragu apakah pasanganmu akan bersikap sama setelah nanti menikah atau akan berubah. Keraguan inilah yang kerap membuatmu merasa takut untuk menikah.

Nah, itulah lima alasan yang bisa jadi alasan kenapa seseorang belum siap menikah meski telah lama berpacaran. Jika kamu mengalami hal serupa, coba deh kamu dan pasanganmu bicarakan secara baik-baik agar kalian dapat saling memahami.

Baca Juga: Siap Menikah? Yuk, Uji Dengan 5 Pertanyaan Ini Kepada Dirimu Sendiri 

Fitriani Sudrajat Photo Community Writer Fitriani Sudrajat

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You