Comscore Tracker

5 Sifat Pasangan Toxic yang Harus Kamu Tahu Agar Tak Terjebak

Kenali baik-baik agar bisa dihindari lebih awal ya

Menjalin hubungan dengan lawan jenis memang bukan perkara yang mudah. Banyak sekali hal yang mesti dikenali lebih awal, agar tidak terjebak dalam hubungan yang tidak sehat dan cenderung menyiksa diri. Hubungan yang sehat akan membawamu untuk bergerak maju pada kehidupan yang lebih baik, sedangkan hubungan yang toxic justru hanya akan membuat terjerumus dan jauh dari kata bahagia. Kenali lebih awal 5 sifat pasangan yang toxic berikut, agar tidak terjebak lebih jauh. Apa saja? simak terus, ya!

1. Pasangan yang suka mengatur

5 Sifat Pasangan Toxic yang Harus Kamu Tahu Agar Tak TerjebakPexels.com/JackSparrow

Jika pasanganmu saat ini sering mengatur dirimu, dari cara berpakaian, makanan, make up, pekerjaan, maupun hal privasi lainnya seperti hubunganmu dengan keluarga. Maka bersiaplah untuk mencari pengganti. Pasangan yang selalu mengatur apa yang harus dilakukan, nantinya hanya akan menjadi seseorang yang cenderung suka memerintah dan tidak menghargai pendapat. Tentunya, sesuka apa pun kamu pada seseorang, kalau hidupmu selalu dikekang, tentu tidak nyaman kan?

2. Pasangan yang sangat membatasi pergaulan

5 Sifat Pasangan Toxic yang Harus Kamu Tahu Agar Tak TerjebakPexels.com/KetutSubiyanto

Pergaulan adalah salah satu cara agar bisa bergerak maju dan memperbaiki hidup. Kalau pasanganmu sekarang cenderung mengawasimu, bahkan sampai melarang kamu bergaul dengan teman lama, hanya karena dia tak suka dan takut kamu selingkuh. Jauh-jauh deh, biasanya orang yang seperti ini, justru malah dia yang selingkuh, lho. Cukup saling percaya dan berkomunikasi akan menjaga hubungan, kok. Tidak perlu sampai membatasi secara berlebihan.

3. Pasangan yang selalu overprotective

5 Sifat Pasangan Toxic yang Harus Kamu Tahu Agar Tak TerjebakPexels.com/AndreaPiacquadio

Kalau pasanganmu sampai harus selalu tahu kamu sedang dimana, bersama siapa, berapa lama pergi, tadi mengobrol dengan siapa, hingga selalu mengecek riwayat pesan maupun panggilan dalam ponselmu, apalagi sampai menghubungi dan melarangmu berkomunikasi dengan orang yang sebenarnya hanya sekadar ramah dan ingin berteman. Siapkan hati untuk berpisah, ya.

Orang yang seperti ini hanya membatasi pergerakanmu, demi memenuhi egonya. Dia harus tahu apa yang kamu lakukan sedangkan jika kamu bertanya balik dia akan marah dan berasumsi yang tidak-tidak tentangmu. Sebelum terjebak lebih jauh dalam hubungan yang toxic, lebih baik cepat keluar dari hubungan tersebut demi menyelamatkan dirimu, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Sering Dikira Cinta Padahal Awal Mula Toxic Relationship!

4. Pasangan yang sering cemburu secara berlebihan

5 Sifat Pasangan Toxic yang Harus Kamu Tahu Agar Tak TerjebakPexels.com/cottonbro

Marah saat kamu mengobrol dengan lawan jenis, curiga saat kamu bersama dengan teman sekantor, tidak pernah mempercayai penjelasanmu adalah beberapa contoh pasangan yang cemburu secara berlebihan. Rasa percaya adalah kunci dalam suatu hubungan. Kalau sejak awal dia tidak mempercayaimu, bisa dipastikan hubungan kalian tidak akan bertahan lama, tuh.

5. Pasangan yang menghalangi untuk maju

5 Sifat Pasangan Toxic yang Harus Kamu Tahu Agar Tak TerjebakPexels.com/PolinaZimmerman

Pasangan seperti ini akan menjadikan beribu alasan untuk menahanmu pergi darinya. Katakanlah kamu diterima kerja di luar kota, atau mungkin kamu menerima beasiswa kuliah di luar negeri.

Jika hubungan kalian sehat, pasangan akan memberikan dukungan penuh terhadap apa yang kamu pilih, entah itu karier, pendidikan, atau apa pun itu. Sebaliknya, jika hubungan kalian toxic dia akan beralasan tidak ingin jauh lah, takut kamu selingkuh lah, dan jutaan alasan lainnya. Punya pasangan bukan berarti mimpimu berhenti, dan tidak ada peluang lagi demi bisa bertahan dengannya. Kejar mimpimu, dan cukup percaya kalau jodoh tidak akan kemana, kok.

Nah, itulah 5 jenis sifat pasangan toxic yang harus dikenali agar bisa dihindari lebih awal. Kira-kira pasanganmu termasuk dalam 5 sifat tersebut gak? kalau iya, segera ambil tindakan ya, agar tidak terjebak lebih jauh, karena hubungan yang sehat adalah salah satu kunci dalam kebahagiaan.

Baca Juga: 5 Cara Terbebas dari Trauma Toxic Relationship, Dijamin Jitu!

Alia Azhara Photo Verified Writer Alia Azhara

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya