Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Sulit Dapat Pasangan yang Tepat, Gagal Melulu

Yuk, sama-sama perbaiki diri

Menjalin hubungan tidak cukup hanya mengandalkan perasaan sepihak. Harus sama-sama ada usaha supaya bisa bertahan. Namun, bagaimana kalau hubungan yang kamu jalani gagal melulu karena sering merasa tidak puas? Nah, biar hubunganmu tidak gagal melulu, berikut ini lima alasan mengapa kamu sulit dapat pasangan yang tepat. Baca dengan baik supaya bisa memperbaiki diri, ya!

1. Kamu takut merasa kesepian

5 Alasan Kamu Sulit Dapat Pasangan yang Tepat, Gagal Meluluilustrasi pria merenung (pexels.com/Uriel Mont)

Perasaan tidak puas, terutama dengan diri sendiri akan membuatmu terus mencari sosok ideal demi kepuasan pribadi. Kalau terus begitu, kamu tidak akan pernah bisa bahagia dan selalu merasa kurang saat menjalin hubungan dengan siapa pun itu.

Coba ingat kembali alasan menjalin hubungan di masa lalu. Apakah murni karena ketulusan atau karena tidak mau sendirian? Kalau berkomitmen karena alasan yang kedua, dengan menganggap dia bisa mengurangi rasa kesepian, hubunganmu sulit untuk berhasil.

Saat melihat dia sebagai sosok ideal untuk memperbaiki masalah, harapanmu akan semakin tinggi. Kalau dia gagal memenuhi ekspektasi, kamu akan terluka. Kalaupun berhasil, hubunganmu tidak sehat dan hanya akan muncul sifat ketergantungan.

Jadi, sebaiknya jangan menggunakan hubungan sebagai pelarian. Hadapi rasa takut pada kesepian dengan menikmati waktu sendiri untuk melakukan hal yang disukai supaya kamu bisa belajar menghargai diri sambil bersiap sebelum bertemu orang yang tepat.

2. Kamu tidak belajar dari masa lalu

5 Alasan Kamu Sulit Dapat Pasangan yang Tepat, Gagal Meluluilustrasi wanita kecewa dengan pria (pexels.com/RODNAE Productions)

Saat hubungan gagal, berikan jeda waktu bagi diri sendiri. Jangan terburu-buru menjalin hubungan lagi kalau belum bisa memperbaiki kesalahan lama. Layaknya bayangan di cermin, pasangan adalah versi lain diri dan keadaan pikiranmu.

Saat merasa rendah diri, kamu juga akan dipertemukan dengan orang yang setipe denganmu. Lihat kembali secara perlahan hubungan di masa lalu dengan pikiran terbuka, tanpa menyalahkan dan membenci siapa pun.

Maka kamu dapat melihat dengan jelas di mana letak kesalahan berawal dan bagaimana cara berubah menjadi lebih baik lagi di masa depan. Selagi belum terlambat, masih ada kesempatan untuk memperbaiki kesalahan supaya tidak terulang kembali.

Baca Juga: 5 Negative Self Talk yang Bikin Kamu Sulit Dapat Pasangan

3. Kamu belum fokus memperbaiki diri

5 Alasan Kamu Sulit Dapat Pasangan yang Tepat, Gagal Meluluilustrasi pria merasa frustrasi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ingat kembali hubunganmu sebelumnya, apakah kamu selalu jatuh cinta pada tipe orang yang sama? Kalo jawabannya iya, berarti kamu masih belum bisa menentukan orang seperti apa yang kamu inginkan sebagai pasangan.

Selama kamu hanya asal memilih dengan alasan yang penting punya pasangan, kamu berisiko untuk berakhir dengan orang yang salah. Sebelum bisa menentukan kriteria, tentu saja kamu harus fokus dulu memperbaiki diri sendiri.

Luangkan waktu setiap hari untuk membuat kemajuan. Cobalah untuk menjadi tipe orang yang ingin kamu temui. Tentukan pilihan hidup yang akan dijalani sambil menggunakan waktu sebaik mungkin dengan melakukan hal yang berharga.

4. Kamu belum menemukan tujuan hidup

5 Alasan Kamu Sulit Dapat Pasangan yang Tepat, Gagal Meluluilustrasi wanita merenung (pexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas)

Siapa sih yang ingin punya pasangan yang tidak punya tujuan? Tentunya tidak ada. Maka dari itu, sebelum mengharapkan pasangan, jalani dulu hidup kamu dengan mandiri. Cari tahu hal yang disukai, yang membuatmu merasa bersemangat, lalu kejar semuanya.

Dengan menemukan hal berharga untuk dijalani, kamu bisa mencapai kebahagiaan yang sebenarnya. Selain membuat diri menjadi lebih menarik, kamu juga akan berada di tempat yang benar dan bisa melakukan apa yang seharusnya dilakukan.

Kamu akan dikelilingi orang-orang dengan minat yang sama, yang lebih menghargai bakat, motivasi, dan ambisi. Saat berada di tempat seperti itu dan kamu merasa cukup dengan diri sendiri, maka peluang untuk bertemu orang yang selama ini kamu cari akan lebih besar.

5. Kamu membebankan kebahagiaan pada orang lain

5 Alasan Kamu Sulit Dapat Pasangan yang Tepat, Gagal Meluluilustrasi pria dan wanita berdebat (pexels.com/Timur Werber)

Kebahagiaan adalah tanggung jawab setiap individu. Tidak ada yang tahu hal yang kamu perlukan melebihi diri sendiri. Jangan pernah berharap dan menuntut pasangan untuk membuatmu bahagia karena kamu hanya akan membuatnya merasa terbebani.

Daripada menunggu dibahagiakan, lebih baik mulailah membahagiakan diri sendiri dengan melakukan aktivitas sederhana yang membuatmu lebih tenang, seperti meditasi, berlibur, hingga mengurangi aktivitas yang berhubungan dengan alat elektronik.

Alasan di atas yang membuat hubungan gagal melulu dan sulit mendapat pasangan yang tepat. Ternyata semuanya dimulai oleh diri sendiri. Saat diri bahagia, baru kamu dapat berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Jadi, sebelum memiliki hubungan dengan orang lain, miliki dulu hubungan yang sehat dengan diri sendiri, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Sulit Dapat Pasangan Meski Banyak yang Coba PDKT

Alia Azhara Photo Verified Writer Alia Azhara

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya