Comscore Tracker

Pahami 5 Hal Ini Saat Kamu Menjadi Tempat Curhat Orang Lain

Bersikap bijak itu penting banget!

Curhat kepada orang lain memang dapat memberikan kelegaaan dari beban emosi yang sudah menumpuk. Namun, tak selamanya kita berada di posisi sebagai orang yang curhat pada orang lain.

Adakalanya, kita juga menjadi tempat curhat orang lain. Lalu, apakah kamu sering menjadi tempat curhat orang lain? Kalau ya, maka sebaiknya pahami 5 hal penting ini dulu ya. Yuk kita simak!

1. Ingatlah untuk menjaga privasi dan kepercayaan orang lain padamu

Pahami 5 Hal Ini Saat Kamu Menjadi Tempat Curhat Orang Lainunsplash.com/Ben White

Kamu tentu tahu kalau orang lain curhat padamu, didasari atas rasa percaya dan kenyamanan. Pastinya, tak ada orang yang mau curhat padamu kalau mereka tidak percaya dan nyaman denganmu. Nah, dalam curhatan tersebut tak jarang mereka menceritakan hal-hal yang dianggap penting dan rahasia. 

Oleh karena itu, kamu seharusnya bisa menjaga kepercayaan dan privasi orang lain dengan baik ya. Jangan sampai hari ini kamu malah menyebarkan semua curhatannya kepada orang lain, yang bisa saja orang tak bertanggung jawab.

2. Jadilah pendengar yang baik

Pahami 5 Hal Ini Saat Kamu Menjadi Tempat Curhat Orang Lainpexels.com/Helena Lopes

Pada dasarnya, menjadi tempat curhat berarti harus siap menjadi pendengar yang baik. Mereka yang punya beban emosional, seringkali mencurahkan perasaannya agar bisa didengar oleh orang yang dipercayainya. Dengan begitu, mereka bisa merasa lebih lega dan tenang setelah curhat padamu.

3. Memberi saran dan nasihat boleh-boleh saja, yang penting jangan sampai berdebat dengannya

Pahami 5 Hal Ini Saat Kamu Menjadi Tempat Curhat Orang Lainunsplash.com/Anna Vander Stel

Tak jarang juga, kamu yang mendengar cerita dan curhatan kemudian menjadi tergerak untuk memberikan respon yang sesuai, seperti memberikan saran dan nasihat yang sekiranya dapat membantu orang tersebut.

Tapi, hindari perdebatan dengannya ya, jangan sampai kamu malah memaksakan pendapatmu dan mengkritiknya habis-habisan. Ingat, ia butuh didengar butuh didengar dan bukannya dikritik. Jangan malah suasana hati orang tersebut menjadi tambah buruk, akibat sikap tidak bijak tersebut.

Baca Juga: Ini Lho 5 Tanda Kamu Belum Jadi Teman Curhat yang Baik

4. Lebih teliti soal pemilihan dan penggunaan kata

Pahami 5 Hal Ini Saat Kamu Menjadi Tempat Curhat Orang Lainpexels.com/Elle Hughes

Kelihatannya sih sepele, tapi kamu gak boleh meremehkan masalah penggunaan dan pemilihan kata ini ya. Kalau kamu memilih kata-kata yang mungkin bermakna negatif dan menyudutkan dirinya, maka bukannya merasa lega tapi ia malah bisa merasa semakin buruk.

Misalnya, kamu mengatakan "kamu itu memang bodoh banget",menurutmu gimana perasaan orang yang mendengarnya? Walau kamu mungkin bermaksud baik untuk menyadarkan kesalahannya, tapi pasti ada penggunaan kata yang lebih baik, 'kan?

5. Berempati itu memang baik, namun jangan sampai terlarut dengan curhatan orang lain

Pahami 5 Hal Ini Saat Kamu Menjadi Tempat Curhat Orang Lainpexels.com/Victoria Borodinova

Memang, mendengar masalah dan perasaan orang lain juga bisa membuat kita merasakan empati terhadap apa yang ia alami. Tapi, jangan sampai kamu terlarut dengan curhatan tersebut.

Maksudnya, setelah mendengar curhat dari orang lain, kamu malah merasa tidak nyaman seharian dan terus kepikiran. Tentunya hal ini malah jadi gak baik untukmu. Jadi, kamu harus bersikap bijak ya terhadap curhatan orang lain.

Jadi, itulah 5 hal yang harus kamu pahami saat menjadi tempat curhat orang lain. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 8 Tanda Kamu Mulai Selingkuh Hati dengan Teman Curhatmu

Frederick Photo Community Writer Frederick

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You