Comscore Tracker

Segera Sadari, 5 Tipe Teman Ini Hanya Membawa Penderitaan Bagimu

Jangan sampai kamu jadi korban selanjutnya

Dalam lingkungan pertemanan, tidak semua orang selalu bersifat baik ataupun positif. Dari sekian banyaknya orang, ada saja dari mereka yang bersifat toxic atau 'beracun'. 

Dengan kata lain, mereka memiliki sifat negatif yang dapat membawa kerugian dan penderitaan bagimu. Oleh karena itu, segera sadari kalau 5 tipe teman berikut harus sangat kamu waspadai.

1. Tipe teman penjilat atau cari muka

Segera Sadari, 5 Tipe Teman Ini Hanya Membawa Penderitaan Bagimupexels.com/Moose Photos

Pernahkah kamu berjumpa dengan tipe teman penjilat atau suka cari muka? Kalau ya, kamu harus ekstra hati-hati lho. Karena, mereka yang suka cari muka dapat kamu temukan dalam berbagai lingkungan pergaulan, entah di sekolah, kantor, dan lain sebagainya.

Biasanya, teman yang penjilat ini gak segan-segan untuk melakukan apapun, termasuk hal yang merugikan orang lain sekalipun, demi menarik perhatian orang yang menjadi targetnya atau untuk keuntungannya pribadi.

2. Tipe teman bermuka dua

Segera Sadari, 5 Tipe Teman Ini Hanya Membawa Penderitaan Bagimupexels.com/Craig Adderley

Nah, tipe teman yang bermuka dua ini memang suka menampilkan kesan yang baik dan bahkan sesekali ia akan menjilat atau cari muka. Celakanya lagi, di belakang kamu ia akan berubah menjadi sosok yang punya niat yang tidak baik padamu.

Yang jadi masalah, tipe teman yang satu ini tak akan terlihat secara langsung, kamu juga harus ekstra hati-hati dan jeli untuk melihat sikap muka dua dari orang tersebut. Sehingga, kamu bisa terhindar dari perangkapnya yang bisa membawa penderitaan bagimu.

3. Tipe teman yang suka gosip

Segera Sadari, 5 Tipe Teman Ini Hanya Membawa Penderitaan Bagimupexels.com/PhamKhoai

Gosip, merupakan hal yang sudah dianggap biasa dan sering kali disepelekan. Padahal gosip miring yang melenceng dari fakta sebenarnya hanya akan membawa kerugian dan penderitaan bagi orang yang menjadi korban gosip. 

Jadi, kalau kamu punya teman yang suka gosip sebaiknya kamu berhati-hati sebelum mengucapkan sesuatu pada mereka ya, agar tidak menjadi bahan gosip yang berpotensi merugikan kamu sendiri ataupun orang lain.

Baca Juga: Tak Ada Pacar yang Direbut Teman, Inilah 5 Alasan yang Harus Kamu Tahu

4. Tipe teman parasit

Segera Sadari, 5 Tipe Teman Ini Hanya Membawa Penderitaan Bagimuunsplash.com/Mikail Duran

Sesuai namanya, tipe teman yang satu ini memang suka menjadi 'parasit' yang hanya mengambil keuntungan darimu, dan kemudian memberikan penderitaan yang tak seharusnya kamu tanggung. 

Sering kali, teman parasit ini berlindung di balik kata 'teman' dan empati darimu yang bisa bikin hati luluh dan tak tega. Tapi, kamu seharusnya bersikap tegas ya kalau kamu tidak mau terus dirugikan oleh tindakan 'parasit' tersebut.

5. Tipe teman yang suka drama

Segera Sadari, 5 Tipe Teman Ini Hanya Membawa Penderitaan Bagimuwww.pexels.com/VictorFreitas

Terakhir, tipe teman yang suka drama ini juga sebenarnya tidak layak untuk kamu jadikan sebagai teman baik. Kenapa? Mereka pada dasarnya senang bersikap berlebihan atau lebay, mendramatisir keadaan dan tak jarang mereka juga manipulatif. Akibatnya, kamu akan sering dibuat jengkel dan sukses bikin kamu lelah secara emosional.

Jadi, itulah kelima tipe teman yang hanya membawa penderitaan bagimu. Berhati-hatilah pada kelima tipe teman di atas, ya!

Baca Juga: 5 Tanda Jika Kamu Hanya Dijadikan Sebagai Teman, Jangan Pede Dulu!

Frederick Photo Community Writer Frederick

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You