5 Hal Ini Bikin Kamu Dikelilingi Teman Bermuka Dua, Segera Sadari!

#ANGPOIN Salah satunya karena kesamaan sifat

Lingkungan pertemanan memang tak terhindarkan dalam kehidupan sosial. Dalam pergaulan tersebut, kamu pastinya dikelilingi oleh beragam orang dengan berbagai sifat dan perilaku, 'kan?

Nah, salah satu sifat teman yang wajib kamu jauhi adalah teman yang bermuka dua. Artinya, teman tersebut bukanlah teman yang tulus. Ia terlihat baik di depan, tetapi akan mengkhianatimu saat di belakang. Lalu, apakah kamu punya banyak teman yang seperti itu? Kalau ya, jangan-jangan penyebabnya karena lima hal berikut ini.

1. Kamu tidak pernah bisa menolak

5 Hal Ini Bikin Kamu Dikelilingi Teman Bermuka Dua, Segera Sadari!unsplash.com/Anna Vander Stel

Guys, apakah kamu tipe orang yang tidak bisa mengatakan tidak pada orang lain? Dengan kata lain, kamu selalu menjawab ya pada setiap keinginan maupun pendapat orang lain.

Jangan diteruskan lagi, ya, karena kamu akan dinilai lemah dan mudah dimanfaatkan, lo. Walaupun kamu bermaksud baik dan tak ingin menyakiti perasaan orang lain, kamu juga harus berpegang teguh pada prinsip hidupmu, ya.

2. Kamu terlalu percaya pada teman yang belum kamu kenal dengan baik

5 Hal Ini Bikin Kamu Dikelilingi Teman Bermuka Dua, Segera Sadari!unsplash.com/Morris Fayman

Kepercayaan adalah hal yang sangat berharga, betul? Oleh karena itu, untuk mempercayai seseorang, bukanlah perkara yang gampang, apalagi kalau orang tersebut belum kamu kenal dengan baik. Sering kali mereka menyebut diri mereka sebagai teman yang bisa dipercaya, namun nyatanya mereka adalah teman yang bermuka dua.

Jadi, jangan terlalu mudah percaya pada teman yang belum kamu kenal dengan baik, ya. Dengan begitu, mudah-mudahan kamu akan terhindar dari mereka yang bermuka dua.

Baca Juga: Waspada, Ini 5 Ciri Teman yang Akan Meninggalkanmu Saat Kesulitan

3. Tanpa disadari, kamu juga sering bersikap pamer pada temanmu

5 Hal Ini Bikin Kamu Dikelilingi Teman Bermuka Dua, Segera Sadari!pexels.com/bruce mars

Jangan salah, sikapmu sendiri bisa jadi penyebab kamu dikelilingi oleh teman yang bermuka dua, lo, salah satunya adalah sikap pamer. Mungkin kamu tidak bermaksud melakukannya, tapi hal ini gak bisa kamu anggap remeh, ya.

Mereka yang bermuka dua sangat berpotensi merasa iri dan kesal dengan sikap pamermu. Akibatnya, mereka akan berusaha untuk bersikap baik di depanmu dengan tujuan untuk mengkhianatimu. Jadi, mulai sekarang, hentikan sikap pamer tersebut, ya.

4. Kamu memaafkan kesalahan orang lain dengan cara yang kurang tepat

5 Hal Ini Bikin Kamu Dikelilingi Teman Bermuka Dua, Segera Sadari!pexels.com/Griffin Wooldridge

Kamu memiliki daya tarik tersendiri bagi mereka yang bermuka dua, jika kamu mudah memaafkan orang lain dengan cara yang kurang tepat. Maksudnya? Kamu mungkin memaafkan orang lain karena merasa tidak enak hati padanya, tanpa pikir panjang kalau ia belum tentu menyadari kesalahannya atau hanya berpura-pura.

Hal ini bisa berakibat fatal, lo. Sebab, mereka yang bermuka dua akan menganggapmu sebagai orang yang mudah dimanfaatkan atau diperdaya, sehingga mereka bisa mengulangi kesalahannya berulang kali.

5. Kamu sendiri mungkin suka bersikap tidak tulus atau bermuka dua

5 Hal Ini Bikin Kamu Dikelilingi Teman Bermuka Dua, Segera Sadari!unsplash.com/Ben White

Biasanya, nih, dalam memilih teman, kesamaan dan kecocokan sifat adalah hal yang utama. Ya, kalau kamu banyak dikelilingi teman yang bermuka dua, coba sadari apa jangan-jangan kamu juga seperti mereka? 

Dengan kata lain, selama ini kamu juga orang yang bermuka dua dan tidak pernah bersikap tulus. Duh, semoga saja kamu gak termasuk ya.

Jadi, itulah lima hal yang bikin kamu dikelilingi oleh teman yang bermuka dua. Semoga kamu bisa menemukan teman-teman yang punya sifat positif, ya!

Baca Juga: Pacar Teman Menggodamu? 6 Tindakan Ini yang Harus Kamu Lakukan

Frederick Photo Community Writer Frederick

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You